• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Penularan Adenovirus yang Perlu Diwaspadai

Begini Cara Penularan Adenovirus yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Cara Penularan Adenovirus yang Perlu Diwaspadai

“Adenovirus bisa menular dengan mudah dari satu orang ke orang lainnya. Setelah menginfeksi, virus ini bisa meningkatkan risiko penyakit, seperti infeksi mata, infeksi saluran kencing, serta ISPA.

Halodoc, Jakarta – Adenovirus adalah kelompok virus penyebab infeksi mata, paru, usus, dan saluran napas. Kabar buruknya, virus penyebab penyakit ini ternyata lebih sering menyerang anak-anak. Cara penularan adenovirus juga dikenal sangat cepat dan mudah. Setidaknya, ada sekitar 40 jenis adenovirus yang bisa menginfeksi dan memicu gejala penyakit. 

Infeksi virus ini tidak boleh disepelekan begitu saja, sebab bisa berkembang menjadi penyakit yang berbahaya. Saat tertular salah satu dari jenis virus ini, anak-anak cenderung memiliki risiko tinggi mengalami infeksi pada saluran pernapasan, infeksi mata, hingga infeksi pada saluran kencing. Lantas, bagaimana sebenarnya cara virus ini menular? 

Beragam Cara Penularan Adenovirus 

Infeksi jenis virus ini umumnya hanya menimbulkan gejala penyakit yang ringan dan tidak berbahaya. Pada beberapa kasus, kondisi yang muncul karena infeksi adenovirus akan sembuh dengan sendirinya. Namun, waspadai jika gejala penyakit yang muncul semakin memburuk, terutama pada anak-anak dengan kondisi tertentu. Infeksi virus pada anak memiliki sistem imun lemah atau mengidap penyakit tertentu harus diwaspadai karena berisiko menimbulkan infeksi berbahaya. 

Virus ini bisa menular dengan mudah dari satu orang ke orang lainnya. Penularan virus biasanya terjadi melalui batuk, bersin, atau kontaminasi tinja. Dengan kata lain, virus bisa menular saat orang yang sebelumnya sudah terinfeksi, batuk, atau bersin. Oleh karena penularan virus bisa terjadi dengan sangat mudah, penting untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat sebagai upaya pencegahan. 

Untuk menghindari risiko tertular virus ini, biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum makan, setelah membuang air besar maupun kecil, sebelum memasak, atau setelah memegang benda-benda yang kotor, seperti handphone, gagang pintu, atau pegangan tangga. Selalu mengenakan masker saat bepergian juga bisa menjadi cara pencegahan. 

Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Infeksi Virus

Infeksi adenovirus bisa memicu terjadinya beragam penyakit, di antaranya: 

  1. ISPA 

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada anak paling sering disebabkan oleh jenis adenovirus. Kondisi ini memicu beragam gejala, seperti batuk, pilek, hidung tersumbat, demam, hingga nyeri tenggorokan.

  1. Gangguan Saluran Pernapasan 

Selain infeksi, virus ini juga bisa menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan bawah, seperti pneumonia atau bronkitis. Risiko penyakit ini menjadi lebih tinggi pada bayi atau anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh lemah. 

  1. Infeksi Mata 

Virus ini bisa masuk ke dalam mata dan menimbulkan iritasi serta peradangan pada konjungtiva yang disebut dengan istilah konjungtivitis. Konjungtiva adalah lapisan dalam kelopak mata dan selaput yang berfungsi untuk melindungi bola mata. Kondisi ini ditandai dengan gejala mata merah, berair, dan bengkak. 

  1. Infeksi Saluran Kencing 

Infeksi saluran kencing (ISK) bisa disebabkan oleh infeksi virus, termasuk adenovirus. Gejala khas dari penyakit ini adalah sering buang air kecil, nyeri saat buang air kecil, hingga kencing disertai darah. 

  1. Gastroenteritis

Gastroenteritis pada anak bisa disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini menyebabkan Si Kecil mengalami diare, mual dan muntah, demam, sakit kepala, hingga kram perut. Pada kondisi yang parah, penyakit ini bisa menyebabkan dehidrasi karena diare. 

Jika muncul gejala dehidrasi, sebaiknya segera bawa anak ke rumah sakit terdekat. Penanganan medis mungkin dibutuhkan untuk menghindari risiko berbahaya. Gunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit yang bisa dikunjungi. Atur lokasi dan temukan rekomendasi rumah sakit yang sesuai kebutuhan. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Boston Children’s Hospital. Diakses pada 2021. Adenovirus Infections | Symptoms & Causes.
Healthline. Diakses pada 2021. Deadly Adenovirus Explained: Why the Common Cold Can Be Deadly.
WebMD. Diakses pada 2021. What Are Adenovirus Infections?