Begini Cara Perawatan Mandiri Penyakit Orchitis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begini Cara Perawatan Mandiri Penyakit Orchitis

Halodoc, Jakarta - Saat salah satu atau kedua testis dalam skrotum seorang pria mengalami peradangan yang menyebabkan pembengkakan akibat infeksi virus, maka kondisi ini disebut sebagai orchitis.  Bakteri penyebab infeksi tersebut nyatanya bisa menular melalui hubungan intim (PMS), terutama gonore atau klamidia. Bakteri penyebab orchitis ini kerap menyebabkan epididimitis, yakni peradangan pada struktur kantung pembuahan (epididymis) pada bagian belakang testis.

Penyakit yang hanya menyerang pria ini dapat menimbulkan rasa sakit dan sudah pasti bisa memengaruhi kesuburan. Namun, pengobatan yang dilakukan sejak gejala awal muncul akan sangat menolong dan membuat pengidapnya sembuh total tanpa menimbulkan komplikasi.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan antara Orchitis Virus dan Orchitis Bakteri

Apa Gejala yang Akan Dirasakan Pengidap Orchitis?

Salah satu gejala yang sangat umum dari penyakit orchitis adalah nyeri pada buah zakar dan area selangkangan. Sementara itu, gejala lainnya meliputi:

  • Area skrotum menjadi sensitif (mudah nyeri jika disentuh).

  • Skrotum membengkak.

  • Kelenjar getah bening di area selangkangan membengkak.

  • Demam.

  • Sakit saat buang air kecil dan ejakulasi.

  • Terdapat darah dalam air mani.

  • Prostat membesar.

  • Mual dan muntah.

Apabila kamu merasakan sakit atau pembengkakan di skrotum, terutama terjadi tiba-tiba, maka harus segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Seseorang Terkena Orchitis

Tindakan Perawatan Mandiri untuk Atasi Orchitis

Setelah mendapat tindakan dari dokter, perawatan di rumah bisa diterapkan bersamaan dengan perawatan medis. Beberapa langkah perawatan mandiri penyakit orchitis antara lain:

  • Minum obat sesuai dosis yang dianjurkan. Beberapa obat yang mungkin akan diresepkan dokter antara lain obat anti-inflamasi seperti ibuprofen (Advil atau Motrin, misalnya) atau naproxen (Aleve) dan parasetamol guna mengatasi rasa sakit.
  • Hindari penggunaan celana yang kendur. Kenakan celana yang pas atau celana atletik guna mengangkat skrotum dan meningkatkan kenyamanan.
  • Kompres es ke daerah skrotum. Namun, hindari mengaplikasikan es langsung ke kulit karena dapat menyebabkan luka karena pembekuan. Sebaliknya, es harus dibungkus dengan kain dan lalu tempelkan pada skrotum. Tempelkan kompres es ini selama 10 hingga 15 menit pada suatu waktu, beberapa kali sehari selama 1-2 hari pertama. Cara ini diyakini ampuh membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Sementara itu, langkah pengobatan yang dilakukan antara lain:

  • Perawatan medis orchitis tergantung pada penyebab yang mendasari infeksi, khususnya apakah hal itu disebabkan oleh organisme bakteri atau virus. Jika orchitis disebabkan oleh bakteri, maka diperlukan terapi antibiotik. Kebanyakan pria dapat diobati dengan antibiotik di rumah selama 10-14 hari. Antibiotik yang diresepkan lebih lama mungkin diperlukan jika kelenjar prostat juga terlibat. Jika penyebab orchitis adalah virus, antibiotik tidak akan diresepkan. Orchitis mumps umumnya akan meningkat selama periode 1-2 minggu. Pasien harus mengobati gejala dengan pengobatan perawatan rumah yang disebutkan sebelumnya. Sementara jika pasien mengalami demam tinggi, muntah, sangat kesakitan, atau jika menampakkan kondisi komplikasi yang serius, pasien membutuhkan perawatan rumah sakit untuk mendapatkan infus antibiotik.
  • Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit ini bisa muncul karena penyakit menular seksual. Oleh karena itu, laki-laki muda yang aktif secara seksual harus memastikan bahwa pasangan seksual mereka diperiksa dan melakukan pengobatan jika terbukti mengidap penyakit menular seksual. Penting juga untuk menggunakan kondom saat berhubungan intim. Atau lebih baik lagi adalah dengan tidak melakukan hubungan intim selama menjalani proses pengobatan dan kamu dinyatakan sembuh total.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Seseorang Terkena Orchitis

Itu perawatan mandiri penyakit orchitis yang bisa dilakukan. Mulai sekarang, jangan pernah abaikan nyeri pada testis, bisa jadi organ reproduksi kamu tersebut mengalami peradangan dan membutuhkan perhatian. Jangan menunda untuk bertanya pada dokter, karena melalui aplikasi Halodoc, bertanya apa saja tentang kesehatan tubuh pada dokter menjadi semakin mudah. Download saja aplikasi Halodoc di ponsel kamu dan buktikan sendiri, ya!