• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Saling Mengenalkan Anjing Agar tak Agresif

Begini Cara Saling Mengenalkan Anjing Agar tak Agresif

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Tidak semua anjing menginginkan hewan lainnya dan bahkan satu spesies untuk berada di teritorinya. Jika kamu ingin mencari teman untuk hewan kesayanganmu tetapi sikapnya masih seperti itu, berarti ada sesuatu yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan antara anjing satu dengan yang lainnya sehingga perasaan agresif dapat diredam. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan!

Trik Agar Anjing Tidak Agresif Terhadap Anjing Lainnya

Saat memperkenalkan anjing baru pada anjing yang sudah lama berada di keluarga, tentunya dapat menimbulkan perasaan gugup. Jika anjing yang dimiliki berukuran kecil, tentu hal ini mungkin akan mudah dicegah. Namun, jika ukuran anjing yang dimiliki terbilang besar, bukan hanya anjing baru tersebut yang terancam, tetapi juga seluruh anggota keluarga.

Baca juga: Apakah Aman Memberikan Makanan Manusia pada Anjing?

Untuk memperlancar transisi dari perkenalan tersebut, kamu sebagai pemilik harus merencanakan setiap langkah proses, dari pertemuan pertama hingga langkah-langkah ampuh agar tidak terjadi bentrokan di beberapa bulan awal. Hal ini juga dapat memastikan para doggy tersebut tetap berteman hingga seumur hidup, tentunya dengan rencana dan pendekatan yang sudah terencana.

Apa saja cara yang dapat dilakukan? Berikut ini caranya:

1. Temukan Tempat Netral untuk Perkenalan

Jika memungkinkan, cobalah cari tempat yang netral di luar ruangan dengan pembatas agar anjing tidak kabur. Pilih area yang tidak pernah "dimiliki" oleh anjing dengan lebih sering mengunjungi area yang sudah dipilih. Pastikan tempat yang dipilih tenang tanpa anjing atau orang lainnya, seperti halaman belakang rumah kenalan atau taman saat jam istirahat. Pilihan lainnya adalah ruangan terbuka yang cukup untuk hewan tersebut saling mengenal.

2. Perhatikan Bahasa Tubuh Anjing

Proses pengenalan anjing diawali dengan keduanya masih menggunakan tali pengikat. Selain itu, kamu juga memerlukan seseorang yang memahami bahasa tubuh anjing untuk membantu. Perhatikan bahasa tubuh dan minat anjing yang merasa gembira dan saling tertarik tanpa tatapan yang tajam, postur tubuh yang tegang, membeku di tempat, hingga ekor yang naik-turun. 

Jika anjing berlari menghampiri kamu, jangan langsung menyuruhnya untuk kembali melakukan interaksi. Mungkin saja ini indikasi jika anjing perlu istirahat dari interaksi dengan anjing lainnya. Apabila merasa tidak nyaman dengan cara anjing berinteraksi pada pertemuan pertama, cobalah meminta bantuan pelatih anjing selama proses perkenalan.

Baca juga: Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-jenisnya

3. Berjalan Bersama Kedua Anjing

Setelah berhasil memperkenalkan kedua anjing tersebut, langkah selanjutnya adalah berjalan-jalan dengan keduanya. Anjing-anjing tersebut harus berjauhan dengan jarak yang cukup, tetapi tidak terlalu dekat sehingga mencoba menjangkau satu sama lain. Bawalah berjalan dengan arah yang sama menggunakan penyangga yang nyaman. Lalu, cobalah saling tukar posisi agar dapat mengenal satu sama lain lebih dekat

4. Biarkan Anjing Berinteraksi Tanpa Tali

Jika dirasa interaksi antar-anjing tersebut sudah terasa nyaman, pindahlah ke area tertutup dan lepas tali pengikat dan biarkan mereka berinteraksi. Berikan waktu beberapa menit pada anjing tersebut untuk mengendus satu sama lain sambil memberikan pujian atas interaksi yang terjadi. Anjing mungkin terus mengendus untuk belajar lebih banyak satu sama lain, hingga bermain bersama.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan dua anjing agar tidak agresif. Perlunya ketekunan dan kesabaran dari pemilik jika ingin hewan-hewan tersebut akrab di rumah. Tentunya, kamu tidak ingin kan anjing saling berkelahi dan merusak seluruh isi rumah? Jika masih kesulitan, cobalah untuk meminta bantuan dari profesional.

Baca juga: Ini Fakta Anak Anjing yang Wajib Dipahami Pemula

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc terkait beberapa cara yang ampuh untuk membuat dua anjing tidak agresif saat berkenalan. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan cukup dengan penggunaan smartphone. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Pet MD. Diakses pada 2021. How to Introduce Dogs the Right Way.