• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Tepat Merawat Anjing Shih Tzu

Begini Cara Tepat Merawat Anjing Shih Tzu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begini Cara Tepat Merawat Anjing Shih Tzu

“Jika kamu suka anjing yang lucu dan berbulu panjang, anjing shih tzu dapat menjadi jawabannya. Meski begitu, perawatan anjing ini memang tidak sesulit yang banyak orang bayangkan. Perawatan tepat penting untuk menjaga kesehatan hewan ini.”

Halodoc, Jakarta – Anjing shih tzu termasuk salah satu hewan peliharaan yang dipilih karena bentuknya yang lucu dan penurut. Namun, karena hewan ini memiliki bulu yang tebal, banyak orang yang menganggap sulit untuk memeliharanya. Jika kamu ingin memelihara anjing jenis ini, ada beberapa cara tepat untuk merawatnya. Untuk mengetahui caranya, baca ulasan berikut ini!

Cara Merawat Anjing Shih Tzu yang Benar

Shih tzu adalah anjing kecil yang berasal dari Tibet dan ia memiliki bulu yang tebal panjang. Perawatan untuk anjing ini juga tidak bisa sembarangan, pemiliknya harus banyak memberikan cinta, kesabaran, perhatian, hingga kasih sayang. Selain itu, perawatan untuk fisiknya juga sangat perlu diperhatikan agar hewan ini tetap bersih dan sehat.

Baca juga: Jarang Diketahui, 6 Fakta Unik Mengenai Anjing Shih Tzu

Jika kamu ingin memelihara hewan berbulu ini, ada beberapa cara perawatan yang benar pada anjing shih tzu. Berikut beberapa caranya:

1. Berikan makanan alami

Makanan yang kamu berikan sangat mempengaruhi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang dari anjing shih tzu. Sayangnya, ada banyak makanan anjing yang mengandung bahan-bahan yang dapat merugikan kesehatan hewan peliharaanmu. Pastikan untuk menghindari pengawet sintetis yang sering dikaitkan dengan masalah perilaku, alergi, hingga asma. Coba untuk menjauhi produk sampingan, daging dan minyak generik, serta bahan tambahan.

2. Berikan air yang disaring

Pemberian minum pada anjing sering dianggap sesuatu yang sepele, tetapi tidak untuk anjing shih tzu. Jangan pernah memberikan air keran untuk minum hewan ini yang tidak disaring sebelumnya karena dapat mengganggu kesehatannya. Mungkin saja air keran yang diberikan sudah terkontaminasi logam berat, seperti arsenik dan fluoride.

Salah satu cara paling mudah untuk memberikan air bersih pada anjing shih tzu adalah melalui air minum kemasan. Selain itu, kamu juga dapat membeli alat filter yang dapat dipasang di keran guna menyaring segala kotoran yang merugikan. Anjing ini benar-benar perlu minum dengan air bersih.

Baca juga: Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-jenisnya

3. Perawatan yang tepat waktu

Cara untuk merawat anjing shih tzu tidak bisa dibilang mudah, tetapi juga tidak susah. Bulu tubuhnya dapat tumbuh dengan cepat dan kebanyakan pemiliknya memiliki perawat sendiri untuk mengurusnya. Jika kamu mengurus sendiri, bulu anjing harus disikat 1 hingga 3 kali seminggu dan harus semakin sering jika bulunya panjang.

Untuk kuku, pemotongan harus dilakukan kira-kira setiap 6 minggu sekali. Memandikannya juga harus dilakukan paling tidak setiap 3 minggu, kecuali ada kebutuhan untuk menggunakan sampo khusus yang disebabkan oleh sesuatu, seperti kutu, kulit gatal, dan lainnya. Pembersihan juga perlu dilakukan rutin pada hidung dan telinganya.

4. Pemilihan sampo berkualitas

Kamu juga perlu memperhatikan segala produk yang bersentuhan dengan bulu dan kulit anjing, termasuk sampo, kondisioner, dan beberapa semprotan. Cobalah untuk menghindari wewangian atau pewarna buatan, dan bahan sabun termasuk sulfat yang dapat merusak kulit hingga alergi. Hindari juga paraben dan ftalat yang terkait gangguan hormon dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga: Ras Anjing Apa yang Memiliki Umur Panjang?

Jika kamu ingin memelihara anjing shih tzu, ada baiknya untuk memperhatikan segala cara perawatan yang telah disebutkan. Dengan begitu, kamu bisa memberikan yang terbaik untuk kesehatan dan keberlangsungan hidup hewan peliharaanmu. Jangan menganggap remeh makanan dan minuman yang diberikan karena dapat menyebabkan penyakit jika dibiarkan.

Lalu, apabila kamu memiliki pertanyaan yang berhubungan dengan hewan peliharaan, dokter hewan dari Halodoc siap membantu. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi langsung dengan ahli medis tanpa perlu bertatap muka. Unduh aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
All Shih Tzu. Diakses pada 2021. Shih Tzu Care Tips.
Shih Tzu Dog Information. Diakses pada 2021. Caring For Shih Tzu Puppies The Right Way.