• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara yang Tepat Memilih Kandang Anjing

Begini Cara yang Tepat Memilih Kandang Anjing

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Cara yang Tepat Memilih Kandang Anjing

Halodoc, Jakarta - Saat kamu memelihara anjing, penting untuk mempertimbangkan kandang yang sesuai karena mungkin saja hewan ini tidak dapat dilepas dengan bebas setiap waktu. Selain itu, terkadang juga anjing kerap merusak segala benda yang ada di dalam rumah. Pertimbangan memilih kandang anjing penting dilakukan dengan memproyeksikan ukuran anjing ketika dewasa. Berikut beberapa pertimbangan untuk memilih kandang yang tepat!

Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Memilih Kandang Anjing

Kandang anjing harus menjadi salah satu peralatan yang dimiliki jika berencana ingin memelihara hewan rumahan ini. Setelah memiliki kandang, kamu dapat mengajarkannya untuk menggunakan pispot sebagai tempat buang air kecil atau besar. Selain itu, kandang juga dapat menjadi tempat aman untuk anjing saat sedang merasa cemas. Cara ini dipercaya dapat mencegah perilaku yang tidak dikehendaki.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Kandang Anjing?

Namun, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman pada hewan ini, kamu harus tahu cara memilih ukuran yang tepat buat kandangnya. Penyesuaian ukuran, perilaku, dan kebutuhan anjing sangat dibutuhkan untuk menentukan pemilihan kandang yang tepat. Kamu juga harus memikirkan penggunaan kandang dalam jangka panjang terutama jika anjing belum mencapai ukuran dewasa. Berikut ini beberapa poin untuk menentukan pemilihan kandang anjing yang tepat:

1. Sesuaikan dengan Ukuran dan Berat Anjing

Cara pertama untuk memilih kandang anjing yang harus dipertimbangkan adalah penyesuaian dengan ukuran dan berat badannya. Kandang yang terlalu kecil dapat membuat hewan peliharaan ini tidak nyaman. Namun, kandang yang terlalu besar juga dapat membuat anjing merasa tidak aman. Kamu juga perlu mempertimbangkan tujuan dari kandangnya, untuk dibawa-bawa, dilatih, dan lainnya.

Cobalah ukur anjing dari hidung hingga pangkal ekor untuk memastikan panjangnya. Setelah itu, ukur juga tingginya saat anjing berada dalam posisi duduk. Tambahkan 5–10 sentimeter untuk menyesuaikan ukuran kandang yang ideal. Jika kamu memeliharanya sejak kecil, kamu pasti tidak ingin terus-menerus membeli kandang karena ukurannya yang bertumbuh. Cobalah beli kandang yang cocok untuk anjing ukuran dewasa dari jenisnya lalu gunakan pembatas atau kotak guna mengurangi ukuran sementara.

Patokan ukuran dari kandang anjing sesuai dengan berat badannya adalah:

  • 16–18 kilogram: 60–75 sentimeter.
  • 18–32 kilogram: 90 sentimeter.
  • 32–40 kilogram: 106 sentimeter.
  • 40–50 kilogram: 122 sentimeter.
  • Lebih dari 50 kilogram: 138 sentimeter.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc terkait cara mendapatkan ukuran kandang anjing yang tepat. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan hanya dengan penggunaan gadget di tangan. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Cara Tepat Merawat Anjing yang Baru Dilahirkan

2. Gunakan Material Logam untuk Anjing Besar

Kamu dapat menggunakan kandang dengan bahan plastik untuk anjing dengan ukuran yang kecil. Pada anjing yang lebih besar atau kira-kira di atas 40 kilogram, pastikan untuk menggunakan material yang keras layaknya logam. Jika menggunakan bahan selain logam, kerusakan rentan terjadi karena anjing menjadi bersemangat untuk menguji kekuatannya. Jangan segan-segan menggunakan material yang terbaik agar benar-benar awet.

3. Gunakan Kandang Terbuka sebagai Tempat Bermain

Jika kamu ingin memiliki kandang untuk tempat bermain, ukuran yang dipilih dapat menyesuaikan ruangan yang ada. Kandang luar ruangan juga dapat menjadi pilihan yang menyenangkan untuk anjing apabila kamu memiliki halaman yang cukup luas, tetapi tidak ingin hewan tersebut kabur. Sementara itu, kandang di dalam ruangan bagus untuk membatasi anjing berlarian di area tertentu di rumah.

Baca juga: Apakah Aman Memberikan Makanan Manusia pada Anjing?

Itulah beberapa faktor yang dapat digunakan untuk memilih ukuran kandang anjing yang tepat. Dengan mengetahui semua poin yang telah disebutkan, semoga anjing peliharaan kamu dapat betah. Jangan sampai kamu membuat kesalahan terkait ukuran karena bisa membuat anjing menjadi lebih sulit untuk dilatih.

Referensi:
Rover. Diakses pada 2021. How to Choose the Right Dog Crate: Your Complete Guide.
Over Stock. Diakses pada 2021. How to Choose the Right Dog Kennel Size.