• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Karakter Anjing Bull Terrier yang Terkenal Setia

Begini Karakter Anjing Bull Terrier yang Terkenal Setia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begini Karakter Anjing Bull Terrier yang Terkenal Setia

“Apakah kamu sedang mencari anjing yang menyenangkan dan setia? Anjing Bull Terrier bisa menjadi salah satu ras yang cocok untuk diadopsi. Mereka cerdas dan aktif serta memiliki perawatan yang tidak terlalu sulit. Mereka juga perlu diajak berjalan-jalan dan dilatih supaya semakin jadi anjing yang patuh.”

Halodoc, Jakarta -Anjing Bull Terrier adalah anjing yang dikenal sangat setia dan berani. Bahkan karena keberaniannya ini, mereka kerap dijuluki sebagai gladiator di dunia anjing. Namun, Bull Terrier tidak mudah marah dan sangat patuh. Mereka sangat baik dengan orang-orang dan mampu menyesuaikan diri dengan peran pendamping keluarga.

Ras anjing yang berasal dari Inggris Raya ini memiliki rentang usia 11 hingga 14 tahun. Mereka juga memiliki tubuh yang kuat, seimbang, dan aktif. Bull Terrier juga memiliki ekspresi yang lincah, tekun, dan pintar. Saat bermain atau berlari mereka terlihat atletis, bergerak dengan bebas dan mudah dan  memiliki langkah yang teratur dengan kegesitan yang khas.

Baca juga: Mengapa Anjing Bisa Setia kepada Pemiliknya? 

Keistimewaan Anjing Bull Terrier

Di antara ras anjing lainnya, Bull Terrier adalah yang paling lucu dan nakal. Bull Terrier menyenangkan dan menawan, terkadang keras kepala, tetapi selalu setia. Anjing dengan bentuk kepala mirip telur ini adalah teman yang selalu bersemangat dan memiliki tubuh yang berotot berkat perawatan yang baik dan olahraga teratur.

Bull Terrier adalah terrier yang kuat dan bertulang besar yang bergerak dengan langkah riang yang menunjukkan kelincahan dan kekuatan. Ciri khas trah ini adalah kepala panjang berbentuk telur dengan telinga tegak dan runcing, dan mata segitiga kecil yang berkilau dengan humor yang bagus. Bulunya ada dua jenis: putih; dan warna lainnya (termasuk garis belang-belang yang menarik), baik padat maupun dengan tanda putih.

Untuk memelihara Bull Terrier, ada empat kunci kebahagiaan, yakni sosialisasi awal dengan anjing dan manusia yang baik; pelatihan yang tegas tetapi penuh kasih; banyak latihan; dan banyak waktu berkualitas dengan pemiliknya. Jika persyaratan ini terpenuhi, maka anjing ini akan menjadi pendamping yang setia, menyenangkan, dan menghibur. 

Baca juga: Cara Melatih Anjing Kampung Agar Patuh dan Setia 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merawatnya

Memiliki seekor anjing bukan hanya sebuah hak istimewa, tetapi juga penuh tanggung jawab. Mereka bergantung pada pemiliknya makanan dan tempat tinggal, dan layak mendapatkan lebih banyak hal lagi. Ada beberapa yang perlu kamu perhatikan saat memelihara anjing jenis ini: 

  1. Kesehatan

Biasanya sebelum diadopsi, anjing akan dibuktikan terbebas dari masalah ginjal dan jantung, dan anak anjing harus diuji pendengarannya sebelum diadopsi. Jika dirawat dengan tepat, mereka bisa menjadi anggota keluarga yang sehat dan bahagia.

  1. Perawatan Tubuh

Bulu Bull Terrier yang pendek, rata, kasar, dan mengkilap membutuhkan perawatan minimal. Menyikat setiap minggu dengan sikat berbulu lembut atau sarung tangan anjing akan membantu menghilangkan kotoran dan bulu yang rontok dan membuat anjing tetap terlihat sehat.

Telinga mereka harus diperiksa dan dibersihkan secara teratur jika diperlukan. Kuku harus sering dipangkas, karena kuku yang terlalu panjang dapat menyebabkan anjing tidak nyaman dan kesulitan berjalan dan berlari.

Namun, kamu juga bisa buat janji dengan klinik hewan atau rumah sakit hewan untuk melakukan perawatan berkala pada anjing peliharaanmu. Kamu pun kini bisa buat janji tersebut melalui Halodoc supaya lebih praktis.

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Anjing Penjaga Rumah yang Terkenal Setia

  1. Olahraga 

Bull Terrier mendapat manfaat dari olahraga ringan setiap hari yang memberikan stimulasi mental dan fisik yang baik, seperti jalan-jalan yang menyenangkan bersama keluarga. Ras ini dikembangkan untuk olahraga serta menjadi pendamping pria dan memiliki kekuatan dan kelincahan yang luar biasa. Partisipasi dalam olahraga anjing, seperti kepatuhan, pelacakan, kelincahan, dan tes kemampuan berlari adalah cara yang menyenangkan untuk menyalurkan energinya.

  1. Makanan

Bull Terrier harus menerima makanan anjing berkualitas tinggi, baik yang diproduksi secara komersial maupun disiapkan di rumah dengan pengawasan dan persetujuan dokter hewan. Diet apapun harus sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Bull Terrier membutuhkan diet yang baik yang mencakup kalsium alami, terutama ketika mereka masih muda. Kamu bisa memberi anjing sedikit yogjurt atau susu murni di pagi hari dan di malam hari sebelum tidur.

Anjing juga direkomendasikan untuk konsumsi makanan berkalsium tinggi alami seperti brokoli ke dalam makanan ketika mereka mengalami periode pertumbuhan dan perkembangan tulang yang cepat. Namun, beberapa anjing rentan mengalami kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat anjing. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Bull Terrier.
Royal Canin. Diakses pada 2021. Bull Terrier.