• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Penerapan Cuci Tangan 6 Langkah yang Tepat

Begini Penerapan Cuci Tangan 6 Langkah yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Penerapan Cuci Tangan 6 Langkah yang Tepat

“Hampir semua kegiatan dilakukan oleh tangan, seperti bermain dengan hewan peliharaan, membersihkan kotoran, menyiapkan makan, dan lain-lain. Jika kebersihannya tidak dijaga dengan baik, tangan bisa menjadi sarang kuman, virus, dan bakteri penyebab berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mencuci tangan dengan cara yang tepat.”

Halodoc, Jakarta – Kedua tangan memainkan peranan penting dalam proses penularan penyakit. Berbagai patogen penyebab penyakit berpindah dan menyebar melalui tangan. Jika sudah terkena, maka gangguan berupa masalah pencernaan, influenza, dan penyakit-penyakit lainnya tidak dapat dihindari.

Nah, singkat kata, mencuci tangan menjadi salah satu langkah paling mudah dan efektif dalam mencegah berbagai patogen berbahaya masuk ke dalam tubuh. Pertanyaannya, bagaimana sih cara mencuci tangan yang tepat? 

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun

Begini Cara Mencuci Tangan yang Tepat

Seperti pada ulasan sebelumnya, mencuci tangan menjadi salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan. Dengan mencuci tangan, berbagai patogen penyebab masalah kesehatan dapat dibunuh secara langsung. Cara mencuci tangan yang benar harus dilakukan dengan sabun dan air mengalir.

Sabun  sendiri berfungsi untuk membunuh berbagai patogen penyebab masalah kesehatan, sedangkan air mengalir berfungsi untuk meluruhkannya. Begini cara mencuci tangan yang tepat:

1. Telapak Tangan

Cara mencuci tangan yang pertama dilakukan dengan mengambil sabun dan meletakkannya di telapak tangan. Basahi tangan, lalu gosokkan kedua telapak tangan tersebut.

2. Punggung Tangan

Setelah menggosok telapak tangan, dilanjut dengan menggosok punggung tangan kanan dan kiri. Pastikan seluruh bagian terkena sabun secara merata.

3. Sela-Sela Jari

Cara mencuci tangan selanjutnya dilakukan dengan menggosok sela-sela jari. Area tersebut dinilai menjadi tempat favorit bersarangnya kuman dan patogen penyebab penyakit karena tersembunyi dan jarang dijamah.

4. Punggung Jari

Setelah sela-sela jari, mencuci tangan dilakukan pada punggung jari tangan dengan gerakan saling mengunci. Gerakan ini bertujuan agar area tersebut benar-benar sudah terkena sabun, sehingga kuman pun mati.

5. Jempol

Cara mencuci tangan selanjutnya dilakukan dengan membersihkan jempol kanan dan kiri secara bergantian. Gerakan dilakukan dengan cara memutar. Pastikan seluruh area jempol terkena sabun dan dibersihkan secara menyeluruh.

6. Ujung Jari dan Kuku

Cara mencuci tangan yang terakhir dilakukan di bagian ujung jari atau kuku. Caranya dengan menguncupkan tangan. Tujuannya agar ujung jari dan kuku benar-benar bersih dan bebas dari kuman yang menyelip di antara kuku.

Baca juga: Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus?

Setelah mengikuti sejumlah langkah tersebut, proses mencuci tangan dapat diakhiri. Lakukan selama 15-30 detik, kemudian keringkan dengan lap, tisu, atau hand dryer. Setelah dikeringkan, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer. Dengan prosedur mencuci tangan yang benar, maka bisa dipastikan aman dari penularan berbagai macam penyakit.

Oleh karena itu, terapkan kebiasaan baik tersebut mulai sekarang, ya. Namun, jika sedang bepergian dan tidak menemukan air di sekitar, kamu bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan minimal 70 persen alkohol sebagai gantinya. Namun, penggunaan hand sanitizer tidak dianjurkan jika tangan dalam keadaan kotor dan sulit dibersihkan.

Baca juga: Ketahui 11 Fakta Unik tentang Mencuci Tangan

Ada beberapa waktu penting untuk mencuci tangan, yaitu sebelum makan, setelah menggunakan toilet, sebelum menyusui, setelah bermain dengan hewan peliharaan, atau setelah beraktivitas. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan karena tidak menjaga kebersihan tangan dengan baik, diskusikan masalah yang kamu alami dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Segera download di sini jika belum memiliki aplikasinya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

CDC. Diakses pada 2021. When and How to Wash Your Hands.

NHS UK. Diakses pada 2021. How to wash your hands.

WHO. Diakses pada 2021. How to Handwash?

Halodoc. Diakses pada 2021. Ketahui 4 Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun.