• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Perawatan yang Tepat untuk Anjing yang Baru Melahirkan

Begini Perawatan yang Tepat untuk Anjing yang Baru Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Perawatan yang Tepat untuk Anjing yang Baru Melahirkan

Halodoc, Jakarta - Jika kamu memiliki anjing hamil yang sebentar lagi akan melahirkan, maka penting untuk mengumpulkan informasi mengenai persiapan persalinan dan perawatan setelah persalinan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya masalah. 

Meskipun anjing mungkin tidak memerlukan dokter hewan selama kehamilan, kamu tetap perlu mengetahui cara merawat anjing sebelum, selama, dan setelah melahirkan. Hal ini penting agar bisa mempersiapkan area persalinan dan perawatan apa yang harus diberikan setelah ia melahirkan. Lantas, bagaimana perawatan yang perlu dilakukan?

Baca juga: Kita Semua Vs Virus Corona, Siapa Pemenangnya?

Perawatan untuk Anjing yang Baru Melahirkan

Menyambut kelahiran bayi-bayi anjing tentu hal yang menyenangkan. Namun, merawat anjing dan anak-anaknya yang baru melahirkan bisa menjadi hal yang menantang. Tidak perlu khawatir, begini panduan perawatan untuk anjing yang baru melahirkan:

  • Ciptakan Lingkungan yang Bersih

Anjing yang baru melahirkan memerlukan beberapa minggu pertama untuk kontak dengan bayi-bayi yang baru dilahirkan. Jadi, penting untuk menyediakan cukup ruang untuk induk berbaring dengan nyaman bersama anak-anaknya. Induk anjing juga harus bisa keluar masuk ruang istirahat dengan bebas sambil tetap mengurung anak-anaknya. 

Sebagai pemilik anjing, kamu perlu mengontrol kebersihan lingkungan istirahat induk anjing dan anak-anaknya. Perlu diketahui, sekitar minggu kedua, anak-anak akan membuka mata dan jadi lebih aktif. Nah, kamu mungkin perlu memindahkan mereka ke kandang atau ruang yang lebih besar untuk mereka bermain. 

  • Berikan Kehangatan

Meskipun anak anjing akan meringkuk pada induknya untuk mendapatkan kehangatan, namun sebaiknya kamu perlu mempersiapkan lampu pemanas selama bulan pertama kehidupan bayi-bayi anjing. Letakkan lampu cukup tinggi di atas kandangnya untuk mencegah risiko membakar induk atau anak-anaknya. Meskipun memberikan kehangatan, kamu perlu menyisakan sudut yang lebih sejuk yang dapat dilalui anak anjing jika terlalu panas. 

Baca juga: Benarkah Tes Agresif Sebabkan Kasus Positif Corona Makin Meningkat?

  • Perawatan dan Gizi

Selama beberapa minggu pertama, bayi anjing hanya mengandalkan air susu induknya untuk kebutuhan nutrisi. Namun untuk memastikan induk dan bayi anjing mendapatkan cukup nutrisi, maka induk harus diberikan beberapa porsi makanan yang berkualitas dan bernutrisi sepanjang hari. 

Kamu harus memperhatikan berat badan anak-anak anjing selama waktu ini. Jika ada anak anjing yang kurang makan, kamu perlu mengawasinya saat waktu menyusui dan memastikan anak anjing yang lebih kecil menempel pada puting induknya untuk diberi makan. Anak anjing yang sering menangis atau merengek mungkin karena merasa lapar dan membutuhkan perhatian lebih saat menyusui. 

  • Kesehatan

Induk dan anak anjing mudah terserang penyakit dan infeksi. Kamu harus mengawasinya dengan cermat. Perawatan anak anjing yang baru lahir harus mencakup pemeriksaan rutin untuk mengamati tanda-tanda infeksi atau kesehatan yang buruk. 

  • Berikan Kesempatan Sosialisasi

Menjelang minggu keempat, anak anjing sudah siap untuk mulai bersosialisasi dengan manusia dan anjing lainnya. Berikan kesempatan pada anak-anak anjing untuk belajar tentang dunia yang mereka tinggali, tentunya tetap dengan pengawasan. Hal ini agar mereka bisa menjadi anjing dapat menyesuaikan diri dan bahagia. 

Baca juga: Ingat, Lakukan 8 Hal Ini untuk Cegah Angka COVID-19 yang Kian Naik

Perlu diketahui bahwa anak anjing yang kurang bersosialisasi cenderung tumbuh menjadi anjing yang gelisah yang mungkin memiliki masalah perilaku. Jadi biarkan mereka mengeksplorasi, menjelajah, dan bermain untuk mendapatkan banyak pengalaman baru. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai perawatan untuk anjing yang baru melahirkan. Jika kamu merasa perhatian yang diberikan kurang maksimal dan membutuhkan banyak masukan, kamu dapat berdiskusi pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:

Hills Pet. Diakses pada 2020. Newborn Puppy Care: 5 Things You Need to Know
Pet MD. Diakses pada 2020. Dog Pregnancy, Birth, and Puppy Care: The Complete Guide
PDSA. Diakses pada 2020. Whelping – a guide to your dog giving birth