• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Perkembangan Bayi Usia 24 Bulan

Begini Perkembangan Bayi Usia 24 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Sekarang, sang buah hati sudah semakin lucu ya. Selain sudah lancar berjalan, Si Kecil yang kini sudah menginjak 24 bulan alias 2 tahun ini sudah mulai bisa mengenakan pakaian dan sepatunya sendiri. Ia pun ingin belajar untuk menggosok giginya, jadi ibu dan ayah selalu dampingi setiap hal baru yang ia inginkan, ya! Jika baik dan positif, dukung saja dan tetap berikan arahan di setiap aktivitasnya. 

Kemampuan Motorik Bayi Usia 24 Bulan

Di usia 24 bulan, perkembangan bayi yang berkaitan dengan motoriknya sudah semakin terlihat. Ia kini sudah bisa melompat dan menendang bola. Ia pun ingin mencoba belajar berdiri dengan menggunakan satu kakinya, meski tentu masih menemui hambatan, salah satunya adalah keseimbangannya yang belum optimal dan ia jadi sering jatuh. Anak pun sudah mahir mengambil benda yang jatuh dari lantai. 

Di sisi lain, ketika ibu atau ayah membacakan dongeng untuknya, anak mungkin ingin menggenggam sendiri buku tersebut dan membuka halamannya sendiri. Ia akan mulai berceloteh tentang apa yang dilihatnya, meski belum memahami apa yang sebenarnya sedang ia bicarakan. Tidak hanya itu, Si Kecil juga sudah mampu menyusun balok hingga mencapai 8 tingkat dan menyusun benda-benda ke arah vertikal. 

Baca juga: Perkembangan Bayi 12 Bulan

Kemampuan Sosial dan Emosional Bayi Usia 24 Bulan

Nah, di sisi emosional dan sosialnya, anak usia 24 bulan sudah menunjukkan bahwa dirinya lebih mandiri. Ia sudah bisa melakukan beberapa hal sendiri tanpa membutuhkan bantuan ayah dan ibu lagi, seperti mencuci tangan, memakai celana dan sepatu sendiri, hingga menyebutkan nama temannya meski terkadang masih terdengar belum lancar. 

Pun, ia bisa menunjukkan pada ayah dan ibu tentang pilihannya, misalnya sepatu atau pakaian seperti apa yang ingin dipakainya. Jangan dilarang ya, Bu, biarkan anak menunjukkan kreativitas dan imajinasi melalui pilihannya sendiri. Terkadang, ia akan minta diajari ayah dan ibu bagaimana memakai kaus atau kemejanya. Seru ya!

Baca juga: Perkembangan Bayi 7 Bulan

Kemampuan Berbahasa dan Komunikasi Bayi Usia 24 Bulan

Lalu, bagaimana dengan kemampuan bahasa dan komunikasinya? Nah, di usianya yang sudah 24 bulan, anak sudah mulai mengerti konsep benda dan apa hubungannya dengan lingkungan sekitar. Misalnya, anak sudah mulai mengerti ukuran benda dan membandingkannya dengan benda lain. Ia pun bisa mengikuti perintah tertentu dari ayah dan ibu, seperti ambilkan bola atau lihat ke kursi. Sedangkan untuk kosakatanya, ucapannya sudah lebih dapat dimengerti dan sudah lebih jelas.

Yuk, Bantu Si Kecil dengan Cara Mudah Ini!

Supaya sang buah hati makin lancar dalam tumbuh kembangnya, ibu bisa membantunya dengan cara-cara yang mudah. Berikan ia baju yang memiliki kancing, sehingga semakin melatih kemampuan motoriknya untuk mengancingkan bajunya sendiri. Sediakan sandalnya sebelum bepergian dan mintalah sang buah hati untuk memakainya sendiri. 

Baca juga: Perkembangan Bayi 4 Bulan

Supaya ia lebih memahami kondisi ayah dan ibu, berikan pengertian yang sederhana dan mudah ia mengerti. Misalnya, ibu dan ayah harus bekerja dan baru pulang di malam hari. Ibu bisa mengatakan padanya kondisi yang ibu dan ayah harus penuhi, sehingga ia pun mengerti mengapa ibu dan ayah harus pergi di pagi hari dan pulang pada malam hari. 

Namun, jika anak tidak menunjukkan perkembangan bayi tersebut ketika usianya sudah menginjak 24 bulan, ibu harus segera memeriksakan kondisinya ke dokter. Agar lebih mudah, pakai saja aplikasi Halodoc, karena melalui aplikasi ini, ibu bisa langsung buat janji dengan dokter anak di rumah sakit yang terdekat dengan tempat tinggal ibu. 

Referensi: 
Baby Center. Diakses pada 2019. Your 2-Year-Old: Big Emotions. 
Parents. Diakses pada 2019. Baby Development.
What to Expect. Diakses pada 2019. 24-Month-Old Child.