• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Perkembangan Janin dalam Kandungan di Usia 5 Bulan

Begini Perkembangan Janin dalam Kandungan di Usia 5 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Merasakan kehidupan janin di dalam kandungan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi seorang ibu. Perkembangan janin dari waktu ke waktu menjadi hal menarik yang selalu ingin orangtua ketahui.

Sebisa mungkin ibu memberikan terbaik untuk Si Kecil bahkan sejak dalam kandungan. Mulai dari asupan gizinya sampai kondisi fisik ibu yang harus selalu sehat dan bahagia agar. Kondisi fisik ibu yang sehat serta bahagia otomatis menular pada Si Kecil yang ada dalam kandungan.

Di usia 5 bulan, janin dalam kandungan bisa merasakan berbagai sensasi, bahkan ia mampu mengenali lingkungan di sekitarnya. Secara fisik, alis mata dan rambut halus yang sifatnya sementara mulai tumbuh di kepala.

Rambut ini akan rontok setelah dua minggu Si Kecil lahir. Panjang tubuhnya sudah mencapai kurang lebih 25 sentimeter pada usia kehamilan lima bulan ini. Agar ibu tahu lebih jelasnya, berikut ini perkembangan janin dari minggu ke-17 sampai ke-20.

Baca Juga: Selama Kehamilan, 3 Fungsi Otak Ini Akan Menurun

Perkembangan Janin Minggu ke-17

Melansir dari WebMD, kulit janin mulai berkembang, transparan, dan terlihat merah karena pembuluh darah masih terlihat jelas di minggu ke-17 ini. Secara fisik, bentuk telinganya sudah sempurna dan meski matanya masih terpejam namun ia sudah bisa menangkap cahaya terang.

Beratnya mencapai 120 gram dan rahim akan terlihat oval, akibatnya rahim jadi terdorong dari rongga panggul mengarah ke perut. Secara otomatis usus ibu jadi terdorong dan mencapai daerah hati sehingga ibu merasakan tusukan di ulu hati.

Karena ukuran kandungan semakin membesar, ibu disarankan untuk tidak bergerak secara mendadak atau gerakan yang menyebabkan peregangan. Gerakan tersebut menimbulkan rasa nyeri yang disebut ligamen rotundum. Tulang bayi juga mengeras dan persendiannya fleksibel. Di minggu ini, ibu bisa merasakan tendangan dan cegukan bayi.

Perkembangan Janin Janin Minggu ke-18

Masuk ke minggu 18, Si Kecil mulai mampu mendengarkan suara dari luar tubuh bahkan bisa merespon dengan bergerak jika mendengar suara. Selain itu, ia sudah bisa menendang, meninju dan bergerak aktif dalam kandungan. Pada minggu ini, ibu dapat merasakan gerakan putaran Si Kecil dalam kandungan untuk pertama kalinya. Berat bayi juga semakin bertambah sampai sekitar 150 gram seperti sebesar buah semangka.

Ikatan ibu dan anak pada minggu ke-18 ini semakin erat, bahkan bayi bisa merasakan emosi ibu mulai dari bahagia hingga sedih. Bayi juga bisa merasa lapar apabila ibu merasakannya.

Apabila ibu mengalami masalah kehamilan di trimester ini atau ingin melakukan pemeriksaan kehamilan kehamilan rutin, kini ibu bisa membuat janji dengan dokter kandungan terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter kandungan di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan lewat aplikasi.

Baca Juga: Agar Tak Panik, Ketahui 5 Mitos Kehamilan Ini

Perkembangan Janin Minggu ke-19

Kini Si Kecil dalam kandungan memiliki panjang sekitar 23 sentimeter dengan berat sekitar 200gram. Jika ibu belum merasakan gerakan bayi di minggu sebelumnya, kemungkinan minggu ini ibu mulai merasakan gerakan bayi. Pada usia ini, jutaan saraf motorik terbentuk dalam otak janin, sehingga ia dapat membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol.

Melansir dari studi yang dikembangkan dalam Pregnancy Birth & Baby, bayi mulai mengeluarkan vernix atau lapisan lilin yang melindungi kulit dari cairan ketuban terhadap goresan dari jari kaki dan jari sendiri saat menendang dan menggulung. Sistem peredaran darah bayi telah berfungsi penuh, karena tali pusar semakin menebal untuk membawa liter darah dan nutrisi setiap hari dari ibu ke bayi.

Perkembangan Janin Minggu ke-20

Pada usia ini, kulit janin bisa dibedakan menjadi dua lapisan yakni lapisan dermis yang merupakan lapisan dalam dan lapisan epidermis yang terletak di permukaan. Lapisan epidermis ini selanjutnya membentuk pola-pola tertentu pada ujung jari, telapak tangan serta telapak kaki.

Sedangkan lapisan dermis mengandung pembuluh-pembuluh darah kecil, saraf, dan sejumlah besar lemak. Otot bayi semakin bertumbuh tiap minggunya, ia bahkan sekitar 200 kali sehari. Namun, tidak semua gerakan bisa dirasakan, hanya beberapa gerakan saja yang dirasakan ibu.

Di minggu ke-20, panjang bayi telah mencapai sekitar 25 sentimeter dan beratnya mencapai 340 gram. Otak bayi juga mulai tumbuh dengan cepat selama minggu ini. Rambut kepalanya juga sudah mulai muncul. Apabila jenis kelamin bayi adalah perempuan, maka rahimnya telah terbentuk sempurna. Jika seorang anak laki-laki, testisnya akan mulai turun.

Baca Juga: Seberapa Besar Kemungkinan Salah Menebak Jenis Kelamin Bayi saat di USG?

Itulah perkembangan janin di usia 5 bulan yang wajib ibu ketahui. Pastikan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dengan rutin memeriksakan kehamilan, konsumsi makanan sehat dan bersih, konsumsi suplemen, banyak beristirahat serta rutin berolahraga. Ibu hamil juga perlu melakukan latihan kegel atau latihan dasar panggul untuk mengontrol otot-otot di area panggul selama persalinan.

Referensi :

WebMD. Diakses pada 2019. Your Pregnancy Week by Week: Weeks 17-20.

Pregnancy Birth & Baby. Diakses pada 2019. Pregnancy - 17 to 20 weeks.
Baby centre. Diakses pada 2019. 10 steps to a healthy pregnancy.