• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Tips Memilih Sikat Gigi Anak yang Tepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Tips Memilih Sikat Gigi Anak yang Tepat

Begini Tips Memilih Sikat Gigi Anak yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Desember 2021
Begini Tips Memilih Sikat Gigi Anak yang Tepat

“Membersihkan mulut sejatinya sudah harus dilakukan sejak gigi anak belum tumbuh. Saat giginya sudah bertumbuh, memilih sikat gigi yang tepat menjadi salah satu cara mendukung anak agar ia mau membersihkan gigi sejak dini. Lantas, bagaimana tips memilih sikat gigi anak?”

Halodoc, Jakarta – Memilih sikat gigi yang tepat bukan hanya memastikan gigi dan gusi yang bersih saja. Dari hal kecil ini, ibu telah mendukung kebiasaan menjaga kesehatan mulut dan gigi, yang akan berlangsung hingga seumur hidupnya. Jangan sampai salah, ikuti tips tepat memilih sikat gigi untuk anak, ya!

Tips Tepat Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Saat anak berusia 0-6 bulan atau ketika giginya belum bertumbuh, ibu bisa membersihkan mulutnya dengan kain lembut. Sama seperti menyikat gigi, cara ini bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Ibu hanya perlu membasahi kain lembut dengan air hangat, kemudian bersihkan bagian dalam mulut.

Ketika anak sudah mulai bertumbuh gigi, begini tips memilih sikat gigi yang tepat:

1. Sesuaikan Ukuran

Pastikan ibu memilih sikat gigi khusus anak, karena mulutnya yang berukuran lebih kecil dari orang dewasa. Untuk mereknya sendiri, ibu bisa menyesuaikan dengan keinginan Si Kecil.

2. Pilih Bulu yang Lembut

Selain menyesuaikan ukuran, ibu perlu memilih sikat gigi dengan bulu yang lembut. Sikat gigi berbulu sedang hingga keras dapat merusak email dan gusi anak. Jadi, pastikan untuk memilih dengan tepat.

3. Manual atau Elektrik?

Baik manual atau elektrik, keduanya sama-sama mampu menunjang kesehatan gigi dan mulut anak. Kembali lagi, manfaatnya tidak akan maksimal jika dilakukan dengan teknik yang salah. Umumnya anak-anak memilih elektrik, karena proses pembersihan menjadi semakin mudah.

4. Memiliki Pegangan Besar

Anak-anak belum memiliki ketangkasan untuk menyikat gigi secara menyeluruh. Membeli sikat dengan pegangan yang besar dapat membantu mempermudah anak memegang sikat lebih kuat.

5. Minta Saran dari Para Ahli

Jika ibu bingung, silahkan bertanya pada dokter gigi lewat aplikasi Halodoc, ya. Umumnya dokter gigi mengetahui jenis sikat gigi apa yang telah menjalani tes kontrol kualitas, dalam hal keefektivitasan dan keamanan untuk anak.

Lakukan Ini Agar Menyikat Gigi Lebih Menyenangkan

Memilih sikat dengan fitur terbaik memang diperlukan, tetapi ibu juga harus menyesuaikan dengan minat anak. Hal tersebut dilakukan agar proses menyikat gigi menjadi lebih menyenangkan. Agar kegiatan menyikat gigi lebih menyenangkan, ibu bisa melakukan beberapa tips di sini:

1. Biarkan Anak Memilih

Biarkan anak memilih sikat dengan warna dan karakter yang ia sukai. Setelah menemukan yang tepat sesuai dengan keinginan anak, proses menyikat gigi tentu lebih menyenangkan.

2. Tempelkan Stiker Lucu

Jika memutuskan untuk membelikannya, ibu bisa mengajak anak menempelkan stiker-stiker lucu. Biarkan anak mendekorasi sikat sesuai dengan apa yang ia sukai. Pastikan stiker terpasang dengan kuat, agar tidak terlepas saat terkena air.

3. Cat Warna-Warni

Di samping memberikan stiker, ibu juga bisa mengajak anak untuk memberikan cat warna-warni. Pastikan untuk menggunakan cat tempera yang tidak beracun. Gunakan juga kuas-kuas kecil untuk menambah dekorasi hiasan. Sebelum digunakan, pastikan cat benar-benar kering.

Untuk menunjang kebersihan gigi, ajarkan anak menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari. Ajarkan juga bagaimana teknik menyikat gigi yang tepat. Ketika bulu-bulu sikat sudah berjumbai atau tidak berdiri tegak, saat itulah ibu harus mengganti sikat gigi anak dengan yang baru.

Sikat gigi memang penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi anak. Namun, itu saja tidak cukup, lo. Ibu juga perlu melakukan pemeriksaan rutin sebanyak dua kali dalam setahun. Untuk melakukan pemeriksaan rutin tersebut, ibu bisa membuat janji temu dengan dokter gigi di rumah sakit terdekat lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Colgate. Diakses pada 2021. Choosing the Best Toothbrush for Your Kids.
Star Smilez. Diakses pada 2021. Tips for Choosing the Right Toothbrush for Your Child.