• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Tips Merawat Anjing Peliharaan untuk Pemula

Begini Tips Merawat Anjing Peliharaan untuk Pemula

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Tips Merawat Anjing Peliharaan untuk Pemula

Halodoc, Jakarta - Merawat anjing peliharaan menjadi tanggung jawab besar. Banyak pemula yang belum pernah memelihara hewan sebelumnya menjadi khawatir. Apakah akan bisa merawat anjing peliharaan dengan baik? Nah, lakukan beberapa tips dan panduan merawat anjing peliharaan berikut ini.

Pahami Kebutuhan Dasar Anjing

Sama halnya seperti manusia, anjing memiliki kebutuhan dasar seperti makanan, air, dan tempat berlindung untuk bertahan hidup. Namun, lebih dari itu, untuk menjalani hidup yang bahagia dan sehat, seekor anjing membutuhkan perawatan fisik, olahraga, dan pengasuhan yang baik dari pemiliknya.

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Berikut ini kebutuhan dasar anjing yang penting untuk dipahami:

1.Makanan dan Air

Anjing bisa mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan dari produk makanan anjing kemasan yang tersedia di toko hewan peliharaan. Mereka bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan manusia juga, sehingga kamu bebas ingin memberinya makanan seperti apa, selama cukup dan bernutrisi. Namun, jangan juga lantas memberinya makan terlalu banyak. 

Anjing juga bisa mengalami obesitas dan masalah jantung. Anak anjing perlu diberi makan empat kali sehari, tetapi setelah mereka mencapai usia enam bulan, makan sehari (atau dua kali dengan porsi lebih kecil) sudah cukup untuk diet yang seimbang. Selain makanan, anjing juga perlu mendapatkan air bersih dan segar dari mangkuk air bersih. 

2.Tempat Tidur yang Nyaman

Tidak seperti merawat kucing yang umumnya lebih suka dibiarkan sendiri, anjing adalah hewan sosial yang suka menghabiskan waktu bersama anjing lain atau pemiliknya. Beberapa anjing mungkin lebih suka hidup di luar, dan beberapa lainnya lebih suka di dalam ruangan.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat anjing peliharaan adalah untuk memberinya “ruang pribadi” miliknya. Bisa berupa kandang atau tempat tidur, asalkan bersih, dan itu adalah tempat di mana hewan peliharaan merasa aman dan sehat. 

3.Olahraga

Anjing adalah hewan peliharaan yang aktif dan suka bermain kejar-kejaran atau berlarian. Olahraga tidak hanya membantu anjing membakar kalori dan tetap sehat, tetapi juga membuat mereka sibuk dan menghentikan perkembangan perilaku bermasalah. Misalnya, jika anjing sibuk bermain dengan mainan favoritnya, ia jadi tidak punya waktu atau tidak tertarik mengunyah atau merusak benda-benda.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

4.Perawatan Tubuh

Seperti hewan peliharaan lainnya, anjing juga butuh perawatan tubuh. Perawatan anjing harian termasuk menyikat, membersihkan, dan memeriksa parasit secara teratur. Kamu dapat melakukannya sendiri atau menyewa jasa perawatan profesional.

5.Latihan

Anak anjing dan anjing dewasa harus dilatih di rumah, seperti latihan menggunakan toilet atau menuruti perintah. Salah satu hal terpenting tentang pelatihan adalah konsistensi, baik dalam perintah yang digunakan maupun bala bantuan dan penghargaan yang ditawarkan. 

Kepatuhan dan pelatihan di rumah lebih dari sekadar mengajari anjing beberapa trik dan perintah. Ini juga tentang mempelajari keterampilan hidup yang penting, bersosialisasi, menghindari perilaku bermasalah, dan memberikan stimulasi mental. 

Tips Perawatan Kesehatan Anjing

Selain memenuhi kebutuhan dasarnya, penting juga untuk memerhatikan kesehatan anjing peliharaan. Berikut beberapa perawatan kesehatan yang perlu diperhatikan:

1.Perawatan Mulut

Merawat kesehatan mulut anjing peliharaan sangat penting. Kamu harus menyikat gigi anjingnya, membelikannya mainan kunyah, dan menjadwalkan pembersihan gigi dengan dokter hewan. Selain itu, periksa secara teratur apakah gusi dan lidahnya berwarna sehat. Jika ditemukan keanehan, segera bawa ke dokter hewan.

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

2.Perawatan Kaki

Ada banyak kotoran dan kuman yang bisa menempel di kaki anjing. Jadi, usahakan untuk selalu merawat dan menjaga kebersihannya. Dengan cara mencucinya menggunakan sabun yang ramah hewan. Jika melihat tanda-tanda iritasi pada kaki, segera bicarakan pada dokter hewan. 

3.Perawatan Sendi

Perawatan sendi diperlukan, terutama bagi anjing yang aktif berlarian. Bicarakan dengan dokter hewan tentang apakah perlu pemberian suplemen nutrisi untuk sendi dan tulang anjing. 

4.Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan

Kunjungan rutin untuk vaksinasi, pembersihan gigi, pencegahan kutu dan kutu, dan kondisi kesehatan lainnya adalah salah satu hal penting tentang cara merawat anjing. Selain kunjungan rutin, segera ke dokter hewan juga jika ada gejala yang dialami anjing peliharaan, seperti nafsu makan buruk, muntah, atau diare.  

Sebagai langkah awal, kamu juga bisa download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter hewan lewat chat, lho. Nantinya, dokter hewan terpercaya di Halodoc akan memberi saran terbaik, atau merekomendasikan untuk pergi ke klinik hewan terdekat, jika dirasa perlu. 

Referensi:
American Society for the Prevention of Cruelty to Animals. Diakses pada 2020. General Dog Care.
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. Tips for First Time Dog Owners - What You Should Know if You're New to Dogs.
Pet Pedia. Diakses pada 2020. Basic Dog Care 101: The Essentials.