05 October 2018

Benar atau Tidak, Pria Bisa Mengalami Multiorgasme?

benar atau tidak pria bisa mengalami multiorgasme?

Halodoc, Jakarta - Mendapatkan multiorgasme atau mencapai lebih dari satu kali orgasme dalam berhubungan intim bukanlah mitos belaka. Sebab, enggak sedikit kok wanita yang mengalaminya. Kemampuan ini sebenarnya memang banyak dimiliki oleh wanita. Lalu, bagaimana dengan pria? Apa betul pria juga bisa mengalami multiorgasme?

Bukan Ejakulasi Saja

Pastinya kebanyakan pria akan merasa puas dan senang ketika bisa mengalami orgasme berkali-kali saat berhubungan intim. Namun, periode refrakter cenderung menghalangi mereka untuk mencapainya. Periode refrakter ini sendiri merupakan masa istirahat atau mode pemulihan. Singkat kata, pria mesti menunggu beberapa saat atau harus beristirahat sejenak untuk mendapatkan orgasme berikutnya.

Namun menurut ahli, pria juga bisa kok mendapatkan multiorgasme layaknya wanita, tanpa perlu masuk ke dalam mode pemulihan. Caranya mendapatkannya memang enggak mudah, membutuhkan banyak latihan.

Nah, yang mesti digarisbawahi, kita cenderung menyamakan orgasme dengan ejakulasi. Padahal, hal itu tidaklah benar. Menurut seksolog dari Amerika Serikat seperti dikutip GQ, orgasme adalah bagian dari pengalaman seksual yang terjadi antara dua dan tujuh detik sebelum ejakulasi. Nah, di detik-detik itulah akan terjadi peningkatan sensitivitas pada seluruh tubuh, dimulai dari napas lebih cepat hingga sensasi lainnya yang timbul dalam tubuh.

Sementara itu, ejakulasi sendiri merupakan tahap terakhir dari stimulasi dan melibatkan pelepasan air mani (semen), serta neurotransmiter yang akan mengirim tubuh ke tahap istirahat atau periode refrakter. Meski hampir mustahil bagi pria untuk mendapatkan multiorgasme ejakulasi tanpa periode refrakter, tetapi kamu bisa kok mencapai klimaks beberapa kali, meski tidak mengeluarkan air mani.  

Sensasinya Berbeda

Kata ahli, kondisi di atas biasa disebut sebagai non-ejaculatory multiple orgasm (NEMO), atau orgasme ganda non-ejakulasi. Teknik untuk mendapatkannya melibatkan otot-otot panggul. Namun yang mesti diingat, jangan berpikir kalau orgasme non-ejakulasi akan terasa sama dari orgasme biasa, sebab sensasinya akan berbeda. Jadi, turunkanlah harapanmu sedikit untuk bisa merasakan sensasi yang menggairahkan.

Kata ahli di Center for Advanced Medicine in Atlanta, Amerika Serikat, kamu sebaiknya jangan mengharapkan untuk bisa merasakan orgasme kecil (NEMO) seperti orgasme pada dasarnya, sebab intensitasnya pasti berbeda. Meski begitu, menurut sebagian pria mendapatkan multiorgasme kecil sebenarnya lebih baik daripada hanya satu orgasme besar.

Ada Tekniknya Tersendiri

Untuk mendapatkan multiorgasme memang gampang-gampang susah. Namun, setidaknya ada dua cara sederhana yang patut kamu coba.

- Perkuat otot Panggul

Otot panggul merupakan otot yang paling banyak terlibat dalam aktivitas seksual, khususnya ketika orgasme. Nah, agar bisa mendapatkan orgasme yang kamu inginkan, cobalah latih otot-otot di bagian tersebut. Melatih otot panggul ini juga bisa meningkatkan peluang mendapatkan multiorgasme, lho. Lalu, bagaimana cara melatih otot panggul?

Menurut ahli, kegel merupakan gerakan yang bisa melatih otot panggul yang terlibat banyak dalam aktivitas seksual. Selain itu, kegel juga bisa membantu untuk mencegah ejakulasi dini dan disfungsi ereksi.

Gerakannya enggak terlalu rumit kok. Kamu hanya perlu berbaring terlentang di permukaan yang rata. Kemudian, tekuklah lutut sehingga kaki bagian atas membentuk sudut 45 derajat. Setelah itu, peganglah pinggul dan angkat bagian atas tubuhmu, lalu tahan selama lima detik seperti seakan menahan kencing, kemudian lepas. Kamu bisa melakukannya berulang-ulang, tetapi pastikanlah kamu sudah buang air kecil sebelum melakukan olahraga ini.

- Coba Posisi Lain

Bila dirimu kesulitan untuk menunda ejakulasi, cobalah beralih ke posisi lain. Kata ahli cara ini bisa membantu dirimu untuk mengontrol ejakulasi dan ereksi. Misalnya, cobalah posisi di mana kamu bisa berdiri dan menarik keluar Mr P sebelum ejakulasi. Menurut terapi seks, cara ini juga bisa mengencangkan otot-otot tepat sebelum titik ejakulasi, sehingga kamu bisa mengalami orgasme tanpa ejakulasi.

Punya keluhan kesehatan atau ingin bertanya mengenai masalah di atas? Kamu bisa kok berdiskusi langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: