• Home
  • /
  • Benarkah Alpukat Ampuh Turunkan Kolesterol?

Benarkah Alpukat Ampuh Turunkan Kolesterol?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Alpukat Ampuh Turunkan Kolesterol?

Halodoc, Jakarta – Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh California Avocado Commission, mengonsumsi alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lain dalam makanan. 

Alpukat juga juga sarat akan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, yang dapat menyehatkan jantung. Terkait kolesterol, ternyata alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat juga. Informasi lebih detail mengenai khasiat alpukat bisa dibaca di bawah ini!

Menyehatkan Jantung dan Menurunkan Kolesterol

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Heart Association, mengonsumsi satu alpukat per hari dapat menurunkan kadar Low-density Lipoprotein (LDL) yang biasa dikenal sebagai kolesterol "jahat".

Sebenarnya lebih jelasnya lagi, menurunkan kolesterol bukanlah satu-satunya manfaat potensial dari memasukkan alpukat ke dalam menu makanan harian. Studi lain menemukan bahwa makan alpukat saat siang hari dapat dikaitkan dengan rasa kenyang yang meningkat pada jam-jam berikutnya—terutama pada orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan. 

Baca juga: 7 Manfaat dan Khasiat Alpukat pada Tubuh

Para peneliti juga menyarankan bahwa alpukat mungkin memainkan peran positif dalam mengurangi kadar gula darah. Selain lemak dan penurun kolesterol yang baik, alpukat mengandung vitamin C untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan, vitamin K untuk kesehatan darah, folat untuk fungsi sel dan jaringan, vitamin B6 untuk fungsi kekebalan tubuh, serat, dan masih banyak lagi.

Butuh informasi lebih lengkap mengenai manfaat alpukat, bisa ditanyakan langsung di HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja. 

Makanan Penurun Kolesterol Lainnya

Tahukah kamu setiap 10 persen penurunan kadar kolesterol dapat menurunkan risiko serangan jantung 20–30 persen? Perubahan gaya hidup sehat dapat sangat memengaruhi penurunan kolesterol jahat. Berikut ini rekomendasi lain yang disarankan selain mengonsumsi alpukat:

  1. Fokus pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan

Kamu tidak serta merta disarankan menjadi vegetarian untuk mendapatkan kadar kolesterol yang baik. Hanya saja memang banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kentang, dan makanan nabati alami yang kaya serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

  1. Perhatikan asupan lemak

Pelajari tentang lemak yang harus kamu hindari, dan lemak "baik" yang seharusnya dibatasi.

  1. Makan lebih banyak sumber protein nabati

Perbanyak makan protein nabati daripada meningkatkan kadar kolesterol darah, seperti yang dilakukan oleh sumber protein hewani. Jika kamu rutin melakukan ini, niscaya akan sangat dapat membantu menurunkan kolesterol.

  1. Makan lebih sedikit biji-bijian olahan, seperti tepung putih

Penelitian telah menemukan bahwa makan biji-bijian utuh dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL, serta meningkatkan kesehatan jantung. Dalam studi Universitas Harvard, ditemukan kalau perempuan yang makan dua hingga tiga porsi produk gandum (kebanyakan roti dan sereal sarapan) setiap hari mengalami penurunan serangan jantung sampai 30 persen. 

  1. Biasakan konsumsi teh

Teh telah dikenal memiliki khasiat penyembuhan selama berabad-abad. Jika kamu mencari sesuatu yang hangat dan menenangkan untuk diminum sebelum pergi tidur setiap malam. American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa minum teh dapat menurunkan kolesterol "jahat," atau LDL. Studi ini mencatat bahwa tidak ada dampak signifikan pada kolesterol "baik" atau HDL.

Antioksidan yang ditemukan dalam teh paling baik membantu kolesterol, meskipun penting untuk dicatat bahwa tidak semua teh hijau sama.

Baca juga: Makanan dengan Pengawet, Pemicu Kanker?

  1. Bergerak aktif 

Memasukkan olahraga sebagai menu harian yang semestinya rutin dijalani dapat membantu menurunkan kolesterol dan merawat jantung dengan baik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Avocados and Cholesterol Control.
Pritikin Longevity Center. Diakses pada 2020. 5 Tactics To Reduce Cholesterol Quickly.
The Cheat Sheet. Diakses pada 2020. Drinks That Can Help You Lower High Cholesterol.