• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Antioksidan Bisa Redakan Gejala Neuropati Diabetik? 

Benarkah Antioksidan Bisa Redakan Gejala Neuropati Diabetik? 

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Umumnya sebagian besar orang sudah tak asing dengan penyakit diabetes, tetapi bagaimana dengan neuropati diabetik? Nah, neuropati diabetik merupakan gangguan saraf akibat penyakit diabetes. Penyakit ini ditandai dengan nyeri, kesemutan, atau mati rasa. Neuropati diabetik memang bisa terjadi pada saraf di bagian tubuh mana pun, tetapi umumnya lebih sering menyerang saraf di kaki. 

Ketika kadar gula di dalam darah tinggi, maka kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan saraf di dalam tubuh. Hal yang bikin resah, tak hanya saraf kaki saja yang terdampak, tapi juga bisa pada saraf di sistem pencernaan, jantung, pembuluh darah, dan saluran kemih. Tuh, seram kan? 

Pertanyaanya, bagaimana sih cara mengatasi neuropati diabetik? Benarkah antioksidan bisa meredakan gejala neuropati diabetik? 

Baca juga: Ini Bedanya Neuroma Akustik, Diabetik, dan Radialis

Awasi Penyebab dan Faktor Pemicunya

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab neuropati diabetik. Penyakit ini disebabkan ketika naiknya kadar gula darah pada pengidap diabetes. Nah, kondisi ini nantinya bisa melemahkan dinding pembuluh darah, yang memberikan asupan oksigen dan nutrisi untuk sel saraf. Lalu apa dampaknya? Jelas, akan terjadi kerusakan dan gangguan pada fungsi saraf.

Tak cuma itu saja, kerusakan saraf ini bisa semakin cepat atau parah bila dikombinasikan dengan beberapa faktor, seperti: 

  • Kebiasaan merokok.

  • Sering mengonsumsi minuman beralkohol.

  • Mengidap penyakit autoimun. Bila sistem imun menyerang saraf maka dapat terjadi peradangan pada saraf. 

Kembali ke pertanyaan di atas, benarkah antioksidan bisa meredakan gejala neuropati diabetik? 

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Cara Diagnosis Neuropati Diabetik

Membantu Meringankan Gejala

Berbicara hubungan antara antioksidan dan neuropati diabetik, artinya kita juga akan menyinggung Alpha Lipoic Acid (ALA). ALA merupakan zat atau senyawa alami yang dibuat dalam tubuh. Zat ini melayani fungsi-fungsi vital di tingkat sel, seperti produksi energi. Selama tetap sehat, tubuh dapat menghasilkan semua ALA yang dibutuhkan untuk keperluan ini. 

Terlepas dari kenyataan itu, ALA juga bisa kita dapatkan dari suplemen antioksidan. Para ahli beranggapan, ALA ini bisa memberikan beragam manfaat pada tubuh, salah satunya memberikan efek yang menguntungkan pada pengidap diabetes dan neuropati diabetik.

Menurut para ahli, ALA yang terkandung dalam suplemen antioksidan, bisa meringankan meringankan gejala neuropati diabetik. Seperti mengurangi rasa terbakar atau kesemutan, mati rasa, dan rasa sakit. Dalam sebuah studi, asam alpha lipoic menawarkan bantuan cepat dan tanpa efek samping. 

Menurut studi tersebut, pasien dengan neuropati diabetes yang menerima dosis tinggi ALA, mengalami penurunan rasa sakit akibat gejala yang ditimbulkan penyakit tersebut. Namun, hal ini tak terjadi pada mereka yang diobati dengan plasebo.

Baca juga: Sama Merusak Saraf, Ini Bedanya Neuropati Diabetik dan Stroke

Menariknya lagi, ALA ini tak hanya bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. ALA juga tampaknya dapat mengubah metabolisme saraf atau suplai darah ke saraf dan meringankan keluhan neuropati diabetes. 

Menurut neurologis, ALA merupakan antioksidan yang kuat dan menawarkan beberapa manfaat bagi pengidap diabetes. Alpha Lipoic Acid meningkatkan fungsi "transporter" sel yang membawa dan mendistribusikan glukosa. Nah, kondisi inilah yang membantu insulin melakukan perannya. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Antioxidant Soothes Diabetic Neuropathy.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diseases and Conditions. Diabetic Neuropathy. 
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Should Know About Diabetic Neuropathy.