• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Berenang Bisa Membuat Sinusitis Kambuh?

Benarkah Berenang Bisa Membuat Sinusitis Kambuh?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Benarkah Berenang Bisa Membuat Sinusitis Kambuh?

Berenang bisa membuat sinusitis kambuh karena kandungan klorin pada air kolam. Meski begitu, kamu dapat melakoni olahraga ini, asal kamu tahu penanganannya. Mulai dari menghindari renang saat kandungan klorin sedang tinggi-tingginya, melakukan pembersihan hidung, serta menggunakan penyumbat telinga dan hidung saat berenang.”

Halodoc, Jakarta – Selama ini sinusitis identik dengan cuaca dingin, padahal tidak selamanya demikian. Saat cuaca panas sekalipun sinusitis bisa kembali kambuh, salah satunya bila kamu melakukan aktivitas berenang.

Klorin pada air kolam renang dapat masuk ke telinga dan hidung sehingga menyebabkan iritasi dan pembengkakan. Seiring waktu, reaksi terhadap klorin ini dapat berkontribusi pada perkembangan infeksi sinus. Informasi selengkapnya mengenai berenang bisa membuat sinusitis kambuh bisa dibaca di sini!

Bagaimana Klorin Dapat Menginfeksi Sinus?

Berenang adalah olahraga yang direkomendasikan untuk pengidap asma dan alergi. Namun, klorin bisa membuat kondisi kesehatan tertentu, termasuk kondisi sinusitis bisa memburuk. Beberapa reaksi klorin termasuk gatal di hidung, serta iritasi dan membuat peka saluran pernapasan. Oleh karena itu, perenang berisiko cukup tinggi untuk mengalami sinusitis.

Baca juga: Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Adapun beberapa gejala sinusitis yang dialami perenang, yaitu:

1. Sakit pada area wajah

2. Tekanan di pelipis, di dahi, dan di sekitar mata

3. Hidung tersumbat

4. Bersin

5. Pilek

6. Kehilangan penciuman

Penting untuk memperhatikan apa yang kamu rasakan saat berenang di kolam yang mengandung klorin. Jika kamu mengalami salah satu gejala di atas, itu artinya klorin telah mengiritasi sinusmu. Walaupun begitu, tidak berarti pengidap sinusitis tidak boleh lagi berenang, kamu bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan sebelum berenang. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu: 

1. Hindari berenang setelah kolam menjalani perawatan klorin karena pada saat itu tingkat klorin akan mencapai titik tertinggi.

2. Gunakan penyumbat telinga renang dan klip hidung untuk mencegah air masuk.

3. Setelah berenang, gunakan neti pot dengan larutan garam steril untuk membuang sisa klorin yang mungkin masuk di hidung.

Baca juga: Bingung Mengatasi Sinusitis di Rumah? Coba 8 Tips Ini

Jika setelah melakukan tips ini kamu masih mengalami sinusitis setelah berenang, bisa jadi kamu punya masalah kesehatan lainnya. Kontak Halodoc untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Selain konsultasi dengan dokter, lewat Halodoc kamu juga bisa membeli obat tanpa harus keluar rumah.

Baca juga: 5 Faktor Risiko Seseorang Bisa Terkena Sinusitis Kronis

Meringankan Gejala Sinusitis setelah Berenang

Olahraga renang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti yang sudah disinggung di atas, kamu masih bisa menikmati renang, asalkan memerhatikan kadar klorin pada kolam renang yang digunakan.

Selain itu, kamu bisa menerapkan beberapa hal berikut ini untuk mengontrol sinusitis kambuh, seperti:

1. Perawatan Uap

Uap membantu meredakan kemacetan dengan melonggarkan lendir. Lakukan perawatan uap menggunakan semangkuk air panas dan handuk besar. Tambahkan mentol atau minyak kayu putih ke dalam air.

Letakkan handuk di atas kepala sehingga menutupi sepanjang sisi mangkuk guna menjebak uap di dalamnya. Lakukan sampai uap benar-benar menghilang. Setelahnya, kamu akan merasa lebih lega.

2. Konsumsi Sup Ayam

Makan sup ayam membantu meredakan hidung tersumbat, peradangan hidung, dan pilek. Selain bahan sehat yang terkandung dalam sup ayam, uap yang dikombinasikan dengan efek antioksidan dan antiinflamasi dari bahan sup dapat juga membantu membersihkan sinus.

3. Kompres Hangat dan Dingin

Mengaplikasikan kompres hangat dan dingin membantu meredakan gejala sinusitis. Berbaringlah dengan kompres hangat yang menutupi hidung, pipi, dan dahi selama tiga menit.Lepaskan kompres hangat dan ganti dengan kompres dingin selama 30 detik. Lakukan ini dua sampai tiga kali. Semakin rutin kamu lakukan maka semakin berkurang gejala sinusitis yang dialami. 

Jika gejala sinusitis berlangsung lebih dari 10 hari, demam  mencapai 38.9 derajat Celcius atau lebih, terjadi peningkatan cairan hidung kehijauan, perubahan penglihatan, itu tandanya kamu butuh bantuan dokter sesegera mungkin. 

Referensi:
New York Sinusitis Treatment. Diakses pada 2021. Swimmer’s Sinusitis
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies for Sinus Drainage