• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Minum Vitamin?

Benarkah Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Minum Vitamin?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Benarkah Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Minum Vitamin?

"Masalah kerontokan rambut bisa dialami siapa saja. Namun, cara mengatasinya tidak selalu sama. Itulah sebabnya kamu perlu mengetahui hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontol. Salah satunya dengan vitamin, benar atau mitos semata, ya?"


Halodoc, Jakarta - Kamu mungkin pernah mengalami momen saat rambut menjadi sangat mudah rontok. Dengan sekali sisir saja, kamu bisa menyaksikan rambut yang rontok lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini memang tidak berbahaya, tapi kamu pasti khawatir jika rambut rontok ini sebabkan kebotakan yang pastinya akan merusak penampilan. 

Namun, tahukah kamu bahwa salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat? Ketika berbicara tentang menjaga kesehatan rambut, itu berarti kamu harus memastikan untuk makan cukup protein, zat besi, asam lemak omega-3, dan vitamin B. Namun, jika kamu merasa makanan yang kamu konsumsi tidak memiliki berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tersebut, suplemen bisa menjadi solusi. Dokter juga mungkin akan membantu memilih suplemen yang tepat agar rambut kembali sehat.

Baca juga: Ini Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Vitamin untuk Rambut Rontok

Selain beberapa nutrisi yang tadi disebutkan, ada beberapa nutrisi kunci yang akan membantumu terbebas dari masalah rambut rontok, misalnya:

Biotin

Biotin, kadang disebut vitamin H, adalah vitamin B7 yang memperkuat struktur protein di kulit, rambut, dan kuku. Namun, sebagian orang telah mengenalnya sebagai suplemen yang mampu menumbuhkan rambut lebih cepat. Biotin memang bisa membantu rambut tumbuh lebih cepat dan lebih kuat. Jika kadarnya rendah, maka kamu tak hanya akan alami rambut rontok, tetapi juga ruam kulit dan kuku yang rapuh. Kecukupan biotin akan menurun saat kamu mengalami beberapa hal, seperti: 

  • Sedang hamil atau menyusui.
  • Minum obat antibiotik atau alami epilepsi tertentu.

Kebanyakan orang mendapatkan cukup biotin dari makanan, dan beberapa makanan yang kaya akan biotin adalah kuning telur, biji-bijian utuh, dan daging.

Vitamin A dan C, Seng, dan Selenium

Meskipun Vitamin A dan C membantu kulit kepala menghasilkan sebum dalam jumlah yang sehat, ia juga akan menjaga rambut tetap sehat, bergizi, dan berkilau. Keduanya juga memiliki manfaat tersendiri. Jika vitamin A membantu mengurangi kerusakan, maka Vitamin C akan meningkatkan penyerapan zat besi dan produksi kolagen, yang keduanya membantu dalam pembentukan rambut yang kuat.

Selain itu, mineral seperti seng dan selenium juga bisa sangat bermanfaat. Seng meningkatkan produksi minyak (dengan cara yang baik, menghasilkan sebum dalam jumlah yang diperlukan), dan merupakan salah satu cara terbaik untuk memperlambat kerontokan rambut. Selenium mencegah dan memerangi ketombe serta kulit kepala yang kering dan gatal, yang dapat menghalangi jalur rambut untuk tumbuh. Kamu bisa temukan suplemen vitamin yang mengandung beberapa nutrisi in untuk mendapatkan rambut yang bebas rontok. 

Baca juga: Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Vitamin D

Kadar vitamin D yang rendah terkait dengan alopecia, istilah teknis untuk rambut rontok. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu membuat folikel baru, pori-pori kecil di kulit kepala tempat rambut baru dapat tumbuh. Vitamin D dianggap berperan dalam produksi rambut, tetapi sebagian besar penelitian berfokus pada reseptor vitamin D. Peran sebenarnya dari vitamin D dalam pertumbuhan rambut masih belum diketahui.

Karena itu, kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup vitamin D dan mungkin masih ada baiknya untuk meningkatkan asupan harian. Tubuh akan memproduksi vitamin D melalui kontak langsung dengan sinar matahari. Sumber makanan yang baik untuk vitamin D termasuk ikan berlemak, minyak ikan cod, dan beberapa jenis jamur. 

Besi

Sel darah merah membutuhkan zat besi untuk membawa oksigen. Kadar yang rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Gejala berupa kelelahan, kulit pucat, dan rambut rontok. Kamu berisiko mengalami zat besi rendah jika:

Beberapa makanan yang kaya zat besi secara alami adalah daging merah, sayuran hijau, dan kacang polong.

Baca juga: Inilah Prosedur Medis untuk Atasi Kebotakan

Haruskah Konsumsi Suplemen Vitamin untuk Atasi Rambut Rontok?

Pada dasarnya, makanan adalah sumber vitamin terbaik yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Namun, jika kamu gagal mendapatkan cukup makanan, suplemen dapat membantu. Menurut penelitian, suplemen bekerja paling baik pada individu yang sudah kekurangan nutrisi. Selain itu, vitamin dan mineral dalam dosis besar dapat berbahaya jika kamu tidak kekurangannya. 

Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter di Halodoc untuk menentukan apakah kamu perlu konsumsi suplemen vitamin rambut atau tidak. Dokter di Halodoc akan memberikan saran yang tepat dan sehat supaya kerontokan rambut berkurang sehingga kamu tak perlu cemas lagi akan mengalami kebotakan. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
GQ. Diakses pada 2021. Does Taking Hair Growth Supplements for Hair Loss Actually Work?
Healthline. Diakses pada 2021. The 5 Best Vitamins for Hair Growth (+3 Other Nutrients).
WebMD. Diakses pada 2021. The 5 Best Vitamins for Hair Loss Prevention.