• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Daun Kelor Bisa Bantu Atasi Asam Lambung?

Benarkah Daun Kelor Bisa Bantu Atasi Asam Lambung?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Daun Kelor Bisa Bantu Atasi Asam Lambung?

“Daun kelor adalah salah satu tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan asam lambung. Beberapa kandungan dari tumbuhan ini sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.”

Halodoc, Jakarta – Ada istilah yang mengatakan “dunia tak selebar daun kelor”, tetapi tidak semua orang tahu manfaat tanaman tersebut untuk kesehatan. Daun yang berukuran kecil ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dari menjaga tekanan darah tetap normal hingga mencegah kanker. Manfaat lainnya yang perlu diketahui adalah daun ini bermanfaat untuk mengatasi asam lambung. Ketahui selengkapnya di sini!

Manfaat Daun Kelor untuk Atasi Masalah Asam Lambung

Asam lambung adalah masalah yang rentan kambuh pada beberapa orang akibat kebiasaan mengonsumsi makanan yang pedas atau asam. Salah satu masalah yang dapat terjadi adalah maag atau tukak lambung. Gangguan ini terjadi akibat ketidakseimbangan antara cairan asam di lambung dan usus kecil yang ada di pencernaan.

Baca juga: Obat Alami untuk Atasi Gejala Asam Lambung

Saat mengidap masalah asam lambung, kamu mungkin merasakan sensasi terbakar dan nyeri di dada dan perut, bersendawa atau refluks asam, kembung, hingga mual atau muntah. Sebelum gejala yang timbul semakin parah dan mengganggu aktivitas, penting untuk segera melakukan pengobatan. Dipercaya jika salah satu cara yang ampuh adalah dengan mengonsumsi daun kelor. Apakah benar?

Faktanya, memang daun kelor umum digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan saluran pencernaan, termasuk juga masalah asam lambung. Tanaman ini kaya akan kandungan tanin dan flavonoid, yaitu antioksidan nabati yang ampuh untuk menyembuhkan peradangan, iritasi, serta mengatasi masalah yang berhubungan dengan maag. Bahkan, daun ini juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa cara daun kelor bekerja untuk mengatasi gangguan asam lambung:

1. Melawan Bakteri H.Pylori

Sebuah penelitian menyatakan jika daun kelor efektif untuk meredakan gejala dan meningkatkan prognosis pada seseorang yang mengidap gangguan asam lambung. Kandungan dari daun ini dapat bekerja untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh penumpukan Helicobacter pylori dan meningkatkan resistensi tubuh. Selain itu, daun kelor juga terbukti mampu menghilangkan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Apa Saja Ciri Ciri Asam Lambung Naik?

2. Kaya Antioksidan dan Antiinflamasi

Daun kelor mengandung beberapa zat antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan asam askorbat. Semua zat antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam sel, termasuk juga penyebab masalah asam lambung. Selain itu, tumbuhan ini dapat menekan enzim inflamasi, sehingga dapat mengurangi risiko refluks asam.

3. Menurunkan Obesitas

Daun kelor juga dapat menurunkan kadar glukosa, gula darah, kolesterol, sehingga mengurangi tingkat obesitas yang dapat menjadi penyebab naiknya asam lambung.

Baca juga: 9 Cara Ampuh Cegah Asam Lambung Naik

4. Membunuh Cacing Usus

Konsumsi daun kelor secara teratur dapat membunuh semua cacing usus yang merugikan. Dengan begitu, risiko untuk mengalami gangguan pada pencernaan, terutama masalah asam lambung dapat dikurangi.

Lalu, bagaimana cara mengolah daun kelor agar dapat dikonsumsi?

Daun kelor dapat diolah dengan beberapa cara. Kamu bisa meminumnya langsung setelah mengalami asam lambung secara rutin setiap pagi hari. Pilihannya adalah mengunyah daun tersebut secara langsung atau dihancurkan menjadi bubuk dan diminum dengan campuran segelas air hangat. Jika tidak ingin repot, beli saja suplemen yang mengandung zat-zat dari tumbuhan ini. Meski begitu, ada baiknya untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu.

Kamu dapat membeli obat suplemen dengan kandungan daun kelor pada beberapa apotek yang telah bekerja sama dengan Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam pembelian obat bisa didapatkan hanya dengan penggunaan smartphone. Unduh sekarang juga!

Referensi:
Sepalika. Diakses pada 2021. Moringa: The Wonder Remedy for Acid Reflux.
Bowl of Herbs. Diakses pada 2021. Cure stomach ulcer with moringa leaves – DIY.