• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Diet Pisang Bisa Turunkan Berat Badan?

Benarkah Diet Pisang Bisa Turunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Diet Pisang Bisa Turunkan Berat Badan?

Diet pisang tidak memiliki rencana makan atau jumlah kalori yang ketat untuk dapat menurunkan berat badan. Namun, agar berat badan bisa berkurang, kamu perlu mengonsumsi lebih sedikit kalori dibanding jumlah kalori yang kamu gunakan sepanjang hari.” 

Halodoc, Jakarta – Diet pisang atau yang dikenal juga sebagai Asa-Banana Diet menjadi salah satu metode diet yang sangat populer di Jepang. Metode diet ini mengandalkan buah pisang yang kaya akan nutrisi untuk membantu menurunkan berat badan secara cepat.

Diet pisang mendorong kamu untuk makan buah, menyadari tingkat rasa lapar dan kenyang kamu, serta makan malam sebelum jam 8 malam. Tidak ada rencana makan atau jumlah kalori yang ketat. Kamu bisa makan apa saja untuk makan siang dan makan malam, tetapi kamu dianjurkan untuk makan pisang untuk sarapan. Lantas, benarkah diet pisang bisa menurunkan berat badan?

Efektivitas Diet Pisang Dalam Menurunkan Berat Badan

Tidak diragukan lagi bahwa pisang adalah buah bernutrisi yang bisa menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi saat kamu sedang diet. Buah yang punya rasa manis ini kaya akan serat dan rendah kalori yang penting untuk menurunkan berat badan. 

Namun, agar berhasil menurunkan berat badan dengan diet pisang, kamu harus makan lebih sedikit kalori daripada yang kamu gunakan sepanjang hari. Bila kamu makan terlalu banyak atau memilih makanan berkalori tinggi, berat badan kamu malah akan naik daripada turun. 

Baca juga: Inilah Buah-Buahan yang Cocok untuk Diet

Tips Melakukan Diet Pisang

Berikut ini cara melakukan diet pisang:

  • Sarapan

Untuk sarapan, kamu hanya boleh makan 1–4 buah pisang dan air hangat atau air bersuhu kamar. Namun, kamu harus berhenti makan bila sudah merasa 80 persen kenyang.

sarapan

Baca juga: Benarkah Konsumsi Pisang saat Sarapan Memberi Dampak Buruk?

  • Makan Siang dan Malam

Kamu boleh makan apa saja yang kamu suka untuk makan siang dan makan malam, kecuali produk susu, alkohol, dan desserts. Kamu juga dianjurkan untuk makan malam sebelum jam 8 malam.

makan siang dan malam
  • Camilan

Camilan di antara waktu sarapan dan makan siang tidak dianjurkan dalam diet pisang. Bila kamu merasa sangat lapar di antara waktu makan tersebut, kamu bisa makan sepotong buah segar. Kamu diperbolehkan makan sedikit camilan manis antara waktu makan siang dan makan malam.

cemilan
  • Olahraga

Kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga kardio sekitar 30–60 menit setiap hari.

olahraga

Baca juga: Olahraga Efektif untuk Diet Sehat, Ini Penjelasannya

Bila kamu mengalami masalah kesehatan tertentu selama atau setelah diet, segera periksakan diri ke dokter dengan buat janji di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
LiveStrong. Diakses pada 2021. Banana Diet Meal Plan.
WebMD. Diakses pada 2021. The Morning Banana Diet