• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Diet Sup Kubis Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat?

Benarkah Diet Sup Kubis Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Diet Sup Kubis Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat?

Diet sup kubis mengharuskan pengikutnya untuk mengonsumsi sup kubis dalam jumlah banyak selama satu minggu, dengan tambahan makanan berkalori rendah lainnya dalam jumlah terbatas. Diet ini bisa menurunkan berat badan secara cepat, karena secara drastis membatasi kalori. Namun, diet sup kubis tidak bisa membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang.”

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar tentang diet sup kubis? Seperti namanya, metode diet ini melibatkan makan sup kubis dalam jumlah yang banyak.

Menurut orang yang mendukung metode diet ini, diet kubis bisa membantu menurunkan berat badan hingga 4,5 kilogram atau lebih dalam satu minggu. Beberapa orang menggunakan diet ini untuk memulai rencana penurunan berat badan mereka atau untuk memangkas beberapa kilogram untuk acara spesial.

Meskipun diet kubis bisa menurunkan berat badan secara cepat, banyak ahli kesehatan memperingatkan bahwa metode diet ini tidak sehat dan hasilnya tidak berkelanjutan. Berikut ulasan mengenai diet kubis selengkapnya.

Baca juga: Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan-2

Memahami Pola Makan dalam Diet Kubis

Diet sup kubis umumnya dianggap sebagai fad diet. Menurut The Association of UK Dietitians, fad diet adalah metode diet di mana kamu membatasi makanan kamu dengan sangat ketat, dengan sedikit jenis makanan atau kombinasi makanan yang tidak biasa untuk waktu yang singkat dan seringkali bisa menurunkan berat badan dengan sangat cepat.

Pada diet sup kubis, kamu diharuskan untuk makan sup kubis dalam jumlah besar selama tujuh hari. Selama waktu itu, kamu juga diperbolehkan untuk makan 1–2 makanan rendah kalori lainnya setiap hari selain sup, seperti buah dan sayuran tertentu, daging sapi, ayam, dan nasi merah. Namun, penting untuk tidak membuat substitusi lain dan kamu hanya boleh minum air putih atau minuman bebas kalori lainnya, seperti teh tanpa tambahan gula.

Berikut ini aturan makan setiap hari untuk diet kubis:

  • Hari 1: konsumsi sup kubis dan beraneka macam buah tanpa batas, kecuali pisang.
  • Hari 2: Hanya mengonsumsi sup dan sayuran. Pilihlah sayuran berdaun hijau yang mentah atau dimasak. Hindari kacang polong, jagung, dan kacang-kacangan. Kamu juga boleh mengonsumsi satu kentang panggang dengan mentega atau minyak.
  • Hari 3: Buah dan sayuran sebanyak yang kamu bisa makan, selain sup. Namun, tidak ada kentang panggang dan tidak ada pisang.
  • Hari 4: Pisang, susu skim, dan sup kubis tanpa batas.
  • Hari 5: kamu diperbolehkan mengonsumsi 280–567 gram daging sapi, yang juga bisa diganti dengan ayam atau ikan. Kamu juga boleh mengonsumsi enam buah tomat segar. Minumlah setidaknya 6–8 gelas air.
  • Hari 6: Sup, daging sapi dan sayuran. Kamu bisa mengganti daging sapi dengan ikan panggang. Untuk sayuran, pilihlah sayuran hijau. Tidak ada kentang panggang.
  • Hari 7: Kamu boleh makan sayur, nasi merah dan jus buah tanpa batas, tetapi tanpa gula tambahan.

Selama menjalani diet sup kubis, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin harian karena diet ini rendah nutrisi tertentu. Ingat, diet sup kubis tidak boleh dilakukan selama lebih dari tujuh hari. Kamu bisa mengulangi diet ini dengan memberi jeda setidaknya selama dua minggu.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Diet Sup Kol

Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat, tetapi Memiliki Banyak Kelemahan

Diet sup kubis memang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Hal itu karena diet ini secara drastis membatasi kalori, sehingga berat badan kamu akan berkurang. Namun, bukan hanya lemak yang kamu hilangkan. Berat badan kamu yang turun kemungkinan juga merupakan kombinasi air dan lemak, bahkan mungkin termasuk otot yang hilang.

Oleh karena diet sup kubis rendah karbohidrat kompleks, protein, vitamin, dan mineral, kamu tidak dianjurkan untuk menjalani diet ini lebih dari satu minggu. Selain itu, metode diet ini juga punya kelemahan lain. Tergantung pada resep sup kubis yang kamu buat, diet ini bisa tinggi sodium. Mengonsumsi kubis dalam jumlah besar juga bisa membuat kamu lebih rentan mengalami perut kembung.

Diet sup kubis juga tidak bisa memberikan nutrisi yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Akibatnya, kamu mungkin akan merasa lemas atau lelah saat melakukan diet. Itulah mengapa diet ini sulit untuk dipertahankan, dan begitu kamu menghentikan diet, sangat mudah untuk kembali ke berat badan semula.

Meskipun fad diet seperti diet sup kubis ini terdengar menarik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, tetapi perlu diingat bahwa penurunan berat badan jangka panjang hanya bisa terjadi melalui perubahan pola makan yang sehat dan konsisten, serta olahraga kamu.

Baca juga: Benarkah Diet Pisang Bisa Turunkan Berat Badan?

Itulah penjelasan mengenai diet sup kubis. Bila kamu mengalami masalah kesehatan akibat menjalani diet tertentu, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The Cabbage Soup Diet: Does It Work for Weight Loss?.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. What is the cabbage soup diet? Can it help me lose weight?
BDA The Association of UK Dietitians. Diakses pada 2021. Fad diets: Food Fact Sheet