• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Picu Gangguan Mental?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Picu Gangguan Mental?

Benarkah Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Picu Gangguan Mental?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 Oktober 2022

“Gaya hidup yang dimiliki ternyata berkaitan dengan risiko gangguan mental. Jadi, penting untuk menjaga gaya hidup sehat.”

Benarkah Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Picu Gangguan Mental?Benarkah Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Picu Gangguan Mental?

Halodoc, Jakarta – Gangguan mental bisa disebabkan oleh banyak hal. Bahkan seringkali penyebab pastinya tidak diketahui. Namun, salah satu hal yang ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang adalah gaya hidup. 

Memiliki gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan. Tak hanya kesehatan fisik, tapi juga mental. Simak lebih lanjut dalam pembahasan berikut ini. 

Gaya Hidup Sehat dan Gangguan Mental

Kesehatan mental layak mendapatkan perawatan yang tepat, seperti halnya kesehatan fisik. Meskipun mungkin ada beberapa pengobatan yang dapat dipilih, mengetahui penyebab di balik gangguan mental sejak awal juga perlu dilakukan. 

Salah satu faktor kunci yang bisa memicu gangguan mental adalah memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Sebab, gaya hidup yang tidak sehat tidak hanya memberikan efek fisik tetapi juga mental.

Menurut studi pada 2017 di jurnal Organization and Health, kebiasaan merokok, aktivitas fisik rendah, dan minum alkohol berat dikaitkan dengan depresi persisten. 

Tips agar Mental Sehat

Berikut ini beberapa tips perubahan gaya hidup sehat yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko gangguan mental:

1. Tidur yang Cukup, Minimal 7 Jam Setiap Hari

Kurang tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental serta kualitas hidup secara keseluruhan. Tidur nyenyak tidak hanya meredakan stres, tetapi juga membuat kamu lebih waspada.

Tidur yang cukup dapat membantu otak untuk memproses dan menyimpan informasi jangka panjang, dan memperkuat ingatan.

2. Lakukan Diet Sehat 

Usus yang sehat mengarah ke pikiran yang sehat, meningkatkan kesehatan mental, dan mencegah gangguan mental. Memiliki pola makan seimbang dan bergizi adalah pertahanan alami terhadap stres. 

Mulailah hari dengan sarapan bergizi dan cobalah untuk menjaga pola makan seimbang sepanjang hari. Sertakan makanan seperti sereal gandum utuh, sayuran, dan buah.

3. Olahraga Rutin, 150 Menit Per Minggu

Aktivitas fisik tidak hanya akan membuat kamu kuat secara fisik, tetapi juga membuat kamu tetap waspada secara mental dan mengurangi stres. Saat berolahraga, kamu bisa berpikir lebih baik, membuat kamu lebih efisien dan produktif. 

Cobalah melakukan yoga, mendaftar zumba, atau sekadar berjalan-jalan santai di taman karena kegiatan tersebut dapat menjaga pikiran dan tubuh tetap sehat. Lebih baik melakukan olahraga ringan lebih teratur daripada melakukan olahraga berat secara ad hoc.

4. Berinteraksi dan Bersosialisasi

Berbicara dan berinteraksi dengan orang lain dapat merangsang otak. Ini memungkinkan otak bekerja dan berpikir lebih cepat. 

5. Pelajari Cara Mengurangi Stres

Stres tidak dapat dihindari tetapi kamu dapat belajar bagaimana mengelolanya dengan lebih baik. Menetapkan tujuan dan memeriksanya ketika telah menyelesaikannya dapat membantu menangani tugas berskala besar selangkah demi selangkah. 

Bersikap positif adalah kuncinya. Cobalah untuk membiasakan diri melihat masalah sebagai peluang. Hal ini dapat membantu mengurangi dan mengelola stres.

6. Hindari Alkohol, Narkoba dan Rokok

Jika kamu sedang mengalami masalah emosional, alkohol, rokok atau obat-obatan bukanlah solusinya. Mereka hanya memberikan penghilang stres sementara. Idealnya, kamu dapat mencari bantuan dan kenyamanan dari keluarga atau teman, atau pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional.

Itulah pembahasan mengenai kaitan gaya hidup dan gangguan mental, serta tips agar mental lebih sehat. Jika memiliki masalah kesehatan mental, segera download Halodoc untuk bicara pada psikolog atau psikiater, ya.

Referensi:
Organization and Health. Diakses pada 2022. The Role Of Unhealthy Lifestyles In The Incidence And Persistence Of Depression: a Longitudinal General Population Study In Four Emerging Countries.
Psychreg. Diakses pada 2022. How Your Lifestyle Affects Your Mental Health.
NHS UK. Diakses pada 2022. Top Tips To Improve Your Mental Wellbeing.
Health Hub. Diakses pada 2022. 10 Essential Tips for Mental Well-Being.