• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Genjer Ampuh untuk Menjaga Tekanan Darah?

Benarkah Genjer Ampuh untuk Menjaga Tekanan Darah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Benarkah Genjer Ampuh untuk Menjaga Tekanan Darah?

“Sayuran genjer kaya akan berbagai kandungan nutrisi penting bagi tubuh. Salah satu nutrisi tersebut adalah kalium atau potasium. Perlu diketahui bahwa mineral tersebut memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah.” 

Halodoc, Jakarta – Genjer merupakan sayuran hijau yang umumnya hidup di rawa atau sawah. Sayuran yang satu ini terkadang dijadikan sebagai salah satu menu santapan lezat, oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, perlu diketahui bahwa genjer kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Sebagian orang percaya bahwa salah satu manfaat genjer adalah mampu untuk menjaga tekanan darah. Namun, apakah manfaat tersebut benar-benar dapat diperoleh dari mengonsumsi genjer?  Yuk simak faktanya di sini!

Baca juga: Sahur Sehat, Coba Konsumsi 5 Sayur Ini

Ketahui Kandungan Nutrisinya

Sebelum membahas tentang pertanyaan apakah genjer mampu menjaga tekanan darah, ada baiknya untuk mengetahui apa saja nutrisi yang terkandung pada genjer. Dilansir dari Balai pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta (BPTP) tanaman genjer kaya akan kandungan energi, protein, lemak, karbohidrat, serat dan mineral. Perlu diketahui bahwa dalam setiap 100 gram genjer, mengandung:

  • Energi 39 kkal.
  • Protein 1,7 gram.
  • Lemak 0,2 gram.
  • Karbohidrat 7,7 gram.
  • Serat 0,95 gram.
  • Vitamin C 54 miligram.
  • Kalsium 62 miligram.
  • Fosfor 33 miligram.
  • zat besi 17,97 miligram.
  • Kalium 300,46 miligram.
  • Natrium 3,13 miligram.
  • Magnesium 2,81 miligram.
  • Tembaga 0,613 miligram.

Selain itu, daun dan bunga genjer juga mengandung beberapa senyawa penting. Misalnya seperti senyawa beta karoten, kardenolin, flavonoid dan polifenol yang cukup tinggi.

Benarkah Genjer Ampuh Menjaga Tekanan Darah?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, sayuran genjer kaya akan berbagai kandungan nutrisi penting bagi tubuh. Salah satu nutrisi tersebut adalah kalium atau potasium. Perlu diketahui bahwa mineral tersebut memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah. 

Dilansir dari Medine Plus, kalium merupakan salah satu jenis mineral yang berfungsi untuk membantu kinerja saraf dan otot pada tubuh. Selain itu, kalium juga mampu menetralisir efek natrium yang berbahaya melalui urine, sehingga tekanan darah tetap seimbang. Manfaat ini juga sudah dipublikasikan dalam beberapa penelitian.

Sebagai kesimpulannya, salah satu manfaat genjer dapat menjaga tekanan darah benar adanya. Oleh sebab itu, mengonsumsi genjer sangatlah dianjurkan, terutama bagi mereka yang mengidap hipertensi. Perlu diketahui juga bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko yang dapat memicu penyakit jantung.

Baca juga: Ini Bahaya Banyak Konsumsi Makanan Pedas Bagi Tubuh

Manfaat Lain yang Dapat Diperoleh

Selain ampuh menjaga tekanan darah, kandungan nutrisi penting dalam genjer dapat memberikan berbagai manfaat lain bagi kesehatan, antara lain:

  1. Menangkal Radikal Bebas

Sayuran genjer juga mengandung zat beta karoten yang tergolong cukup tinggi. Kandungan tersebut juga berperan sebagai antioksidan. Nah, antioksidan sendiri diketahui sebagai senyawa yang dapat menetralkan molekul tidak stabil, yaitu radikal bebas. Oleh sebab itu, mengonsumsi genjer tentu dapat membantu mencegah stres oksidatif atau kerusakan sel pada tubuh.

  1. Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium yang terdapat pada sayuran genjer bermanfaat untuk membantu pembentukan dan memelihara kesehatan tulang agar tetap kuat. Kalsium juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis, serta mengatasi rasa ngilu pada persendian. Selain itu, genjer juga mengandung fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi.

Nah, fosfor adalah mineral yang juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Oleh sebab itu, mengonsumsi genjer cocok dikonsumsi bagi para ibu hamil dan menyusui, hingga anak balita guna mendorong pertumbuhannya.  

  1. Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Sayuran genjer juga memiliki kandungan vitamin C yang banyak manfaatnya bagi tubuh. Salah satunya adalah membantu memperbaiki jaringan atau sel tubuh yang rusak. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen, meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, serta meningkatkan penyerapan zat besi.

Baca juga: Benarkah Makanan Pedas Baik untuk Kecantikan Kulit?

Nah, itulah penjelasan terkait salah satu manfaat genjer yang ampuh dalam menjaga tekanan darah. Sayuran tersebut juga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya bagi kesehatan berkat kandungan nutrisinya. Oleh sebab itu, mengonsumsi genjer tentu dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Selain dari konsumsi makanan sehat seperti genjer, memenuhi asupan nutrisi pada tubuh juga dapat diperoleh melalui konsumsi vitamin atau suplemen. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membeli vitamin atau suplemen sesuai dengan kebutuhanmu. 

Tentunya tanpa harus keluar rumah dan mengantri berlama-lama di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

BPTP Jakarta. Diakses pada 2021. Manfaat Tanaman Genjer Bagi Kesehatan
Medine Plus. Diakses pada 2021. Potassium
American Heart Association. Diakses pada 2021. How Potassium Can Help Control High Blood Pressure
Science Alert Journal. Diakses pada 2021. Analytic Chemical Composition and Mineral Content of Yellow Velvetleaf (Limnocharis flava L. Buchenau)’s Edible Parts
PFAF. Diakses pada 2021. Limnocharis flava – (L.) Buchenau
Jurnal Agro. Diakses pada 2021. Eksplorasi dan Karakterisasi Tanaman Genjer (Limnocharis flava (L.) Buch) di Kabupaten Pangandaran Berdasarkan Karakter Morfologi dan Agronomi