• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Gua Sha Mampu Mencegah Rambut Rontok? Ini Faktanya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Gua Sha Mampu Mencegah Rambut Rontok? Ini Faktanya

Benarkah Gua Sha Mampu Mencegah Rambut Rontok? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 September 2022

“Kesehatan rambut diyakini berhubungan langsung dengan kesehatan darah. Jika masalah aliran darah di kulit kepala bisa diatasi dengan perawatan gua sha, maka masalah rambut rontok pun bisa berkurang.”

Benarkah Gua Sha Mampu Mencegah Rambut Rontok? Ini FaktanyaBenarkah Gua Sha Mampu Mencegah Rambut Rontok? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Gua sha merupakan teknik Tiongkok kuno yang secara tradisional digunakan pada wajah, leher, dan kulit kepala untuk memijat kulit. Dengan pijatan menggunakan alat gua sha (sejenis batu giok), sirkulasi darah dan drainase limfatik meningkat. 

Sebagian besar orang mungkin lebih familiar pada perawatan gua sha di kulit wajah, yang bermanfaat untuk menyamarkan kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit wajah. Namun saat ini gua sha juga digunakan pada kulit kepala. Perawatan rambut ini bermanfaat untuk mencegah rambut rontok, mencegah ketombe, dan merangsang pertumbuhan rambut. Benarkah demikian?

Manfaat Gua Sha pada Rambut dan Kulit Kepala

Salah satu manfaat utama gua sha bagi tubuh dalam pengobatan Cina adalah meningkatkan aliran darah. Sementara itu kesehatan rambut diyakini berhubungan langsung dengan kesehatan darah. 

Apabila kesehatan darah di kulit kepala terganggu, maka dapat menyebabkan masalah rambut rontok dan pertumbuhan rambut yang lambat. Nah, jika masalah aliran darah di kulit kepala bisa diatasi dengan perawatan gua sha, maka masalah rambut rontok pun bisa berkurang.

Perlu diketahui, kesehatan darah juga sangat ditentukan oleh kadar oksigen dan pH darah. Dengan penggunaan gua sha maka dapat memberikan efek peningkatan signifikan dalam sirkulasi di jaringan lunak dan ikat di bawah kulit kepala. 

Sebuah studi pada tikus ditemukan bahwa terjadi peningkatan ekspresi gen heme oksigenase-1 (HO-1) sebagai respons terhadap perawatan gua sha. HO-1 diketahui dapat melawan peradangan, nyeri dan stres oksidatif. 

Meskipun masih diperlukan banyak penelitian pada manusia untuk mendukung klaim tentang manfaat gua sehat untuk rambut dan kulit kepala, tapi gua sha terbukti bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Salah satunya juga berdampak baik pada kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Cara Menggunakan Gua Sha untuk Kulit Kepala

Kamu perlu hati-hati sebelum mencoba melakukan perawatan gua sha di kulit kepala. Sebab jika dilakukan secara agresif atau kasar, maka bisa terjadi tekanan berlebihan pada kulit kepala. Tekanan yang berlebihan justru dapat menghambat sirkulasi darah dan berisiko merusak folikel rambut. 

Untuk melakukan perawatan gua sha di kulit kepala di rumah, kamu bisa menggunakan alat gua sha wajah. Jika memiliki rambut tebal atau panjang, maka kamu dapat memanfaatkan sisir gua sha untuk menjangkau kulit kepala dengan lebih baik. 

Berikut ini langkah-langkah perawatan gua sha di kulit kepala:

  • Gunakan alat gua sha yang memiliki sisi ujung yang halus dan olesi dengan minyak rambut. 
  • Jika kamu memiliki akses ke peta meridian kulit kepala, gunakan itu supaya tahu dimana kamu harus melakukan pijatan.
  • Mulailah dari garis tengah kepala, gunakan gerakan satu arah untuk mulai memijat garis selanjutnya di sisi kepala.
  • Pindahkan gerakan ke samping garis tengah, tepatnya ke arah telinga, sampai kamu menyelesaikan satu sisi kepala. Kemudian lakukan cara yang sama ke sisi kepala yang berlawanan.

Kamu bisa melakukan perawatan gua sha di kulit kepala seminggu sekali, bahkan setiap hari. Namun, itu juga tergantung apakah kamu menyertakan produk perawatan rambut atau tidak, dan seberapa sering kamu ingin mencuci rambut. 

Tanpa produk perawatan rambut (misalnya minyak rambut), gua sha di kulit kepala dapat dilakukan setiap hari. Sebab menyertakan produk perawatan rambut terkadang dapat membebani area akar rambut, yang membuat rambut terasa berminyak sebelum waktunya. Hal tersebut tentu akan mengurangi efektivitas manfaatnya. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat perawatan gua sha di kulit kepala. Jika kamu memerlukan produk perawatan kulit kepala dan rambut, kamu bisa cek kebutuhan medis di toko kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2022. How to Use Gua Sha for Scalp and Hair
Hair. Diakses pada 2022. THIS FAVORITE SKINCARE TECHNIQUE IS A MUST-TRY FOR SCALP HEALTH
InStyle. Diakses pada 2022. Turns Out, Using a Gua Sha on Your Scalp Can Promote Healthy Hair Growth