• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Hepatitis Misterius Dapat Menular Lewat Makanan?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Hepatitis Misterius Dapat Menular Lewat Makanan?

Benarkah Hepatitis Misterius Dapat Menular Lewat Makanan?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 Juni 2022

“Kasus hepatitis misterius hingga kini masih menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Terlebih, hepatitis misterius diduga bisa menular melalui makanan yang telah terkontaminasi virus.”

Benarkah Hepatitis Misterius Dapat Menular Lewat Makanan?Benarkah Hepatitis Misterius Dapat Menular Lewat Makanan?

Halodoc, Jakarta –  Hepatitis akut misterius masih menjadi perbincangan hangat hingga kini lantaran kasusnya masih terus mengalami peningkatan di berbagai negara. Per 31 Mei 2022, total jumlah kasus hepatitis misterius di Indonesia terkonfirmasi sebanyak 20 pasien. Hingga saat ini pemerintah masih terus menginvestigasi dan memeriksa dugaan penyebab hepatitis misterius ini.

Belum diketahuinya penyebab kasus hepatitis misterius ini membuat khalayak terus merasa khawatir, terutama cara penularannya. Meski begitu, para ahli menyarankan untuk menjaga kebersihan diri dan makanan guna terhindar dari kondisi ini karena beberapa jenis hepatitis dapat menular melalui makanan yang telah terkontaminasi. 

Hepatitis Misterius Diduga Menular Lewat Makanan

Ada banyak faktor yang mampu meningkatkan risiko penyakit hepatitis. Mulai dari konsumsi alkohol, obat tertentu, mengidap obesitas, sampai infeksi bakteri. Sebagian hepatitis seperti A dan E mampu ditularkan melalui makanan. Salah satu sumber penularan jenis hepatitis ini adalah makanan yang tercemar dan tertelan. 

Melansir dari CNNIndonesia.com, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan kalau virus hepatitis akut misterius ini mampu menular melalui asupan makanan yang masuk melalui mulut, Senin (9/5). Kesimpulannya, penyebabnya masih menjadi tanda tanya besar dan belum diketahui jenis bakteri yang bisa menularkannya. Kendati demikian, kasus hepatitis umumnya bisa dihindari dengan menjaga kebersihan seperti cuci tangan dengan air dan sabun.

Waspadai Gejala Hepatitis Misterius

Mengenali gejala hepatitis misterius juga penting kamu lakukan agar bisa mendapatkan penanganan sesegera mungkin. Sejauh data yang didapatkan, hepatitis misterius dapat menyebabkan penyakit ringan seperti flu hingga gagal hati yang fatal. Dalam beberapa kasus, bahkan tidak ada gejala yang ditemukan. Tingkat keparahan gejala dan kecepatan pemulihan pun sangat bervariasi, tergantung pada virus dan respons tubuh pengidap terhadap infeksi. Berikut ini beberapa gejala yang perlu diwaspadai:

  • Penyakit kuning, termasuk pada kulit, bagian putih mata, dan membran mukosa.
  • Diare akut, yang memicu badan lemas.
  • Muntah-muntah, yang memicu dehidrasi.
  • Sakit perut berkelanjutan.
  • Penurunan nafsu makan, yang berujung pada menurunnya berat badan.
  • Malaise, yaitu rasa lelah, tidak nyaman, dan kurang enak badan tanpa diketahui penyebab yang mendasari.
  • Nyeri di bagian kanan atas perut di mana tempat hati berada.

Nafsu makan biasanya akan kembali seminggu setelah gejala dimulai. Pada perokok aktif, gejala khas yang bisa dikenali adalah ketidaksukaan terhadap rokok. Setelah 3 hingga 10 hari, urine menjadi gelap dan feses menjadi pucat. Kemudian, penyakit kuning akan berkembang menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan karena organ hati yang rusak tidak dapat mengeluarkan kelebihan bilirubin dari dalam darah.

Langkah Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Mengingat penyebabnya yang masih misterius dan risikonya yang fatal, kamu perlu melakukan langkah pencegahan hepatitis misterius berikut ini:

1. Rutin mencuci tangan

Pastikan mencuci tangan secara rutin, terutama setelah menggunakan toilet dan sebelum makan. Dengan begitu, kuman seperti virus penyebab hepatitis yang mungkin menempel pada tangan bisa dihilangkan.

2. Pastikan makanan yang dikonsumsi bersih dan matang

Virus hepatitis juga bisa menular dari makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh tinja orang yang terinfeksi. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan sembarangan yang tidak bisa dipastikan kebersihannya. Saat menyiapkan makanan, pastikan mencuci tangan dahulu dan masak makanan sampai benar-benar matang.

3. Tidak berbagi alat makan

Selain itu, hindari berbagi alat makan dengan orang lain sebagai bagian dari praktik kebersihan yang bisa membantu mencegah hepatitis misterius.

4. Hindari kontak dengan orang sakit

Untuk menghindari penularan hepatitis yang bisa terjadi melalui kontak langsung dengan cairan orang yang terinfeksi, usahakan untuk tidak berkontak dekat dengan orang yang sedang sakit.

Selain melakukan pencegahan di atas, kamu juga perlu konsumsi vitamin dan suplemen untuk jaga daya tahan tubuh. Segera cek kebutuhan vitamin dan suplemen di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu sakit, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2022.6. Multi-Country – Acute, severe hepatitis of unknown origin in children.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Children with Hepatitis of Unknown Cause.
Live Science. Diakses pada 2022. Mysterious hepatitis outbreak in children: What we know.