Benarkah Infeksi Gigi Bisa Memicu Sakit Jantung?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Benarkah Infeksi Gigi Bisa Memicu Sakit Jantung?

Halodoc, Jakarta – Memiliki gigi yang sehat dapat membantu kamu untuk meningkatkan rasa percaya diri. Tidak hanya itu, memiliki gigi yang sehat juga membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, seperti bau mulut, peradangan pada gusi, dan infeksi gigi.

Baca juga: Abaikan Kesehatan Gigi, Hati-Hati Kena Sakit Jantung

Nah, tahukah kamu bahwa infeksi atau peradangan yang terjadi pada gigi dan tidak segera diatasi dapat sebabkan sakit jantung? Ya, kesehatan gigi yang tidak dirawat dengan baik dapat memicu risiko sakit jantung. Untuk itu, biasakan untuk menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk sakit jantung.

Ini Alasan Infeksi Gigi Picu Sakit Jantung

Menjaga kesehatan mulut serta gigi dapat menambah senyum kamu semakin terlihat menawan. Namun, malas menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan gigi dan mulut, salah satunya infeksi gigi. Dilansir dari Journal of The American Heart Association, gangguan kesehatan pada mulut dan gigi dapat menyebabkan penyakit pada jantung.

Gigi yang berlubang dan tidak segera diatasi bisa sebabkan gangguan penyakit, salah satunya infeksi gigi. Hal ini disebabkan lubang pada gigi yang tidak diatasi dapat menjadi tempat berkembang biak untuk bakteri. Ada beberapa bakteri yang dapat sebabkan gigi berlubang, seperti Lactobacillus acidophilus, streptococcus, dan Odontomyces viscosus. Bakteri tersebut masuk melalui aliran darah menuju arteri jantung. Nah, bakteri yang berkembang biak pada arteri jantung dapat sebabkan penyakit aterosklerosis.

Sebaiknya kamu juga jangan sepelekan kondisi gusi berdarah. Selain dapat menyebabkan infeksi gusi, kondisi ini juga dapat mengakibatkan gangguan pada jantung, seperti endokarditis. Endokarditis adalah gangguan pada jantung ketika endokardium atau bagian dalam jantung mengalami infeksi. Hal ini dapat terjadi ketika bakteri penyebab infeksi pada gusi menyebar ke dalam lapisan jantung.

Tidak hanya penyakit jantung, dilansir dari Oral Health Foundation, kesehatan gigi yang terganggu menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti stroke, diabetes, gangguan paru-paru, dan kelahiran prematur pada ibu hamil.

Baca juga: Membiarkan Gigi Berlubang, Ini Dampaknya

Kebiasaan Baik untuk Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Sebaiknya jaga kebersihan mulut dan gigi untuk menghindari gangguan kesehatan gigi dan terhindar dari penyakit lainnya. Dilansir dari WebMD, ada beberapa kebiasaan yang harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, yaitu: 

1. Sikat Gigi Minimal 2 Kali Sehari

Selalu perhatikan kebersihan gigi dengan menyikat gigi minal sehari 2 kali. Sikat gigi setelah mengonsumsi makan dan sebelum tidur. Lakukan cara menyikat yang benar agar tidak menyebabkan luka pada gusi.

2. Gunakan Obat Kumur

Tidak ada salahnya untuk memastikan kebersihan gigi dan mulut dengan menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Dengan begitu, kamu mampu mengatasi bakteri yang terdapat dalam mulut dan gigi di tempat yang sulit dijangkau sikat gigi.

3. Bersihkan Lidah

Membersihkan lidah juga menjadi cara untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Lidah dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak jika kebersihannya tidak diperhatikan.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

Mengonsumsi makanan sehat dapat menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Dilansir dari Live Science, mengonsumsi buah dan sayuran, seperti apel dan wortel dapat membantu kamu mencegah plak pada gigi.

5. Rutin Lakukan Pemeriksaan pada Dokter Gigi

Jangan lewatkan untuk lakukan pemeriksaan oleh dokter gigi pada rumah sakit terdekat selama 6 bulan sekali. Kamu bisa langsung bertanya pada dokter gigi mengenai gangguan kesehatan pada gigi yang dialami agar tidak menimbulkan komplikasi hingga ke jantung.

Baca juga: 6 Kebiasaan Ini Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Tidak ada salahnya penuhi kebutuhan air selama satu hari untuk menghindari kondisi mulut kering. Kondisi mulut kering dapat sebabkan perkembangan bakteri dalam mulut semakin cepat dan menimbulkan gangguan kesehatan.

Referensi:
Live Science. Diakses pada 2020. 8 Foods for Healthy Teeth
Web MD. Diakses pada 2020. Your Guide to Gum Disease Symptoms and Heart Disease
Journal of The American Heart Association. Diakses pada 2020. Unraveling the Link Between Periodontitis and Cardiovascular Disease
Guardian. Diakses pada 2020. Can Bad Teeth Lead to a Bad Heart?