• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Instrumen Musik Klasik Baik untuk Konsentrasi?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Instrumen Musik Klasik Baik untuk Konsentrasi?

Benarkah Instrumen Musik Klasik Baik untuk Konsentrasi?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Januari 2023

“Musik klasik mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi. Selain itu, hindari mendengarkan musik dengan tempo yang terlalu cepat agar kemampuan konsentrasi kamu semakin baik.”

Benarkah Instrumen Musik Klasik Baik untuk Konsentrasi?Benarkah Instrumen Musik Klasik Baik untuk Konsentrasi?

Halodoc, Jakarta – Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Bahkan, mendengarkan musik juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi seseorang.

Ada berbagai jenis musik yang bisa kamu dengarkan. Mulai dari pop, dangdut, hingga klasik. Namun, benarkah instrumen musik klasik menjadi jenis yang paling baik untuk melatih kemampuan konsentrasi seseorang? Nah, berikut kaitan antara musik dan kemampuan konsentrasi.

Instrumen Musik Klasik dan Kemampuan Konsentrasi

Tidak semua orang tertarik untuk mendengarkan musik klasik. Namun, dengan mendengarkan musik jenis ini, kamu bisa merasakan suasana hati yang menjadi lebih nyaman dan tenang.

Selain itu, musik klasik juga mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi. Benarkah demikian? Hal ini sebenarnya terkait dengan dampak yang diberikan jenis musik ini pada suasana hati. 

Saat mendengarkan musik jenis ini, kamu akan memiliki suasana hati yang lebih baik. Ketika suasana hati tenang dan rileks, kondisi ini membuat kamu lebih mudah untuk fokus dan meningkatkan kemampuan konsentrasi. 

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan konsentrasi saat mendengarkan musik, seperti:

  • Hindari musik yang memiliki lirik. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan konsentrasi, pastikan kamu mendengarkan musik tanpa lirik. Beberapa lirik yang ada pada lagu, terkadang malah menghilangkan konsentrasi.
  • Pilihlah musik dengan tempo lambat. Kamu bisa memilih musik instrumental, seperti musik klasik. Namun, jika kamu tidak terlalu menyukai musik klasik, kamu bisa memilih genre musik lain, seperti jaz atau alunan musik yang bisa menciptakan suasana positif.
  • Hindari musik dengan tempo yang terlalu cepat. Musik dengan tempo cepat mampu mengganggu kemampuan otak dalam meningkatkan konsentrasi.
  • Gunakan volume yang tidak terlalu besar. Jangan terlalu besar saat mendengarkan musik instrumental. Kamu bisa mendengarkan musik dalam volume yang sedang hingga rendah.
  • Jangan pilih lagu yang kamu sangat sukai. Sebaiknya pilihlah beberapa lagu yang bisa kamu nikmati tapi bukan lagu favorit kamu. Mendengarkan lagu favorit malah membuat kamu sibuk bernyanyi atau menghafal lirik lagu tersebut.

Manfaat Lain Mendengarkan Musik

Apa pun jenis musik yang kamu sukai, pastikan kamu bisa merasakan berbagai manfaatnya. Berikut manfaat mendengarkan musik, yaitu:

1. Mengurangi stres

Mendengarkan musik mampu membantu kamu mengurangi stres dan meningkatkan pola pikir yang positif. Saat kamu mendengarkan musik hormon kortisol atau pemicu stres dapat berkurang sehingga membuat kamu menjadi lebih rileks.

2. Membantu mengeluarkan emosi

Ketika memiliki perasaan sedih, kamu akan lebih banyak mendengarkan musik dengan irama dan lirik yang sesuai dengan hati. Hal ini terjadi karena secara tidak langsung kamu ingin mengungkapkan perasaan, sehingga membantu dalam menyalurkan dan mengeluarkan emosi yang kamu rasakan.

3. Meningkatkan motivasi menjadi lebih baik

Saat kamu merasa pada situasi kehilangan motivasi, mendengarkan musik bisa menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan semangat dan motivasi. Untuk membuat manfaat ini lebih optimal, kamu bisa mendengarkan musik yang kamu sukai saat istirahat atau dalam waktu luang.

4. Membantu mengurangi gangguan tidur

Mendengarkan musik bisa membuat kamu menjadi lebih rileks. Saat kamu dalam pikiran yang tenang, kamu bisa menurunkan risiko gangguan tidur yang kerap terjadi.

Itulah beberapa manfaat musik yang bisa kamu rasakan pada kesehatan mental maupun fisik. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai gangguan penyakit.

Penuhi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat dan suplemen vitamin untuk mencegah penyakit. Kamu bisa cek kebutuhan medis yang diperlukan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:

The Guardian. Diakses pada 2023. Does Music Really Help You Concentrate?

Healthline. Diakses pada 2023. Music and Studying: It’s Complicated.

ASCAP. Diakses pada 2023. 7 Ways Music Can Help Reduce Stress and Anxiety.

The Music Universe. Diakses pada 2023. Benefits of Listening to Classical Music.