• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Introvert Sulit Berkomunikasi dengan Orang Lain?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Introvert Sulit Berkomunikasi dengan Orang Lain?

Benarkah Introvert Sulit Berkomunikasi dengan Orang Lain?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Mei 2022

“Orang-orang introvert terbiasa dengan memori jangka panjang yang tersimpan di luar kesadaran. Para introvert tidak terbiasa dengan memori kerja yang tidak butuh proses lama untuk mengaksesnya.”

Benarkah Introvert Sulit Berkomunikasi dengan Orang Lain?

Halodoc, Jakarta –  Introvert sering terlihat sebagai orang yang tidak suka berbicara dengan orang lain, terutama dengan orang asing. Beberapa orang bahkan dapat menganggap orang introvert tidak ramah. 

Padahal sebenarnya tidak demikian. Hanya saja, introvert sulit berkomunikasi dengan orang lain. Alasannya karena orang introvert perlu memproses informasi lebih lama sebelum akhirnya memberikan jawaban ataupun pernyataan.

Sulit Berkomunikasi, Lebih Nyaman dengan Memori Jangka Panjang

Menurut jurnal penelitian berjudul An asymmetrical relationship between verbal and visual thinking: Converging evidence from behavior and fMRI yang diterbitkan oleh Science Direct, disebutkan sebenarnya manusia pada umumnya lebih cenderung berpikir secara visual ketimbang kata-kata.

Proses yang terjadi di dalam otak adalah informasi masuk yang divisualkan melalui gambar di otak, kemudian untuk memberikan responsnya otak manusia perlu memproses kembali supaya output-nya menjadi kata-kata yang disampaikan ke lawan bicara. Ini membutuhkan fokus dan energi, serta menjadi proses yang tidak efisien. 

Orang-orang introvert terbiasa dengan memori jangka panjang yang tersimpan di luar kesadaran. Para introvert tidak terbiasa dengan memori kerja yang tidak butuh proses lama untuk mengaksesnya. Itulah sebabnya, untuk pidato atau urusan presentasi, butuh ekstra kerja keras bagi introvert untuk menyampaikan apa yang ingin dia sampaikan.

Sebenarnya semua sudah ada di dalam kepala. Namun, untuk menyampaikannya secara langsung butuh waktu dan bahasa tertata. Akan lebih mudah bila introvert menyampaikan pendapatnya lewat tulisan.

Belum lagi soal kegugupan dan kecemasan yang dirasakan ekstrovert pada umumnya namun lebih parah terjadi pada introvert. Rasa gugup ini juga menguras mental sehingga sulit untuk berpikir fokus dan mengingat informasi. Pada akhirnya, faktor-faktor inilah yang membuat introvert sulit berkomunikasi dengan orang lain.

Introvert Tidak Suka Berbicara

Memang tidak semua introvert pemalu dan pendiam. Namun pada umumnya, bila tidak mendesak atau dibutuhkan, introvert tidak suka berbicara. Mengapa introvert tidak suka berbicara?

1. Lebih Nyaman Menulis 

Karena perjuangan untuk mencerna dan menyampaikan kembali membuat para introvert lebih senang menuliskan pendapatnya. Berpikir terlalu keras atau memaksa mengatakan sesuatu hanya membuat introvert menyampaikan hal yang sebaliknya. 

2. Senang di Tempat Tenang

Para introvert membutuhkan ketenangan untuk mendengarkan dirinya sendiri berbicara dan melakukan perenungan. Kebisingan yang berlebihan dapat membuatnya frustasi. 

3. Mudah Lelah saat Berinteraksi

Bukan berarti introvert tidak senang bergaul. Introvert bisa berteman dan bersosialisasi, namun selepasnya, dia perlu waktu untuk mengembalikan energinya. Introvert mudah lelah dengan interaksi sosial, baik secara fisik maupun mental. 

Itulah penjelasan mengapa introvert sulit berkomunikasi dengan orang lain. Bukan berarti sama sekali tidak bisa. Bila dilatih secara pelan-pelan dan bertahap, introvert bisa menjadi pembicara ulung dan memenangkan perdebatan.

Kalau kamu punya masalah gangguan bicara atau kecemasan sosial dan ingin memeriksakan diri ke dokter, buat janji pemeriksaan saja di rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
Science Direct. Diakses pada 2022. An asymmetrical relationship between verbal and visual thinking: Converging evidence from behavior and fMRI.
Introvertdear.com. Diakses pada 2022. Why Is Writing Easier Than Speaking for Introverts? Here’s the Science