• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Jus Buah Jadi Pantangan Makanan untuk Pengidap Diabetes?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Jus Buah Jadi Pantangan Makanan untuk Pengidap Diabetes?

Benarkah Jus Buah Jadi Pantangan Makanan untuk Pengidap Diabetes?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 November 2022

“Jus mengandung karbohidrat tingkat tinggi dalam bentuk gula, yang dapat menyebabkan peningkatan cepat gula darah, terutama bagi pengidap diabetes. Oleh karena itu, jus masuk sebagai pantangan makanan untuk pengidap diabetes.”

Benarkah Jus Buah Jadi Pantangan Makanan untuk Pengidap Diabetes?Benarkah Jus Buah Jadi Pantangan Makanan untuk Pengidap Diabetes?

Halodoc, Jakarta –  Jus buah biasanya mengandung kadar gula yang tinggi dan dapat memengaruhi kadar gula dalam tubuh. Tapi, kamu perlu tahu bahwa jus tidak sepenuhnya menjadi pantangan makanan untuk pengidap diabetes. 

Beberapa jenis jus yang tinggi kalori dan gula, menyebabkan kadar gula darah melonjak dan dapat meningkatkan risiko hiperglikemia. Namun tidak semua jus akan meningkatkan risiko diabetes. Jus buah yang murni 100 persen tidak  memiliki efek signifikan pada kontrol glikemik. 

Jus Buah Jadi Pantangan Makanan untuk Pengidap Diabetes?

Pada dasarnya, apakah jus buah menjadi pantangan makanan pengidap diabetes, tidak sepenuhnya benar. Sebab ini akan tergantung pada jenis buah dan tambahan yang digunakan dalam jus tersebut.

Jumlah gula dalam jus akan bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran porsi. Jus cepat saji yang biasanya ditemukan di supermarket biasanya mengandung lebih banyak kalori dan gula. Pengidap diabetes bisa mengonsumsi jus buah, asal dalam jumlah yang moderat.  

Jus buah merupakan sumber nutrisi yang baik seperti vitamin C. Namun, lebih baik mendapatkan vitamin C dari makan buah utuh ketimbang jus. Buah utuh memiliki keunggulan memiliki serat larut.

Serat larut dapat membantu memperbaiki pencernaan dan memperlambat laju kenaikan gula darah.  Namun, pengidap diabetes juga perlu hati-hati dengan buah utuh. Sebab tidak semua buah utuh baik untuk pengidap diabetes. Buah utuh dengan kadar karbohidrat yang tinggi seperti apel, pisang, kurma, mangga, sebaiknya dibatasi. 

Jus mengandung karbohidrat tingkat tinggi dalam bentuk gula, yang dapat menyebabkan peningkatan cepat gula darah, terutama bagi pengidap diabetes. Sebagian besar serat dapat hilang dari proses pembuatan jus, sehingga gula dalam jus dapat dikonsumsi dan diserap lebih cepat. Inilah yang menyebabkan lonjakan gula darah lebih yang cepat ketika mengonsumsi jus ketimbang makan buah utuh.

Selain itu, makan buah utuh membutuhkan proses, mulai dari mengupas dan memotong, yang membuat kita secara tidak sadar membatasi asupan buah utuh dan kenyang lebih cepat. Situasi yang berbeda terjadi pada jus. Prosesnya cepat, sehingga jumlah yang masuk bisa lebih banyak. 

Selain meningkatkan kadar gula, proses pembuatan jus juga dapat mengurangi nutrisinya. Baik itu yang manual, diperas langsung, menggunakan mesin, maupun pengepresan (cold pressed juice).

Ada banyak yang menilai, kalau cold pressed juice adalah cara yang paling baik, karena tidak mengeluarkan panas, sehingga serat dan vitamin tidak rusak. Meski begitu, tetap saja, konsumsi buah utuh lebih disarankan dan menyehatkan terutama buat pengidap diabetes.

Buah yang Baik untuk Dimakan Pengidap Diabetes

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, buah memang sehat dan baik, tapi untuk pengidap diabetes, tidak sembarang boleh mengonsumsi buah. Lantas, jenis buah apa yang baik untuk pengidap diabetes?

1. Beri

Buah beri adalah buah yang direkomendasikan untuk pengidap diabetes karena kaya akan antioksidan dan serat. 

2. Ceri

Ceri mengandung antioksidan, yang dapat membantu melawan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

3. Persik

Buah persik baik untuk penyakit diabetes. Kalau kamu ingin menjusnya, bisa dicampurkan dengan air jahe.

4. Aprikot

Aprikot rendah kalori namun mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan.

5. Pir

Pir adalah sumber serat yang sangat baik dan enak dimasukkan sebagai menu pelengkap salad. 

6. Kiwi

Kiwi kaya akan vitamin C, potasium, dan mengandung sedikit karbohidrat dan kalori. 

Itulah informasi mengenai apakah jus buah jadi pantangan makanan untuk pengidap diabetes, serta buah yang direkomendasikan untuk pengidap diabetes. Kalau kamu punya masalah diabetes dan ingin memeriksakan diri ke rumah sakit, kamu bisa buat janji medis lewat aplikasi Halodoc.  Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Is Juicing Safe and Healthy If You Have Diabetes?
Diabetes.co.uk. Diakses pada 2022. What Fruit Juice Can People With Diabetes Drink?
Diabetes Care Community. Diakses pada 2022. Can I drink juice when I have diabetes?