• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Jus Buah Naga Dapat Membantu Mengatasi Anemia? Ini Faktanya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Jus Buah Naga Dapat Membantu Mengatasi Anemia? Ini Faktanya

Benarkah Jus Buah Naga Dapat Membantu Mengatasi Anemia? Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 November 2021
Benarkah Jus Buah Naga Dapat Membantu Mengatasi Anemia? Ini Faktanya

“Buah naga merupakan salah satu buah yang diyakini dapat membantu mengatasi anemia. Buah naga adalah sumber zat besi yang baik dan juga tinggi akan vitamin C. Vitamin C sendiri berperan penting dalam penyerapan zat besi pada tubuh. Menariknya lagi, sebuah penelitian menemukan bahwa buah naga dapat dijadikan alternatif pengobatan anemia pada ibu hamil.”

Halodoc, Jakarta – Buah naga atau yang juga disebut pitaya, merupakan buah yang dihasilkan dari tumbuhan dengan genus Stenocereus. Salah satu varian buah naga yang banyak peminatnya adalah varian buah yang berdaging merah. 

Selain dapat dimakan langsung, buah naga umumnya diolah menjadi jus yang menyegarkan. Namun, siapa sangka kalau jus buah naga bukanlah minuman pelepas dahaga semata.

Jus buah naga juga dianggap sebagai salah satu minuman sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Sebab, jus buah naga kaya akan berbagai nutrisi penting, sehingga disebut-sebut dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah dapat membantu mengatasi anemia. 

Namun, benarkah demikian? Yuk simak faktanya di sini! 

Ketahui Dulu Kandungan Nutrisinya

Sebelum membahas apakah buah naga dapat membantu mengatasi anemia, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui apa saja nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari WebMD, berikut adalah nutrisi yang terkandung pada setiap satu porsi potongan buah naga (6 ons), antara lain:

  • Kalori: 102 kal.
  • Lemak: 0 gram.
  • Protein: 2 gram.
  • Karbohidrat: 22 gram.
  • Serat: 5 gram.
  • Gula: 13 gram.

Menariknya lagi, buah naga juga mengandung beberapa vitamin dan mineral berikut:

  • Vitamin A: 100 unit internasional (IU)
  • Vitamin C: 4 miligram.
  • Kalsium: 31 miligram.
  • Zat besi: 0,1 miligram.
  • Magnesium: 68 miligram.

Memang benar adanya bahwa buah naga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi yang perlu diperhatikan dari buah naga adalah kandungan zat besi dan vitamin C. Sebab, keduanya berkaitan dengan anemia, terutama anemia defisiensi zat besi.

Fakta Terkait Jus Buah Naga dalam Mengatasi Anemia

Salah satu jenis anemia yang paling umum adalah anemia defisiensi zat besi. Kondisi tersebut ditandai dengan rendahnya sel darah merah sehat pada tubuh. Hal ini diakibatkan oleh kadar besi yang terlalu rendah, sementara tanpa zat besi yang cukup, sel-sel darah merah tidak akan mampu membawa cukup oksigen ke jaringan tubuh.  

Nah, buah naga merupakan salah satu sumber zat besi yang baik dan dipercaya dapat meningkatkan kadar hemoglobin pada pengidap anemia. Menariknya lagi, buah naga juga diketahui memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Perlu diingat bahwa vitamin C berperan penting dalam membantu tubuh untuk menyerap dan mengolah zat besi agar lebih optimal.

Di samping itu, mengingat bahwa buah naga merupakan sumber zat besi yang baik, mengonsumsi jus buah naga diyakini dapat mencegah anemia selama kehamilan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Belitung Nursing Journal, menemukan bahwa buah naga dapat meningkatkan kadar eritrosit dan hemoglobin pada ibu hamil. 

Berdasarkan hasil temuan tersebut, para peneliti percaya bahwa jus buah naga merah dapat menjadi pengobatan alternatif untuk anemia, selama kehamilan. 

Meski begitu, penelitian lebih mendalam terkait efektivitasnya masih perlu dilakukan. Di samping itu, ibu hamil sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada dokter kandungan mengenai cara untuk mengatasi anemia. 

Manfaat Lain dari Buah Naga

Selain diyakini dapat membantu mengatasi anemia, buah naga juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya. Misalnya seperti melancarkan dan menyehatkan pencernaan, melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jus buah naga secara rutin.

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat jus buah naga dalam mengatasi anemia. Buah naga mengandung zat besi dan vitamin C yang penting dalam penanganan anemia. Jus buah naga juga dipercaya dapat mencegah anemia selama kehamilan. Meski begitu, penelitian lebih dalam mengenai manfaat dan efektivitasnya masih perlu dilakukan.

Selain mengonsumsi buah-buahan, kamu juga dapat memenuhi asupan nutrisi penting setiap harinya dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa cek kebutuhan vitamin atau suplemen sesuai pilihanmu. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre berlama-lama di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2021. Dragon Fruit 
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Iron deficiency anemia
Tempo. Diakses pada 2021. Manfaat Buah Naga, Sumber Antioksidan dan Cegah Anemia Ibu Hamil
Belitung Nursing Journal. Diakses pada 2021. EFFECT OF CONSUMING RED DRAGON FRUIT (HYLOCEREUS COSTARICENSIS) JUICE ON THE LEVELS OF HEMOGLOBIN AND ERYTHROCYTE AMONG PREGNANT WOMEN
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Anemia