• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Kacamata Blue Ray Efektif Menangkal Radiasi?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Kacamata Blue Ray Efektif Menangkal Radiasi?

Benarkah Kacamata Blue Ray Efektif Menangkal Radiasi?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 Desember 2021
Benarkah Kacamata Blue Ray Efektif Menangkal Radiasi?

“Radiasi yang datang dari paparan sinar matahari maupun pemakaian gawai secara berlebihan bisa mengakibatkan masalah kesehatan pada mata. Inilah mengapa, sangat penting untuk memakai kacamata blue ray atau antiradiasi untuk membantu melindungi mata.”

Halodoc, Jakarta – Mata menjadi organ tubuh yang punya peran penting dalam menunjang kehidupan. Adanya dua mata di tubuh kamu akan membantu kamu melihat betapa indahnya dunia. Apabila kamu tidak menjaga dan merawatnya dengan baik, organ satu ini bisa mengalami kerusakan dan mengakibatkan munculnya masalah penglihatan. Jadi, kamu perlu memastikan bahwa mata tetap terlindungi dan terjaga kesehatannya. 

Paparan sinar radiasi yang berasal dari berbagai perangkat elektronik dalam jangka panjang bisa membuat mata menjadi merah, kering, terasa lelah, hingga pandangan yang memburam. Salah satu cara yang sering direkomendasikan untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan kacamata antiradiasi atau kacamata blue ray. Namun, benarkah penggunaan kacamata tersebut efektif untuk melindungi mata? 

Sekilas tentang Kacamata Blue Ray

Kacamata blue ray sendiri merupakan jenis kacamata yang memang dibuat untuk membantu melindungi mata saat kamu melihat layar ponsel, komputer, atau perangkat elektronik digital lainnya. Pasalnya, radiasi pancaran sinar biru yang berasal dari perangkat tersebut diyakini bisa memicu sejumlah masalah kesehatan pada mata. 

Umumnya, kacamata antiradiasi dilengkapi dengan lapisan lensa yang bersifat antireflektif. Lapisan tersebut akan membantu mengurangi pantulan sinar yang menyilaukan dari gawai. Sinar biru inilah yang bisa membuat mata menjadi cepat lelah sekaligus mengganggu kemampuan mata untuk bisa fokus pada layar. 

Kalau kamu bekerja sehari-hari dengan menatap layar dalam waktu yang lama, penggunaan kacamata ini bisa dibilang dianjurkan. Kabarnya, pemakaiannya bisa membantu mencegah mata menjadi tegang sehingga kamu pun lebih nyaman saat harus menatap layar ponsel maupun komputer. Pastinya, ini sangat berbeda dengan kacamata berlensa biasa yang hanya membantu melihat dengan jelas. 

Benarkah Efektif? 

Lalu, benarkah demikian efektif? Apabila kamu sering beraktivitas di luar ruangan yang erat dengan paparan sinar matahari, memakai kacamata lensa hitam yang telah dilengkapi dengan lensa antiradiasi akan sangat efektif untuk membantu melindungi mata. Penggunaan kombinasi lensa ini akan mengurangi risiko mata dari masalah katarak, degenerasi makula, dan peradangan pada kornea. 

Namun, efek kacamata blue ray untuk orang-orang yang beraktivitas di depan layar, termasuk gawai dan laptop ternyata masih diperdebatkan hingga sekarang. American Academy of Ophthalmology mengatakan bahwa belum ada studi yang benar-benar membuktikan bahwa paparan radiasi sinar biru pada gawai bisa memicu terjadinya kerusakan mata yang serius dan berbahaya. 

Memang benar, radiasi sinar biru tersebut bisa mengakibatkan mata terasa kering dan perih. Meski begitu, kondisi tersebut sering kali terjadi karena paparan pemakaian gawai yang terlalu lama. Jadi, bukan karena radiasi dari sinar biru itu sendiri, ya!

Artinya, penggunaan kacamata blue ray untuk aktivitas dengan gawai dan komputer sebenarnya tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan mata. Meski begitu, tidak ada salahnya tetap memakainya untuk meringankan paparan radiasi dan melindungi mata. Tetap saja, jangan terlalu lama berinteraksi dengan gawai, ya!

Jangan lupa, lakukan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin. Kamu bisa lebih mudah membuat janji di rumah sakit terdekat dengan dokter spesialis mata melalui aplikasi Halodoc. Segera download aplikasi Halodoc, ya!

Referensi: 

American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2021. Are Blue Light-Blocking Glasses Worth It?

WebMD. Diakses pada 2021. Eyeglasses That Do the Job.

American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2021. Recommended Types of Sunglasses.