• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Konsumsi Kencur Bisa Atasi Stres?

Benarkah Konsumsi Kencur Bisa Atasi Stres?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kencur. Rempah-rempah berwarna kuning ini sering digunakan sebagai pewarna makanan atau menjadi bumbu masakan seperti pada makanan khas Bandung, yaitu seblak. Selain itu, kencur juga sering digunakan sebagai bahan utama dalam jamu tradisional khas Indonesia, contohnya jamu beras kencur. Hal itu tidak lepas dari kandungan kencur yang memang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun,mungkin kamu belum tahu bahwa kencur ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan stres, lho. Yuk, simak penjelasannya lengkapnya di bawah ini.

Kenalan dengan Kencur

Memiliki nama latin Kaempferia galanga, kencur ternyata masih satu famili dengan jahe atau Zingiberaceae. Itulah sebabnya mereka memiliki bentuk yang hampir mirip. Meskipun demikian, kencur dapat memberi manfaat yang berbeda dari jahe untuk kesehatan tubuh. 

Di samping aromanya yang khas dan bisa menambah kelezatan olahan masakan, kencur juga mengandung banyak komposisi zat yang baik, antara lain pati, mineral, sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, borneol, paraeumarin, asam, anisat, alkaloid, dan masih banyak lagi. Kandungan sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat masuk kedalam minyak-minyak atsiri. Sedangkan komponen utama dari kencur sendiri adalah etil p-metoksisinamat.

Baca juga: Kandungan Kencur yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Manfaat Kencur untuk Stres

Manfaat kencur untuk kesehatan sebenarnya ada banyak, mulai dari menambah nafsu makan, meredakan flu, mengatasi sariawan dan sakit tenggorokan, dan masih banyak lagi. Namun, satu manfaat kencur yang mungkin belum terlalu diketahui banyak orang, yaitu menghilangkan stres. Hal ini dibuktikan melalui  sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Departemen Farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa ekstrak tanaman kencur, baik dari rimpang (akar) maupun daunnya memiliki sifat antidepresan yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan. Itulah mengapa banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi. Meski demikian, penelitian tersebut masih memerlukan riset lebih lanjut.

Namun yang pasti, mengonsumsi minuman kencur hangat dapat menyegarkan tubuh kamu yang lelah setelah seharian bekerja. Rasa hangat dan segar dalam kencur mirip dengan minuman jahe panas yang juga dapat menghangatkan tubuh. Dengan begitu, kamu pun bisa merasa lebih rileks dan rasa stres pun dapat mereda. Bahkan, minuman kencur juga baik untuk dikonsumsi di malam hari, lho, untuk membantu kamu tidur dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Penambah Nafsu Makan Anak, Inilah 5 Manfaat Kencur

Tips Memanfaatkan Kencur untuk Meredakan Stres

Untuk mendapatkan manfaat kencur yang satu ini, kamu disarankan untuk mengonsumsi kencur secara rutin. Konsumsilah kencur dengan cara yang kamu sukai, salah satunya dengan minum-minuman beras kencur. Jamu beras kencur punya rasa yang manis dan menyegarkan bagi tubuh. Biasanya, jamu ini bisa kamu dapatkan dari para penjual jamu keliling. Namun, sekarang ini, jamu beras kencur juga sudah tersedia dalam kemasan serbuk yang lebih praktis. 

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat jamu beras kencur sendiri di rumah. Berikut ini cara-cara sederhana untuk membuat beras kencur:

  1. Rebus 3 rimpang kencur yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci bersih dengan 1 rimpang jahe, 5 sentimeter kunyit, air asam, gula pasir, dan gula jawa. Rebus hingga mendidih.

  2. Bila sudah mendidih, saring air rebusan.

  3. Selanjutnya, masukkan sedikit beras yang sudah direndam dan dihaluskan ke dalam air rebusan.

  4. Bila ingin rasa kencur yang lebih pekat, kamu bisa menambahkan kencur mentah yang telah dipipihkan ke dalam air rebusan.

  5. Aduk rata dan tunggu sampai sari kencur dan beras mengendap di bawah.

  6. Minum beras kencur selagi hangat.

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

Nah, itulah manfaat kencur untuk mengatasi stres yang perlu kamu tahu. Bila kamu sedang stres, coba bicarakan saja pada psikolog Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui fitur Chat with A Doctor dan berbicara melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
The Culture Trip. Diakses pada 2019. 10 Traditional Indonesian Medicine Recipes With Real Health Benefits.