• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Kutil Bisa Hilang dengan Sendirinya?

Benarkah Kutil Bisa Hilang dengan Sendirinya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kehadiran kutil seringkali dianggap mengganggu atau memalukan bagi sebagian orang, sehingga mereka memutuskan untuk menghilangkannya dengan berbagai metode medis. Namun, tahukah kamu, sebenarnya kutil bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan lho. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.  

Kutil adalah benjolan kecil berdaging yang paling sering muncul pada kulit jari atau tangan. Benjolan ini terasa kasar bila disentuh, dan seringkali terdapat pola titik-titik hitam kecil yang merupakan pembuluh darah kecil yang menggumpal.

Kutil paling sering disebabkan oleh virus dan bisa ditularkan melalui sentuhan. Kutil biasanya akan muncul pada kulit dalam waktu sekitar 2–6 bulan setelah kulit kamu terkena virus. 

Baca juga: Bayi Terkena Kutil? Lakukan 3 Hal Ini untuk Mengatasinya

Penyebab Kutil

Virus yang menyebabkan kutil adalah human papillomavirus (HPV). Virus ini cukup umum dan memiliki lebih dari 150 jenis, tetapi hanya beberapa jenis saja yang dapat mengakibatkan kutil. Beberapa jenis HPV dapat ditularkan melalui kontak seksual. Namun, sebagian besar virus ditularkan melalui kontak kulit biasa atau benda-benda yang dipakai bersama, seperti handuk. 

HPV dapat masuk ke dalam kulit melalui celah, seperti goresan atau hangnail, yaitu sepotong kulit kecil yang robek di dekat kuku jari tangan atau jari kaki. Menggigit kuku juga bisa menjadi penyebab kutil menyebar di ujung jari dan sekitar kuku.

Meski demikian, tidak semua orang yang melakukan kontak kulit dengan pengidap HPV pasti akan memiliki kutil. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh tiap orang merespons virus HPV dengan cara yang berbeda.

Baca juga: Kutil di Leher Muncul karena Hormon atau Penyakit?

Faktor yang Meningkatkan Risiko Terjadinya Kutil

Berikut ini orang-orang yang berisiko lebih tinggi terkena kutil:

  • Anak-anak dan remaja, karena sistem kekebalan tubuh mereka belum cukup kuat untuk melawan virus.

  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pengidap HIV/AIDS, atau orang yang pernah menjalani transplantasi organ.

Gejala Kutil

Kutil yang biasa muncul di jari atau tangan memiliki gejala-gejala berikut:

  • Benjolan kecil, berdaging, dan bergerindil.

  • Memiliki warna yang sama dengan warna daging atau bisa juga berwarna putih, merah muda, atau cokelat.

  • Kasar jika disentuh.

  • Dihiasi dengan bintik-bintik hitam yang kecil.

Pengobatan Kutil

Benar bahwa kutil dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, meskipun butuh waktu satu atau dua tahun untuk hilang dan ada kemungkinan kutil baru dapat tumbuh di dekat area kutil yang lama. Perawatan rumahan seringkali efektif untuk membantu menghilangkan kutil secara umum. Kecuali kamu memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh atau diabetes, berikut ini cara-cara yang bisa kamu coba:

  • Obat Pengelupas (Asam Salisilat)

Cara menghilangkan kutil pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan produk penghilang kutil tanpa resep seperti asam salisilat yang tersedia dalam bentuk tempelan, salep, pad, dan cairan. Untuk kutil yang biasa, cari produk dengan kandungan asam salisilat 17 persen. Produk tersebut biasanya digunakan setiap hari selama beberapa minggu. 

Untuk hasil yang optimal, kamu bisa merendam kutil di dalam air hangat selama beberapa menit sebelum mengaplikasikan produk asam salisilat. Kemudian, hilangkan kulit mati dengan papan amplas sekali pakai atau batu apung di sela-sela perawatan.

Bila kulit kamu mudah teriritasi, kurangi frekuensi perawatan ini. Bagi kamu yang sedang hamil, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan asam salisilat.

  • Pembekuan

Kamu juga bisa menghilangkan kutil dengan menggunakan produk nitrogen cair yang tersedia dalam bentuk cairan atau semprot. Produk tersebut dapat membekukan kutil, sehingga memudahkan menghilangkan kutil.

  • Lakban

Tutupi kutil dengan lakban perak selama enam hari, kemudian rendam dalam air dan dengan lembut buang jaringan mati dengan batu apung atau papan ampelas sekali pakai. Biarkan kutil terbuka selama sekitar 12 jam, kemudian ulangi lagi proses perawatan ini sampai kutil hilang.

Baca juga: Jangan Didiamkan, Ini Tanda Kutil Harus Dioperasi

Nah, itulah penjelasan mengenai cara menghilangkan kutil. Bila kamu masih ingin bertanya-tanya lebih lanjut tentang hal ini, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Common warts.