• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Lecithin Bermanfaat untuk Melancarkan ASI?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Lecithin Bermanfaat untuk Melancarkan ASI?

Benarkah Lecithin Bermanfaat untuk Melancarkan ASI?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Agustus 2022

“Saat mengalami penyumbatan pada saluran ASI, ibu bisa mengonsumsi suplemen lecithin. Kandungannya bisa mengatasi sumbatan pada saluran ASI dengan meningkatkan asam lemak tak jenuh.”

Benarkah Lecithin Bermanfaat untuk Melancarkan ASI?Benarkah Lecithin Bermanfaat untuk Melancarkan ASI?

Halodoc, Jakarta – Proses menyusui menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi para ibu. Selain dapat meningkatkan ikatan emosional dengan bayi yang baru dilahirkan, menyusui menjadi salah satu cara yang dilakukan ibu untuk meningkatkan imunitas tubuh bayi. Namun, proses menyusui tidak semudah yang dibayangkan, berbagai persiapan perlu dilakukan agar proses ini berjalan dengan baik.

Berbagai hal bisa terjadi saat ibu menyusui, salah satunya mengalami plugged ducts atau saluran ASI yang tersumbat. Jika tidak diatasi, saluran ASI yang tersumbat dapat menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada payudara. Nah, lecithin menjadi salah satu kandungan pada suplemen yang dinilai bisa membantu untuk melancarkan ASI yang mengalami plugged ducts. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Lecithin pada Ibu Menyusui

Saluran ASI yang tersumbat saat menjalani proses menyusui adalah hal yang sangat normal terjadi. Plugged ducts atau ASI yang tersumbat bisa terjadi karena ASI tidak dikeluarkan sepenuhnya dari payudara dan tekanan dalam payudara terlalu besar. Hal ini bisa membuat susu menjadi mengental sehingga tidak dapat dikeluarkan dengan baik.

Ada berbagai hal yang bisa memicu kondisi ini, seperti bayi tidak menyusu dengan baik, melewatkan waktu menyusui, pompa payudara yang tidak efektif, atau tekanan dari pakaian dalam. Jika tidak diatasi, plugged ducts dapat menyebabkan rasa yang nyeri dan tidak nyaman pada ibu menyusui.

Cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi ASI tersumbat dengan mengompres payudara dengan air hangat. Namun, ibu juga bisa mengonsumsi lecithin yang merupakan suplemen untuk membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan, termasuk ASI tersumbat pada ibu menyusui.

Lecithin adalah salah satu jenis lemak sehat yang banyak ditemukan secara alami pada makanan yang penting untuk kesehatan. Secara alami, kamu bisa menemukan senaywa ini pada hati sapi, daging merah, makanan laut, telur, kacang-kacangan, minyak canola, sayuran hijau, dan biji-bijian.

Pada ibu menyusui, senyawa ini menjaga lemak dan minyak dalam saluran ASI. Saat ASI tersumbat, lecithin mampu mengurangi sumbatan ASI dengan meningkatkan asam lemak tak jenuh sehingga saluran ASI menjadi lebih lancar.

Selain mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung senyawa ini, ibu juga disarankan untuk menambah asupan lecithin dengan mengonsumsi suplemen lecithin. Ibu menyusui bisa mengonsumsinya dengan dosis sebanyak 1,2 gram sebanyak empat kali dalam satu hari untuk mencegah penyumbatan saluran ASI berulang. Namun, pastikan ibu tidak mengonsumsi lebih dari 5 gram per harinya.

Manfaat Lain Lecithin untuk Kesehatan

Bukan hanya untuk ibu menyusui, lecithin juga memiliki beragam manfaat lainnya untuk kesehatan, seperti:

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Mengonsumsi suplemen lecithin mampu meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya bagi pengidap diabetes. Tidak ada salahnya memenuhi kebutuhan lecithin agar kondisi kesehatan selalu dalam kondisi optimal.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Lecithin memiliki kandungan choline yang sangat baik untuk kesehatan otak. Dengan terpenuhinya lecithin dalam tubuh maka kamu akan terhindar dari risiko demensia dan gangguan ingatan lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain membuat tubuh terhidrasi dengan baik, memenuhi lecithin juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Lecithin membantu menjaga kelembapan kulit dengan baik.

Itulah berbagai manfaat lecithin bagi kesehatan. Jangan ragu untuk kunjungi klinik laktasi jika kamu masih mengalami gangguan selama menyusui. Kamu bisa cari tahu lokasi klinik laktasi melalui Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Referensi:

Nourish by Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Lecithin.
Very Well Health. Diakses pada 2022. Lecithin: Uses, Benefits, and More.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know about Lecithin.
Healthline. Diakses pada 2022. Using Lecithin While Breast-Feeding for Plugged Ducts.