• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Madu Dapat Menghilangkan Cacar Air?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Madu Dapat Menghilangkan Cacar Air?

Benarkah Madu Dapat Menghilangkan Cacar Air?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 Agustus 2022

“Cacar air menimbulkan bekas luka kehitaman di kulit akibat peradangan dan kebiasaan menggaruk lesi. Antioksidan dalam madu efektif meredakan masalah kulit setelah terkena cacar air.”

Benarkah Madu Dapat Menghilangkan Cacar Air?Benarkah Madu Dapat Menghilangkan Cacar Air?

Halodoc, Jakarta – Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit ini menular dari cairan dalam lesi (benjolan berisi air) kulit melalui kontak fisik dengan seorang pengidap. 

Meski umumnya terjadi pada anak-anak, cacar air bisa dialami oleh orang dewasa yang belum pernah terkena. Saat lesi kulit muncul, tubuh menghasilkan jaringan yang lebih tebal untuk memperbaiki tekstur kulit (jaringan parut).

Jaringan parut yang muncul akibat peradangan kulit ini menyebabkan bekas luka yang tampak cekung dan kehitaman. Pada pemilik kulit normal, bekas cacar air umumnya hilang dalam waktu 2 hingga 4 minggu, 

Namun, bekas cacar air sulit hilang pada pemilik kulit sensitif, bahkan hingga beberapa bulan. Cepat atau lambat proses penyembuhan bekas luka di kulit tergantung pada perawatan yang dilakukan.

Cara Kerja Madu dalam Menyembuhkan Luka

Bekas cacar air disebabkan oleh peradangan dan garukan akibat rasa gatal yang tak tertahankan. Karena itu, disarankan tidak menggaruk kulit untuk meminimalisir terbentuknya bekas luka.

Madu mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kemampuan kulit dalam menghilangkan bekas luka dengan merangsang produksi kolagen. Di dalam bahan alami ini juga mengandung antibakteri dan pH yang sesuai dengan kulit.

Beberapa kandungan yang disebutkan dapat menangkal radikal bebas pada bekas luka. Saat dioleskan ke kulit, antioksidan merangsang pembentukan sel, sehingga akan terbentuk jaringan kulit yang baru.

Untuk menghilangkan bekas luka cacar air, kamu bisa menyiapkan satu sendok makan madu murni, satu sendok makan oatmeal dan satu sendok makan air. Campur ketiga bahan hingga berbentuk pasta.

Kemudian, oleskan ke area bekas cacar air. Diamkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan tisu atau handuk bersih.

Manfaat Madu untuk Kulit

Madu mengandung banyak asupan gizi, termasuk karbohidrat, protein, asam amino, vitamin (vitamin B1, B2, B3, B6, C, A, E) dan mineral (natrium, kalsium, kalium, magnesium, klorin, besi dan seng).

Manfaatnya tak hanya menghilangkan bekas luka akibat cacar air saja. Bahan alami ini juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kulit, antara lain:

1. Mencegah Penuaan Dini

Menggunakan madu sebagai masker wajah efektif mencegah kulit kering. Bahan alami ini bekerja dengan cara melembapkan kulit dan mencegah munculnya tanda penuaan dini, seperti garis halus, kerutan dan bintik-bintik hitam.

2. Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Antioksidan pada madu efektif menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam kulit akibat paparan sinar UV berlebihan. Manfaat ini bisa dirasakan dengan menggunakan masker wajah dari campuran madu dan air perasan lemon.

3. Mencegah Bibir Pecah-Pecah

Mengoleskan madu ke area bibir efektif melembapkan kulit dan mencegah bibir pecah-pecah. Kamu juga bisa menggunakan madu sebagai scrub bibir dengan cara mencampurkannya dengan gula pasir. 

4. Mengatasi Peradangan Jerawat

Madu memiliki sifat antibakteri yang efektif meredakan peradangan akibat jerawat. Caranya dengan mengoleskan masker madu murni ke seluruh area wajah. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Itulah cara kerja madu dalam menghilangkan bekas luka akibat cacar air dan kegunaan lainnya untuk kulit. Jika kamu mengalami reaksi alergi setelah pemakaian, silakan tanya dokter untuk melakukan perawatan.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Honey for skin: How to use and side effects.