• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Makan Nasi Uduk Termasuk Sarapan Sehat?

Benarkah Makan Nasi Uduk Termasuk Sarapan Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sarapan merupakan salah satu waktu makan terpenting. Kegiatan yang satu ini dilakukan pada pagi hari hingga jam 9 untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi harian sebelum beraktivitas. Ibarat kata, sarapan adalah bahan bakar pertama sebelum memulai hari. 

Baca juga: Penting untuk Kesehatan Tubuh, Ini 4 Manfaat Sarapan

Sarapan sebaiknya terdiri dari makanan dengan lauk-pauk, sumber karbohidrat, sayuran, buah-buahan, serta minuman. Jika kamu tidak terbiasa mengonsumsi camilan pada pagi dan siang hari, porsi sarapan harus mencukupi sepertiga kebutuhan kalori harian. Apakah nasi uduk termasuk dalam menu makanan sehat?

Nasi Uduk Menjadi Salah Satu Menu Sarapan Tidak Sehat

Nasi uduk merupakan salah satu menu sarapan paling terkenal di Indonesia. Makanan ini memang sangat mengenyangkan, tapi termasuk dalam salah satu menu sarapan yang tidak sehat, karena bisa saja berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Mengapa demikian?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mengonsumsi sarapan disarankan dalam porsi gizi yang lengkap, sehingga mampu menopang segala aktivitas berat yang dijalani hari itu. Nasi uduk sendiri biasanya disajikan dengan sambal, bihun goreng, tempe orek, serta gorengan.

Jika dilihat dari porsi lauk-pauk yang disajikan, nasi uduk saja sudah merupakan sumber karbohidrat. Jika dilipat gandakan dengan lauk-pauknya, karbohidrat dalam tubuh akan menumpuk, karena bertambah berkali lipat. Bukan hanya itu saja, gorengan yang disajikan juga mengandung tinggi lemak.

Nah, bagi kamu yang sudah sangat terbiasa mengonsumsi menu sarapan tidak sehat yang satu ini, sepertinya sudah saatnya kamu beralih untuk mengonsumsi menu makanan sehat. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu bisa mengkombinasikan lauk-pauk dengan kandungan protein tinggi, sayuran, serta buah-buahan.

Baca juga: Kebiasaan Melewatkan Sarapan Bisa Sebabkan Obesitas

Menu Sarapan Sehat dan Praktis Ini Wajib Dicoba

Pada beberapa orang, kegiatan sarapan sering diabaikan. Padahal, sarapan sangat penting dilakukan guna mengembalikan energi yang hilang saat tidur, serta bahan bakar untuk memulai aktivitas. Maka dari itu, sarapan tidak boleh sembarangan. Berikut menu sarapan sehat dan praktis yang patut untuk dicoba:

  • Roti Tawar

Roti tawar bisa menjadi pilihan yang mudah, bergizi, serta praktis untuk disajikan. Hanya tinggal menambahkan olesan selai sesuai selera, roti tawar siap disajikan. Untuk menggugah selera, kamu dapat memanggangnya terlebih dulu.

  • Salad Sayur dan Salad Buah

Jika kamu pecinta sayur atau buah, kamu bisa menjadikan bahan-bahan tersebut sebagai menu sarapan sehat. Kamu hanya tinggal mencuci bersih semua bahan yang telah disiapkan, kemudian potong kecil-kecil. Selanjutnya, campur satu atau dua sendok minyak zaitun, mayones, dan madu sesuai selera. Salad siap disajikan!

  • Omelet

Telur selalu menjadi andalan bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk sarapan. Selain mudah dibuat, menu sarapan sehat yang satu ini juga memiliki rasa yang gurih. Dengan kandungan lengkap di dalamnya, mampu menambah energi dalam tubuh. Kamu dapat menyajikannya dalam bentuk omelet atau telur dadar. Berikan sedikit sayur, cabai, atau bawang agar terasa lebih gurih

  • Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi menu sarapan sehat, mudah, cepat, dan praktis. Selain cepat dan praktis, oatmeal juga mengandung serat yang cukup tinggi. Cara menyajikannya dengan menuangkan sedikit air panas dalam oatmeal yang telah disajikan di mangkuk. Setelah larut, tambahkan potongan buah segar atau almond sebagai pelengkap.

  • Smoothie Buah

Smoothie buah menjadi salah satu menu sarapan sehat, mudah, dan praktis. Caranya dengan menyiapkan buah-buahan kesukaan, potong semua bahan, dan blender dengan sedikit air tanpa gula. Agar lebih mengenyangkan, kamu dapat menambahkan oats di dalamnya.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Sarapan untuk Anak

Jika sudah tahu betapa pentingnya sarapan, apakah kamu masih mau melewatkannya? Jika malas sarapan karena terlalu repot, kamu dapat menyiapkan sarapan dengan menu yang telah disebutkan. Jika kamu memiliki masalah dengan kesehatan, segera diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. The 12 Best Foods to Eat in the Morning.

Good Housekeeping. Diakses pada 2020. This Is Exactly What to Eat for Breakfast, According to a Nutritionist.

Health. Diakses pada 2020. This Is Exactly What to Eat for Breakfast, According to a Nutritionist.