• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Sehat?

Benarkah Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Sehat?

Halodoc, Jakarta – Metode memasak semakin berkembang. Selain untuk memenuhi gaya hidup, alat ini dinilai dapat menurunkan kandungan minyak dalam makanan. Sudah jelas jika asupan lemak jenuh berlebihan mampu meningkatkan risiko penyakit jantung. Pembatasan asupan lemak jenuh tentunya harus dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesehatan tubuh. Lantas, apakah hal tersebut menjadi salah satu manfaat air fryer? Yuk, simak penjelasan selanjutnya di bawah ini.

Baca juga: Makanan Berminyak Bisa Picu Jerawat, Ini Faktanya

Apakah Mengurangi Minyak pada Makanan Menjadi Manfaat Air Fryer?

Mengurangi asupan minyak menjadi salah satu manfaat air fryer. Namun, pola makan sehat bukan hanya bergantung pada pengurangan asupan minyak jenuh saja. Pola makan sehat secara keseluruhan menjadi kunci, terlepas dari metode memasak apa yang digunakan. Kamu perlu memenuhi asupan gizi seimbang dengan karbohidrat kompleks, makanan tinggi serat seperti sayur dan buah, dan mengurangi makanan yang diawetkan.

Meski mampu mengurangi jumlah minyak secara keseluruhan, tetapi menggunakan air fryer dalam proses pemasakan mampu memproduksi senyawa akrilamida, hidrokarbon aromatik polisiklik, dan amina heterosiklik dari daging. Senyawa-senyawa tersebut berhubungan langsung dengan penyakit kanker, meski jumlahnya lebih rendah ketimbang menggoreng biasa. Sampai saat ini, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan berbagai senyawa karsinogenik dalam proses memasak dengan menggunakan air fryer.

Ingat, metode memasak menggunakan air fryer bukan berarti pola makan menjadi lebih sehat. Kamu perlu membatasi asupan makanan goreng-gorengan secara keseluruhan. Lebih baik perbanyak konsumsi buah dan sayuran, dan konsisten dalam penerapannya. 

Baca juga: 4 Tips Gunakan Minyak Goreng yang Sehat

Manfaat Menggoreng Menggunakan Air Fryer

Makanan yang digoreng cenderung mengandung lebih banyak lemak dibandingkan dengan cara masak yang lain. Faktanya, 100 gram dada ayam yang diolah dengan proses masak digoreng mengandung 13,2 gram lemak. Sedangkan dada ayam yang diolah dengan air fryer hanya mengandung 0,39 gram lemak saja. Namun sayangnya, banyak orang yang lebih menyukai rasa dan tekstur ayam goreng ketimbang diolah dengan air fryer.

Bagaimana cara kerja air fryer yang sebenarnya? Alat ini bekerja dengan mengalirkan udara panas di sekitar makanan untuk menciptakan kerenyahan layaknya makanan yang digoreng pada umumnya. Air fryer tidak menggunakan banyak minyak seperti cara penggorengan biasa. Selain itu, alat ini menggunakan udara panas yang mengandung tetesan minyak halus yang berfungsi untuk mengeluarkan kelembapan dari makanan.

Mengolah makanan dengan air fryer hanya membutuhkan satu sendok makan saja, dengan hasil yang sama seperti makanan digoreng, dengan kandungan kalori dan lemak yang lebih rendah. Sampai di sini, apakah kamu berniat untuk mencoba memasak dengan menggunakan air fryer?

Baca juga: Terlalu Sering Makan Gorengan Tempe, Ini Bahayanya

Itulah penjelasan mengenai apakah menggoreng dengan air fryer lebih sehat, beserta manfaat air fryer lainnya. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar artikel tersebut, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Do Air Fryers Have Health Benefits?
Medical News Today. Diakses pada 2021. Are air fryers healthy?
Healthline. Diakses pada 2021. Is Cooking with an Air Fryer Healthy?