• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Minum Smoothies Membantu Menurunkan Berat Badan?

Benarkah Minum Smoothies Membantu Menurunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Minum Smoothies Membantu Menurunkan Berat Badan?

“Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan mengonsumsi smoothies. Namun, hindari beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam pembuatan smoothies agar manfaatnya dapat dirasakan dengan maksimal.”

Halodoc, Jakarta – Memiliki kelebihan berat badan merupakan kondisi yang sebaiknya dihindari karena bisa memicu berbagai gangguan kesehatan. Rutin berolahraga dan menjalankan pola makan yang sehat menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: 4 Resep Smoothie Buah yang Pasti Disukai Oleh Si Kecil

Namun, benarkah dengan rutin mengonsumsi smoothies kamu bisa mendapatkan berat badan ideal sesuai dengan keinginan? Nah, tidak ada salahnya simak ulasannya dalam artikel ini!

Smoothies untuk Menurunkan Berat Badan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Mulai dari melakukan olahraga hingga melakukan pola makan yang sehat. Namun jangan khawatir, nyatanya kini banyak makanan sehat dan lezat yang bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan, loh.

Salah satunya dengan mengonsumsi smoothies. Smoothies adalah salah satu jenis minuman sehat dengan bahan dasar sayuran dan juga buah. Tentunya dalam proses menurunkan berat badan, sebaiknya kamu harus membuat smoothies dengan cara yang tepat agar manfaat smoothies dapat dirasakan dengan optimal.

Lalu, apa saja kandungan yang dibutuhkan saat membuat smoothies untuk menurunkan berat badan? Smoothies sehat untuk menurunkan berat badan harus dibuat dengan campuran yang tepat.

Smoothies harus memiliki kandungan buah atau sayur yang mengandung protein. Protein dapat digunakan untuk membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme. 

Selain itu, kandungan lemak sehat juga dibutuhkan untuk menurunkan berat badan. Lemak sehat, seperti alpukat dan juga selai kacang dinilai dapat memperlambat pencernaan agar kamu merasakan kenyang lebih lama dan menghindari makan berlebihan.

Kandungan serat yang bisa didapat dari biji chia, sayuran hijau, dan gandum juga dibutuhkan dalam pembuatan smoothies. Hal yang tidak kalah penting adalah menghindari menambahkan pemanis buatan, seperti gula agar manis alami didapat dari buah yang digunakan. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk pemanis alami tambahan.

Baca juga: Diet dengan Smoothies, Ini 5 Resep yang Wajib Dicoba

Kesalahan Dalam Membuat Smoothies yang Sering Dilakukan

Sebaiknya hindari beberapa kesalahan yang kerap dilakukan dalam membuat smoothies. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan smoothies untuk menurunkan berat badan dengan optimal. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika membuat smoothies:

  1. Terlalu Banyak Menggunakan Es

Beberapa orang membuat smoothies dengan menambahkan es batu ke dalamnya. Namun, jika kamu ingin mengonsumsi es batu untuk menurunkan berat badan, sebaiknya hindari menambahkan es batu terlalu banyak ke dalam campuran buah dan sayuran yang akan kamu gunakan. 

Untuk menghindari penggunaan es batu, tidak ada salahnya kamu menyimpan jus buah atau susu almond di dalam lemari pendingin. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan sensasi dingin dan segar dari bahan-bahan yang telah digunakan.

  1. Porsi Smoothies Terlalu Besar

Tentunya mengonsumsi smoothies akan lebih mudah dibandingkan harus mengonsumsi buah dan sayur dalam bentuk aslinya. Namun, sebaiknya pastikan kamu mengonsumsi smoothies dengan jumlah yang tepat. Terlalu banyak mengonsumsi smoothies nyatanya membuat kamu tidak mendapatkan manfaatnya untuk menurunkan berat badan.

Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada ahli gizi atau dokter mengenai kalori yang dibutuhkan dalam smoothies untuk menurunkan berat badan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

  1. Terlalu Banyak Bahan yang Digunakan

Sebaiknya jangan terlalu banyak bahan yang digunakan dalam pembuatan smoothies. Semakin banyak bahan, tentunya membuat kalori semakin tinggi. Hal ini akan membuat manfaat smoothies untuk menurunkan berat badan tidak efektif.

Baca juga: Konsumsi Smoothies Hijau, Tren Gaya Hidup Sehat Masa Kini

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat smoothies. Jangan lupa mengonsumsi smoothies disertai dengan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Dengan begitu, hasilnya tentu akan lebih maksimal.

Referensi:

Eat This, Not That. Diakses pada 2021. The 25 Best Ever Weight Loss Smoothies.

Prevention. Diakses pada 2021. 9 Smoothie Mistakes You’re Making.

Prevention. Diakses pada 2021. Are Smoothies Healthy? 5 Ways Your Smoothie Is Making You Gain Weight.