• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Minyak Kelapa Bisa Menghilangkan Ketombe secara Alami?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Minyak Kelapa Bisa Menghilangkan Ketombe secara Alami?

Benarkah Minyak Kelapa Bisa Menghilangkan Ketombe secara Alami?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 November 2022

“Minyak kelapa bisa menjadi solusi permasalahan ketombe. Nutrisi didalamnya diklaim ampuh melembapkan kulit kepala sehingga ketombe bisa teratasi.”

Benarkah Minyak Kelapa Bisa Menghilangkan Ketombe secara Alami?Benarkah Minyak Kelapa Bisa Menghilangkan Ketombe secara Alami?

Halodoc, Jakarta –  Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang paling umum. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari iritasi kulit kepala, rambut berminyak,  kulit kepala kering, jarang keramas atau salah memilih produk. Mengobatinya juga susah-susah gampang. Bukannya sembuh, salah perawatan malah bikin ketombe semakin mengganas.

Nah, minyak kelapa adalah salah satu opsi perawatan yang cukup efektif. Kandungan asam laurat,  asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleatnya ampuh membasmi ketombe. Sifat anti radikal bebasnya mampu mencegah berbagai permasalahan rambut.

Khasiat Minyak Kelapa untuk Menghilangkan Ketombe?

Khasiat minyak kelapa sudah malang melintang di dunia kesehatan, termasuk membasmi ketombe. Jenis minyak ini bisa menghidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang bisa memperburuk ketombe.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak kelapa bisa membantu pengobatan eksim, salah satu masalah kulit penyebab ketombe. Hasil penelitian menunjukan kalau ketombe berkurang sebanyak 68 persen dalam delapan minggu. 

Untuk mendapatkan khasiat ini, oleskan minyak secara rutin ke bagian kulit kepala sebelum keramas. Kamu juga bisa memanfaatkan minyak ini menjadi kondisioner atau masker rambut. Pijat-pijat lembut usai mengoleskan kondisioner atau masker.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Lainnya

Bukan cuma ketombe saja, berikut manfaat minyak kelapa lainnya:

1. Menambah kilau rambut

Kandungan asam laurat pada minyak ini berfungsi melembapkan rambut. Jika demikian, otomatis rambut tampak lebih bersinar dan berkilau. Rutin usapkan ke seluruh rambut sampai merata sebelum keramas untuk mendapatkan manfaat ini. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas sampai bersih menggunakan sampo. 

2. Memperbaiki kerusakan rambut

Bukan cuma melembapkan, asam laurat juga mengatasi kerusakan rambut. Nutrisi tersebut menghasilkan protein yang mudah meresap sampai ke batang rambut. Proses inilah yang membantu perbaikan rambut yang telah rusak.

3. Mencegah rambut rontok

Penyebab rambut rontok amat beragam, mulai dari hormon menyusui, stres sampai terlalu sering styling rambut. Nah, kalau kamu sedang menghadapi masalah ini, minyak kelapa bisa menjadi solusinya. Zat-zat yang terkandung pada minyak mampu menutrisi akar-akar rambut sehingga lebih kuat dan tidak mudah rontok. 

5. Membasmi kutu rambut

Melansir Healthline, menyemprotkan campuran minyak kelapa dan adas manis ke kepala ampuh membasmi kutu. Cara ini diklaim 40 persen lebih efektif ketimbang menggunakan permethrin, bahan kimia yang sering terkandung dalam obat kutu. 

Punya keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Coconut Oil for Your Hair.
Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Coconut Oil for Your Hair.
Everyday Health. Diakses pada 2022. 5 Ways Coconut Oil Can Save Your Skin and Hair.
Healthline. Diakses pada 2022. Coconut Oil for Your Hair: Benefits, Uses, and Tips.
Verywell Health. Diakses pada 2022. What You Need to Know About Using Coconut Oil for Your Hair.