• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Morning Sickness saat Hamil Dialami Semua Wanita?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Morning Sickness saat Hamil Dialami Semua Wanita?

Benarkah Morning Sickness saat Hamil Dialami Semua Wanita?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Juli 2022

“Morning Sickness adalah masalah yang umum terjadi pada wanita hamil. Namun, bagaimana dengan seseorang yang tidak mengalaminya? Apakah normal?”

Benarkah Morning Sickness saat Hamil Dialami Semua Wanita?Benarkah Morning Sickness saat Hamil Dialami Semua Wanita?

Halodoc, Jakarta – “Morning Sickness” adalah masalah yang kerap terjadi di awal kehamilan. Wanita dengan masalah ini dapat mengalami mual dan muntah lebih sering.

Namun, banyak wanita yang bertanya apakah gangguan ini harus terjadi saat sedang hamil muda? Pasalnya, ada beberapa orang yang tidak mengalaminya sama sekali.

Tidak Semua Wanita Alami Morning Sickness saat Hamil

Mengutip dari Cleveland Clinic, gejala mual dan muntah saat hamil ini hanya dialami sekitar 70 persen wanita. Sisa 30 persen lainnya tidak merasakan apa pun dan mampu beraktivitas seperti biasa.

Lalu, apa, sih, penyebab ada wanita mengalami gejala kehamilan ini dan ada juga yang tidak?

Morning sickness adalah masalah yang bisa terjadi karena adanya peningkatan beberapa hormon di dalam tubuh. Saat hormon meningkat secara tiba-tiba, tubuh menimbulkan respon berupa mual dan muntah. Memang, di awal kehamilan terjadi peningkatan hormon yang drastis.

Masalah tersebut memang lebih rentan terjadi di awal kehamilan. Sebab, saat masa kehamilan sudah di pertengahan, tubuh sudah mulai terbiasa akan perubahan ini.

Hormon di dalam tubuh akan terus meningkat, tetapi hal ini sudah dapat ditangani dengan baik. Maka dari itu, masalah mual dan muntah sudah semakin jarang dirasakan pada trimester dua dan tiga.

Ada beberapa hal yang dapat membuat wanita tidak mengalami morning sickness saat hamil: Kadar hormon yang dihasilkan saat hamil lebih rendah, tubuh dapat menolerir kehamilan dengan baik atau pernah mengalami kehamilan sebelumnya.

Cara Mengatasi Morning Sickness saat Hamil

Kondisi yang menyebabkan mual dan muntah ini bisa mengganggu serta sulit dihindari. Agar aktivitas harian dapat dilakukan dengan aman, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi morning sickness, yaitu:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara pertama untuk mengurangi morning sickness saat hamil adalah lebih banyak minum air putih. Ada baiknya minum sedikit demi sedikit agar mual dan muntah tidak lebih parah. Hal ini mampu mencegah dehidrasi akibat muntah yang berkelanjutan.

2. Perbanyak Istirahat

Pastikan juga untuk lebih banyak beristirahat saat alami gejala kehamilan ini. Saat beristirahat, ada baiknya menggunakan pakaian yang nyaman. Dengan begitu, mual dan muntah dapat menjadi lebih baik.

3. Hindari Pemicu Mual dan Muntah

Ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu mual dan muntah saat hamil muda. Hal ini termasuk berbagai makanan atau minuman dengan aroma yang tajam. Sebab, wanita yang sedang hamil memiliki penciuman yang sensitif, sehingga lebih mudah untuk muntah.

Itulah pembahasan mengenai normal atau tidaknya seorang wanita yang tidak alami morning sickness saat hamil. Faktanya, tidak alami mual dan muntah di awal kehamilan termasuk normal. Tidak bisa dipukul rata jika seseorang tidak alami gejala di awal kehamilan ini, ada suatu masalah pada tubuhnya.

Jika masih memiliki pertanyaan, atau merasa kebingungan terkait kehamilan, bisa lho bertanya langsung pada ahli medis melalui fitur tanya dokter dari Halodoc. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa dilakukan kapan dan dimana saja!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Morning Sickness (Nausea and Vomiting of Pregnancy).
The American College of Obstetricians and Gynecologists. Diakses pada 2022. Morning Sickness: Nausea and Vomiting of Pregnancy.