• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Olahraga di Pagi Hari Bisa Tingkatkan Mood?

Benarkah Olahraga di Pagi Hari Bisa Tingkatkan Mood?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Ada sejumlah alasan mengapa pagi hari dinilai merupakan waktu yang paling baik untuk berolahraga. Selain bisa memberi energi yang kamu perlukan untuk beraktivitas sepanjang hari itu, olahraga di pagi hari katanya bisa meningkatkan mood. Faktanya, berolahraga di pagi hari bisa membuat kamu merasa lebih bahagia dan lebih optimis dalam menjalani hari.

Aktivitas fisik tersebut mampu memberimu dorongan endorfin, serotonin, dan dopamin, yang semuanya adalah bahan kimia yang berperan dalam meningkatkan suasana hati kamu dan membantu menghilangkan stres. Selain itu, kamu dapat menghirup udara dan menikmati pemandangan asri di lingkungan sekitar bila berolahraga luar ruangan di pagi hari. Hal ini turut memengaruhi mood menjadi lebih baik.

Baca juga: Olahraga Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik?

Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Mood di Pagi Hari

Tidak perlu pergi ke tempat gym, berikut ini pilihan olahraga sederhana yang bisa dimasukkan ke dalam rutinitas di pagi hari untuk membantu kamu memiliki mood yang baik sepanjang hari:

  • Cat Camel Stretch

Meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan peregangan tubuh adalah cara yang baik untuk memberi energi pada tubuh kamu. Tubuh kamu berada dalam posisi diam selama 6-8 jam saat kamu tidur. Peregangan bisa mengendurkan otot dan mempersiapkan tubuh kamu untuk beraktivitas sepanjang hari. 

Salah satu gerakan peregangan yang bisa kamu coba adalah cat camel stretch yang baik untuk meningkatkan kelenturan tulang belakang. 

Caranya, pertama-tama berlutut dengan posisi merangkak. Lalu, mulailah dengan membulatkan punggung kamu ke atas dan kepala menunduk ke bawah. Itu adalah posisi unta. Kemudian, turunkan dan angkat kepalamu sehingga punggung melengkung ke bawah membentuk huruf U. Ini adalah posisi kucing. Lakukan gerakan ini secara perlahan sekitar 4 atau 5 kali.

  • Jalan-jalan atau Lari

Nah, olahraga yang satu ini lebih baik bila dilakukan di luar ruangan, sehingga kamu bisa menikmati suasana alam yang bisa meningkatkan mood kamu di pagi hari. Namun, berlari di atas treadmill di dalam ruangan bisa memberikan manfaat yang sama.

Mulailah dengan berjalan cepat sebelum mulai berlari. Meskipun terlihat sederhana, jalan-jalan dan berlari bisa memberi manfaat kesehatan yang besar, yaitu membangun tulang yang lebih kuat, menjaga berat badan dan menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

  • Jumping Jacks

Latihan ini baik untuk kesehatan jantung dan mengencangkan otot, terutama otot betis dan deltoid. Caranya mudah, pertama-tama berdirilah dengan kaki menyatu. Kemudian, lompat sambil merentangkan kaki dan tangan ke atas, lalu kembali ke posisi pertama. Kamu bisa melakukan gerakan ini selama 1 menit, lalu secara bertahap meningkatkan durasinya.

  • Sun Salutation

Gerakan yoga klasik ini adalah cara yang baik untuk membangunkan tubuh kamu. Sun salutation adalah serangkaian pose yoga yang bisa memanaskan semua otot utama tubuh. Saat kamu melakukan gerakan yoga ini, perhatikan bagian tubuh mana yang terasa enak dan mana yang mungkin terasa kaku.

Berlatih yoga dalam waktu singkat sudah diketahui mampu membantu orang mendapatkan kembali kepercayaan diri, mengatasi kecemasan dan depresi.

  • Menari

Menari juga menjadi olahraga yang efektif untuk meningkatkan suasana hati di pagi hari. Pasanglah lagu upbeat favorit kamu dan menarilah mengikuti iramanya, atau kamu juga bisa mengikuti kelas zumba yang seru dan menyenangkan.

Baca juga: 7 Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan

Nah, itulah penjelasan mengenai berolahraga di pagi hari yang bisa meningkatkan mood. Jadi, berolahraga lah secara rutin di pagi hari untuk menjaga kesehatan fisik dan pikiran kamu. Jangan lupa download juga aplikasi Halodoc sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatan kamu sehari-hari.

Referensi:
Total Wellness. Diakses pada 2020. 6 Amazing Benefits of Morning Exercise
Life Hack. Diakses pada 2020. 10 Simple Morning Exercises to Make You Feel Great All Day
Naturally Ever After. Diakses pada 2020. Quick Morning Exercises to Boost Your Mood.