• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Olahraga Kardio Ampuh Turunkan Berat Badan?

Benarkah Olahraga Kardio Ampuh Turunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Benarkah Olahraga Kardio Ampuh Turunkan Berat Badan?

Halodoc, Jakarta - Saat mendengar kata ‘olahraga kardio’, mungkin yang kamu bayangkan adalah olahraga dengan keringat mengucur dari dahi, ketiak, dan pakaian olahraga yang basah saat berlari di treadmill. Olahraga ini diyakini ampuh untuk menurunkan berat badan. 

Meskipun olahraga kardio membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan, namun kamu tetap memerlukan kombinasi olahraga dan gaya hidup lainnya. Olahraga kardio yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan tergantung pada berbagai faktor, seperti berat badan kamu saat ini, pola makan, tingkat aktivitas harian, dan usia. 

Baca juga: Olahraga sebelum Sarapan Bikin Cepat Kurus?

Bagaimana Olahraga Kardio dapat Menurunkan Berat Badan?

Penurunan berat badan dapat terjadi ketika kamu mengurangi kalori di tubuh dengan membakar lebih banyak kalori daripada yang kamu makan. Beberapa orang lebih suka mengurangi kalori secara ketat melalui diet. Namun, cara yang paling efisien dan sehat adalah mengombinasikan kardio, olahraga kekuatan, dan diet yang seimbang.

Olahraga kardio adalah komponen penting untuk menurunkan berat badan:

  • Dapat mengurangi kalori secara keseluruhan. Membakar kalori dengan olahraga kardio berarti kamu tidak perlu mengurangi terlalu banyak kalori dari diet, selama kamu tidak mengimbanginya dengan makan lebih banyak setelah olahraga. 
  • Membakar lebih banyak kalori sekaligus. Saat detak jantung meningkat saat olahraga kardio, maka darah memompa lebih cepat, bernapas lebih keras, berkeringat, dan tubuh membakar lebih banyak kalori. Semakin keras dan lama kamu berolahraga, maka semakin banyak kalori yang terbakar. 
  • Lakukan olahraga kardio lebih sering dibandingkan olahraga kekuatan. Setelah kamu olahraga angkat beban, otot membutuhkan istirahat untuk pulih dan tumbuh lebih kuat. Kamu dapat melakukan rutinitas kardio lebih bijak setiap minggunya tanpa mengkhawatirkan cedera atau latihan berlebihan.
  • Meningkatkan intensitas untuk meningkatkan pembakaran kalori. Perubahan kecil dalam intensitas olahraga, berlari lebih cepat, melompat lebih tinggi, mendaki bukit, atau mencoba aktivitas baru mempercepat metabolisme.

Baca juga: 5 Menit untuk Hidup Lebih Sehat

Kombinasi Olahraga Kardio untuk Menurunkan Berat Badan

Diet sehat dan aktivitas fisik diperlukan untuk menurunkan berat badan. Menjaga pola makan yang sehat penting untuk menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, kamu perlu membatasi jumlah kalori dalam makanan. Selain itu, kombinasikan dengan olahraga kardio secara teratur. Ini adalah kombinasi yang baik untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Olahraga kardio yang tepat untuk menurunkan berat badan dapat berbeda pada setiap orang. Biasanya orang disarankan untuk menjalani rutinitas olahraga mingguan, yaitu:

  • 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang, seperti jalan cepat.
  • 75 menit aktivitas aerobik dengan intensitas tinggi, seperti berlari.
  • Kombinasi yang setara dari kedua olahraga.

Melakukan olahraga aerobik setiap minggu penting untuk menjaga kesehatan. Dalam kombinasi dengan diet yang tepat, jumlah aktivitas ini membantu menurunkan berat badan. Namun, beberapa orang mungkin perlu melakukan olahraga tambahan untuk menurunkan berat badan.

Tidak diketahui secara pasti mengenai seberapa banyak olahraga kardio yang harus dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan. Namun, jenis olahraga yang tersedia bisa dijadikan rencana olahraga untuk setiap individu dengan kebutuhan dan kemampuan yang berbeda. 

Baca juga: Hidup Lebih Sehat dengan Kardio 20 Menit

Olahraga kardio sangat baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Menggabungkan kardio dengan jenis olahraga lain memiliki manfaat yang besar, seperti olahraga kekuatan. Pastikan juga olahraga kardio yang kamu jalani menyenangkan untuk kamu jalani, sehingga dapat mempertahankan kebiasaan dan konsistensi. 

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai olahraga kardio untuk menurunkan berat badan. Untuk mengetahui jenis olahraga kardio seperti apa yang baik dan cocok untuk kamu, sebaiknya diskusikan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Lose Weight with Cardiovascular Exercise
Very Well Fit. Diakses pada 2020. How Cardio Exercise Can Help You Lose Weight
Medical News Today. Diakses pada 2020. Cardio for weight loss: What to know