• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Parijoto Mampu Tingkatkan Kesuburan?

Benarkah Parijoto Mampu Tingkatkan Kesuburan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Benarkah Parijoto Mampu Tingkatkan Kesuburan?

“Antioksidan yang terkandung dalam parijoto dapat membantu menghilangkan efek radikal bebas sehingga dapat meningkatkan kualitas telur dan membuat siklus menstruasi lebih teratur. Parijoto juga dapat meningkatkan motilitas sperma, yaitu kemampuan sperma untuk bergerak dan berenang menuju sel telur

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang merasa asing dengan buah ini, parijoto adalah buah yang banyak terdapat di daerah Jawa dan Kalimantan, terutama di daerah pegunungannya. Buah ini sering juga disebut sebagai anggur Asia karena bentuknya yang mirip buah anggur. Hanya saja bentuknya lebih kecil, warnanya keunguan, dan dengan rasa yang lebih masam.

Selain sering menjadi tanaman hias untuk pekarangan, buah ini disinyalir dapat meningkatkan kesuburan. Ini dikarenakan parijoto mengandung antioksidan tinggi, seperti flavonoid, tannin, dan lain-lain yang dapat meningkatkan kesuburan.

Kandungan Antioksidan dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh American Pregnancy Association, disebutkan kalau antioksidan dapat membantu menghilangkan efek radikal bebas sehingga dapat meningkatkan kualitas telur dan membuat siklus menstruasi lebih teratur. 

Tidak hanya pada perempuan, antioksidan pada laki-laki juga bisa meningkatkan kesehatan sperma. Antioksidan juga dapat meningkatkan motilitas sperma, yaitu kemampuan sperma untuk bergerak dan berenang menuju sel telur. Dengan bantuan antioksidan, bentuk sperma juga bisa lebih sehat sehingga peluang kehamilan bisa lebih besar terjadi. 

Baca juga: Tanda-Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

Terkait kesuburan, buah parijoto juga dapat menguatkan kandungan. Ini juga terkait dengan kandungan antioksidan pada buah ini. Antioksidan sudah lama dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat melindungi ibu hamil dari serangan infeksi dan penyakit. Tubuh ibu yang kuat dan bisa menangkal serangan penyakit juga dapat berefek pada penguatan kandungan.

Baca juga: Begini Cara Kerja Antioksidan Cegah Penyakit Berbahaya

Selain itu bagaimana antioksidan pada parijoto bekerja untuk meningkatkan kesuburan adalah juga bisa dihubungkan dengan usia. Biasanya orang yang berusia 40-an tahun ke atas akan sulit untuk hamil karena terjadi penurunan kesuburan, termasuk kemampuan metabolisme tubuh yang tidak sebaik usia di bawah 30-an.

Nah, disinilah peran antioksidan. Mengonsumsi makanan, minuman, atau suplemen dengan antioksidan dapat memperbesar peluang kehamilan di usia 40-an. Menambahkan konsumsi antioksidan dalam diet dan gaya hidup dapat meningkatkan kesempatan pembuahan. 

Namun berseberangan dengan informasi ini, menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Science Daily, disebutkan kalau belum ada pembuktian valid kalau konsumsi antioksidan dapat meningkatkan kehamilan. Bisa jadi antioksidan tidak menjadi satu-satunya penentu untuk meningkatkan kesuburan. 

Perlu ada faktor-faktor lain serta pemeriksaan kesehatan dari personalnya. Mengingat setiap orang pastinya memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda, pastinya ada hal-hal lain yang menyebabkan peluang kehamilan orang yang satu dengan yang lainnya tidak sama. Bila kamu punya masalah seputar kesuburan, sudah saatnya kamu melakukan janji pemeriksaan dengan dokter. di rumah sakit terdekat dari rumah lewat aplikasi Halodoc

Selain parijoto, ada buah-buah lain yang dinilai dapat meningkatkan kesuburan, yaitu alpukat, beri, apel, pir, stroberi, plum, dan pisang. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak lantas karena buah-buah ini dapat memperbesar peluang kehamilan kemudian kamu bisa mengonsumsinya tanpa batas. 

Baca juga: Alasan Lansia Dianjurkan Makan Alpukat

Sekali lagi, ada banyak faktor yang menentukan kehamilan, sehingga tidak bisa diukur dari satu sisi saja. Salah satu cara meningkatkan kesuburan adalah melalui pola makan yang sehat. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan adalah salah satunya. Parijoto adalah buah yang dapat meningkatkan kesuburan, tetapi tidak semua orang bisa nyaman mengonsumsinya. Terkadang orang tertentu bisa mengalami alergi.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 

AIP Publishing LLC. Diakses pada 2021. Ethnobotany of utilization, role, and philosopical meaning of parijoto (Medinilla, spp) on Mount Muria in Kudus Regency, Central Java
American Pregnancy Association. Diakses pada 2021. Boost Your Fertility with Supplements
Inviafertility.com. Diakses pada 2021. Antioxidants: A Key Ingredient in Your Fertility Diet
Science Daily. Diakses pada 2021. Do antioxidants improve a woman’s chances of conceiving?