19 May 2019

Benarkah Puasa Bisa Meringankan Penyakit Asam Lambung?

Benarkah Puasa Bisa Meringankan Penyakit Asam Lambung?

Halodoc, Jakarta - Puasa sudah memasuki minggu kedua, bagaimana kondisi tubuh kamu? Tetap bugar atau mengalami gangguan kesehatan yang membuat puasa menjadi tidak nyaman? Ya, penyakit asam lambung menjadi masalah kesehatan yang sering muncul ketika puasa.

Tidak heran, perut kosong dalam waktu lama membuat asam lambung saat puasa mengalami peningkatan, dan ini adalah masalah bagi mereka yang memang memiliki riwayat penyakit maag. Namun, benarkah puasa justru membuat penyakit asam lambung menjadi lebih ringan? Apa alasannya?

Puasa dan Penyakit Asam Lambung

Faktanya, puasa memang membuat penyakit asam lambung yang diidap sebagian orang menjadi lebih ringan dibandingkan dengan pada kondisi tidak berpuasa. Sebenarnya, apa yang menjadi alasannya?

Baca juga: Alasan Puasa Bisa Sembuhkan Penyakit Asam Lambung

Tentu saja, alasannya adalah perubahan pola makan dan gaya hidup ketika kamu berpuasa. Ketika puasa, pola makan kamu menjadi lebih teratur meski hanya dua kali, yaitu ketika sahur dan berbuka. Berbeda dengan ketika tidak berpuasa, meski kamu makan 3 (tiga) kali dalam sehari, ada kebiasaan buruk lain yang tidak disadari tapi tetap dilakukan, seperti merokok dan nyamil berlebihan.

Terbatasnya waktu dan jumlah kamu makan pun berkaitan dengan terbatasnya jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Pembatasan ini membuat tubuh menghancurkan lemak, juga mengurangi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Sederhananya, pembatasan makanan ini membuat kamu tak hanya mengalami penurunan berat badan, kadar gula darah dan kolesterol pun akan mengalami penurunan.

Baca juga: 7 Makanan yang Bikin Asam Lambung Naik Saat Puasa

Pun, ketika berpuasa, tingkat stres seseorang tentu berkurang. Berbeda dengan ketika kamu menjalani aktivitas rutin ketika sedang tidak berpuasa. Asam lambung saat puasa lebih menurun karena tingkatan stres yang turut menurun. Tidak hanya bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit asam lambung, puasa memberikan dampak positif bagi orang-orang sehat.

Cegah Kenaikan Asam Lambung Saat Puasa

Akan tetapi, tidak jarang terjadi kenaikan asam lambung saat puasa. Ini bisa saja terjadi karena berbagai hal dan rasa sakitnya bisa membuat kamu harus membatalkan puasa. Nah, supaya tidak terjadi, kamu perlu melakukan tips mudah berikut ini.

  • Makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka harus kamu perhatikan. Jangan makan makanan pedas dan asam ketika sahur dan berbuka, hindari konsumsi kopi dan minuman bersoda. Semua makanan dan minuman tersebut akan memicu kenaikan asam lambung saat puasa, terlebih ketika perut dalam keadaan kosong dalam waktu lama.

  • Perhatikan porsi makan, baik ketika sahur dan berbuka. Makan terlalu banyak alias kalap ketika berbuka bisa membuat asam lambung naik. Jadi, sebaiknya makanlah dalam porsi sedikit tetapi sering untuk mencegah kenaikan asam lambung.

  • Jangan tidur selepas sahur. Ya, makan sahur terlalu pagi tak jarang membuat kamu mengantuk, dan kembali tidur setelahnya. Ini perlu kamu hindari, karena langsung tidur setelah makan membuat asam lambung bisa naik hingga kerongkongan bersama sisa makanan yang baru saja dicerna.

Baca juga: Tips Nyaman Puasa Bagi Pengidap Asam Lambung

Memang, puasa membuat asam lambung menjadi lebih ramah, tetapi ini bisa terjadi asalkan kamu tetap memperhatikan asupan makanan dan minuman serta pola makan selama kamu puasa. Jangan kalap, karena tidak ada baiknya untuk tubuh. Jangan lupa minum vitamin, supaya tubuh tetap sehat dan terjaga imunitasnya. Nah, belinya lewat aplikasi Halodoc saja. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc dan sudah bisa melakukan banyak hal, seperti beli obat, cek lab, dan tanya dokter.