• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Vaksin HPV Bisa untuk Mengobati Kutil?

Benarkah Vaksin HPV Bisa untuk Mengobati Kutil?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Vaksin HPV Bisa untuk Mengobati Kutil?

“Kutil merupakan salah satu kondisi infeksi yang terjadi di permukaan kulit akibat virus HPV. Namun, pengobatan menggunakan vaksin HPV tidak dinilai efektif. Ketahui jenis pengobatan yang bisa mengatasi kutil di rumah sakit terdekat agar kondisi kesehatan tetap optimal.”

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan abaikan jika muncul beberapa kutil pada bagian tubuh tertentu. Kutil atau yang dikenal juga sebagai common warts adalah kondisi yang terjadi ketika permukaan kulit mengalami infeksi. Biasanya, infeksi disebabkan oleh adanya virus HPV (Human Papilloma) dan mengakibatkan munculnya kutil.

Baca juga: 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengobati Kutil

Jangan salah, nyatanya kutil menular, loh. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung. Saat terpapar virus, kutil membutuhkan waktu 2–6 bulan untuk berkembang. Lalu, benarkah vaksin HPV bisa mengatasi kutil? Nah, tidak ada salahnya simak penjelasan lengkap mengenai pengobatan kutil, di sini!

Kenali Gejala Kutil

Kutil atau common warts umumnya akan sering dijumpai pada bagian tangan. Ada beberapa tanda yang bisa menjadi ciri dari kutil, seperti munculnya benjolan kecil, terasa lunak, berwarna merah muda atau cokelat, kasar ketika disentuh, terdapat titik-titik hitam yang menandakan penggumpalan pembuluh darah.

Sebaiknya jangan abaikan kondisi ini, segera tanyakan langsung pada dokter menggunakan Halodoc, apalagi jika kutil menandakan gejala yang lebih buruk. Misalnya, kutil yang mengalami perubahan warna, pertumbuhannya mengganggu aktivitas, dan  kutil yang muncul terus-menerus.

Perlu diketahui, virus penyebab kutil dapat menular dengan mudah. Ada beberapa penularan yang bisa terjadi, salah satunya dengan kontak langsung. Namun, tidak semua orang yang terpapar virus ini pada kulit dapat memiliki kutil. Biasanya, orang-orang dengan imun tubuh rendah lebih rentan mengalami kondisi ini.

Untuk itu, anak-anak dan lanjut usia sangat rentan memiliki kutil. Jadi, tidak ada salahnya lakukan berbagai pencegahan dengan hindari terlalu sering menyentuh kutil atau mencoba mengatasinya sendiri. Kondisi ini dapat memicu penyebaran virus HPV.

Baca juga: Adakah Cara Cepat Menangani Kutil?

Vaksin HPV dan Kutil

Vaksin HPV sendiri merupakan salah satu jenis vaksin yang mampu mencegah penyakit kanker serviks. Selain itu, vaksin HPV juga dapat mencegah penularan kutil kelamin.

Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus HPV dan biasanya terjadi pada bagian kelamin. Berbeda dengan kutil biasa, kutil kelamin biasanya memiliki ukuran benjolan yang lebih kecil.

Lalu, apakah vaksin HPV bisa digunakan untuk mengatasi kutil biasa? Dr. John Stern dari Divisi Penyakit Menular di Universitas Pennsylvania, melakukan perawatan pada seseorang yang memiliki kutil dan menyarankan untuk melakukan vaksin HPV, agar ia terhindar dari berbagai penyakit kanker yang timbul akibat virus HPV.

Sebulan setelah penerimaan vaksin HPV, kutil yang ada pada tubuhnya berangsur menghilang. Bahkan, dalam waktu 3 bulan, kutilnya benar-benar menghilang. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, karena tidak semua orang yang memiliki kutil biasa dapat mengatasi kondisi ini dengan vaksin HPV.

Pengobatan Kutil

Ada beberapa pengobatan kutil yang bisa dilakukan pada rumah sakit. Berikut ini pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutil:

  1. Krioterapi

Tindakan ini dikenal sebagai terapi pembekuan. Kutil akan disemprotkan cairan nitrogen guna mematikan jaringan pada kutil. Jaringan kulit yang mati akan mengelupas dengan sendirinya.

  1. Sinar Laser

Jaringan kutil akan dibakar menggunakan sinar laser hingga jaringan mati. Setelah itu, kutil akan terlepas dengan sendirinya.

  1. Kuret

Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan pisau bedah. Kutil akan dipotong menggunakan pisau bedah hingga dasarnya. 

Baca juga: Inilah Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Kutil

Pengobatan pada kutil tentunya harus dilakukan oleh dokter di rumah sakit. Sebelum tindakan, kamu juga akan diberikan obat bius lokal untuk mengurangi rasa sakit yang akan muncul. 

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Common Warts.

Live Science. Diakses pada 2021. Could The HPV Vaccine The Warts?