• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah VCO Bisa Mengobati Cacingan pada Kucing?

Benarkah VCO Bisa Mengobati Cacingan pada Kucing?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Benarkah VCO Bisa Mengobati Cacingan pada Kucing?

“Tak hanya manusia, cacingan juga bisa terjadi pada kucing. Inilah mengapa pemilik kucing sangat dianjurkan untuk setidaknya memiliki obat penangkalnya. Namun, adakah cara lain yang bisa menyembuhkan cacingan pada kucing secara alami?”

Halodoc, Jakarta – Memantau kebersihan hewan peliharaan, dalam hal ini kucing, tentu sangat perlu dilakukan oleh semua pemilik hewan berbulu ini. Pasalnya, kucing yang tidak terawat dan terjaga kebersihannya sangat rentan mengalami banyak penyakit, mulai dari masalah kesehatan pada bulu, telinga, gigi, mata, hingga masalah pencernaan. Salah satu penyakit yang sering menyerang kucing adalah cacingan.

Ini artinya, pemilik kucing harus memiliki setidaknya satu obat yang bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan ini. Tak lupa, kamu juga harus melakukan vaksin rutin agar kucing peliharaan terhindar dari masalah kesehatan lain yang tidak kalah membahayakannya dengan cacingan. Banyak sekali, kok, obat cacingan yang bisa kamu dapatkan di toko hewan. Namun, adakah cara lain yang bisa membantu mengatasi cacingan pada kucing?

Baca juga: Begini Cara Mengobati Kucing Peliharaan dari Jamuran

Berbagai Macam Parasit yang Menyerang Pencernaan Kucing

Sebelum membahas pengobatannya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja parasit yang bisa menyerang saluran pencernaan kucing, yaitu:

  • Cacing pita. Parasit usus yang bisa didapat kucing menelan pinjal, karena pinjal (flea) merupakan vektor cacing pita.
  • Cacing gelang. Cacing gelang sangat umum pada kucing, karena mereka sering ditularkan melalui proses menyusui. Anak kucing sering mendapatkan infeksi dengan menyusui dari ibu mereka yang terinfeksi atau dengan kontak dekat dengan kotoran yang terinfeksi.
  • Coccidia. Coccidia sebenarnya merupakan protozoa yang menghuni lapisan usus. Meskipun tidak dianggap sebagai cacing, tetapi parasit ini tetap dapat mendatangkan malapetaka yang sama pada kucing.
  • Cacing tambang. Cacing tambang adalah parasit usus umum lainnya pada kucing. Parasit ini memakan darah di lapisan usus kucing dan menjadi penyebab anemia yang mengancam jiwa. Cacing tambang adalah penyebab anemia yang sangat umum pada anak kucing dan kucing dewasa.
  • Cacing cambuk. Meskipun tidak biasa seperti parasit lain, tetapi cacing cambuk masih dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang luar biasa pada kucing. Cacing ini suka menghabiskan waktu di usus besar kucing dan membawa kerusakan besar pada organ yang mereka huni.
  • Giardia. Giardia adalah protozoa lain yang dapat menyebabkan diare serius pada kucing. Giardia dapat diperoleh melalui konsumsi air atau kotoran yang terkontaminasi dan umum terjadi di tempat penampungan atau area dengan populasi kucing yang padat.

Baca juga: Kucing Peliharaan Keracunan, Begini Cara Mengatasinya

Bisakah Minyak Kelapa Mengobati Cacingan pada Kucing?

Sebenarnya, obat alami yang digunakan untuk mengatasi cacingan hanya berfokus pada membuat lingkungan baru pada tubuh kucing yang tidak bersahabat bagi para cacing. Jadi, sederhananya, obat cacing alami tidak akan menyembuhkan infeksi parasit yang ada, tetapi hanya bertindak sebagai pencegahan munculnya parasit pada masa mendatang.

Nah, salah satu obat alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi cacingan pada kucing adalah minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO). Minyak satu ini memang punya banyak manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan hewan kesayangan. Misalnya, konsumsi minyak kelapa menyebabkan tubuh kucing mengubah asam laurat menjadi monolaurin, yang dikatakan sebagai obat cacing alami. 

Meskipun penelitian yang mengklaim bahwa menelan minyak kelapa saja dapat membantu mengusir beberapa parasit pada usus kucing. Namun, minyak kelapa belum menjadi drug of choice atau obat yang direkomendasikan untuk mengobati cacingan pada kucing. Jadi, kamu tetap disarankan untuk meminta pendapat dokter hewan sebelum memberikan minyak kelapa pada kucing. Tak perlu harus keluar rumah, sekarang kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk bertanya jawab langsung pada dokter hewan. Jangan lupa download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

Baca juga: Amankah Kelapa Diberikan pada Kucing?

Obat alami lain yang terkadang digunakan oleh pemilik hewan untuk mengatasi cacingan pada kucing adalah cuka apel. Meski belum ada penelitian ilmiah yang bisa mendukung hal ini, banyak yang percaya bahwa cuka apel mampu menyembuhkan parasit usus pada kucing karena kemampuannya untuk menciptakan lingkungan basa di saluran usus. Sayangnya, kamu perlu berhati-hati dalam memberikan cuka apel karena dosis yang tidak tepat justru bisa menyebabkan muntah dan diare. Beberapa kucing juga alergi terhadap cuka apel, lho! Jadi, tetap tanyakan dulu pada dokter hewan, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Fluffy Kitty. Diakses pada 2021. Natural Dewormers for Cats – Get Rid of Parasites!
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Is Coconut Oil Safe for Cats?