• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benjolan di Leher Kanan Anak, Apa Penyebabnya?

Benjolan di Leher Kanan Anak, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu melihat leher anak memiliki benjolan yang tidak biasa? Benjolan di leher anak tidak boleh disepelekan, karena ini bisa menjadi gejala penyakit tertentu yang perlu ditangani segera. 

Di dalam leher, baik di sisi kanan dan kiri, terdapat banyak jaringan, otot, pembuluh darah, saraf, hingga kelenjar getah bening. Selain itu, di dalam leher anak juga terdapat beberapa organ penting lain, seperti kelenjar tiroid dan paratiroid. Apabila ada benjolan di leher kanan anak, ada banyak kemungkinan penyebabnya. Mulai dari infeksi, pembengkakan kelenjar getah bening, hingga tumor. Namun, masing-masing penyebab tersebut akan menimbulkan gejala yang berbeda-beda, sehingga penanganan yang kelak dilakukan juga akan berbeda. 

Baca juga: 3 Kondisi yang Bisa Sebabkan Benjolan di Leher

Penyebab Benjolan di Leher Kanan Anak

Apa saja sih penyebab benjolan di leher kanan anak? Berikut beberapa penyebabnya:

Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Penyebab benjolan di leher kanan anak yang pertama adalah pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar ini berperan dalam membentuk kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan sel kanker. Jadi, saat anak sakit, kelenjar getah bening biasanya akan membesar untuk menyerang penyebab infeksi yang terjadi. Kondisi ini kerap kali terjadi karena adanya infeksi telinga, infeksi sinus atau sinusitis, radang amandel dan tenggorokan, infeksi gigi, atau bahkan infeksi bakteri di kulit kepala.

Infeksi

Infeksi akibat virus dan bakteri juga bisa jadi penyebab benjolan di leher kanan anak. Ada berbagai infeksi virus yang bisa menjadi penyebabnya, seperti HIV, herpes simpleks, mononukleosis, rubella, dan CMV. Tak hanya di kanan, benjolan akibat infeksi ini juga bisa terjadi di area kiri leher. 

Infeksi bakteri di sekitar telinga, hidung, dan tenggorokan pun bisa menimbulkan benjolan di leher sebelah kanan anak. Ada beberapa infeksi bakteri yang bisa menyebabkan benjolan di leher sebelah kanan, seperti radang tenggorokan, radang amandel, dan TB kelenjar. Pada banyak kasus, infeksi bakteri bisa diatasi dengan antibiotik yang diberikan dokter. 

Baca juga: Tenggorokan Sakit saat Menelan? Waspada 5 Penyakit Ini

Gondok

Penyakit ini adalah pembesaran abnormal pada kelenjar tiroid yang ada di leher, yang umumnya terjadi akibat gangguan pada hormon tiroid atau juga karena kekurangan yodium. Benjolan ini bisa muncul di leher sebelah kanan, kiri, atau di leher tengah. Kondisi ini tak bisa disepelekan karena ia bisa menimbulkan beberapa gejala lain, seperti sulit menelan atau bernapas, batuk-batuk, dan suara serak.

Tumor atau Kanker

Benjolan di leher kanan juga bisa terjadi karena tumor atau kanker, meski kebanyakan bersifat jinak. Tumor ganas bisa menjadi salah satu penyebabnya, meskipun kondisi ini cukup jarang terjadi. Kanker bisa menyebabkan benjolan di leher kanan seperti karena kanker tiroid, limfoma atau kanker getah bening, dan kanker tenggorokan.

Kista

Kista juga bisa muncul di leher kanan anak dan merupakan benjolan berisi cairan yang biasanya tidak berbahaya. Namun, ia bisa berbahaya jika terinfeksi. Beberapa jenis kista ada yang bisa menimbulkan benjolan di leher, seperti misalnya jerawat kista, kista ateroma, dan kista celah brankial.

Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah kondisi saat sistem imun atau kekebalan tubuh merusak sel dan jaringan tubuh yang sehat. Padahal, tugas seharusnya adalah untuk melawan kuman, virus, dan parasit penyebab infeksi serta sel kanker. Ada beberapa penyakit autoimun yang bisa menyebabkan benjolan di leher sebelah kanan atau sisi lainnya, seperti penyakit Graves, rheumatoid arthritis, dan lupus.

Baca juga: Ini Arti Benjolan di Belakang Telinga

Itulah beberapa penyebab benjolan di leher kanan anak yang perlu diwaspadai. Jika kamu menemukan gejala tersebut cukup mengganggu kesehatan anak, segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. Kamu bisa dengan mudah buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya tidak repot antre. Kamu pun bisa pilih waktu kedatangan hanya melalui smartphone. Mudah bukan? Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What’s Causing This Lump on My Neck?
MSD Manual Consumer Version. Diakses pada 2021. Neck Lump.
WebMD. Diakses pada 2021. Why Are My Glands Swollen?