• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Beragam Pilihan Perawatan Rambut di Salon Kecantikan

Beragam Pilihan Perawatan Rambut di Salon Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Beragam Pilihan Perawatan Rambut di Salon Kecantikan

“Rambut indah dan sehat adalah idaman setiap wanita, mengingat kata pepatah ‘rambut adalah mahkota’. Penting untuk melakukan perawatan rambut, misalnya di salon kecantikan. Dengan begitu masalah rambut yang kamu alami bisa teratasi.”

Halodoc, Jakarta – Rambut indah dan sehat adalah impian setiap wanita. Tidak mengherankan jika banyak wanita yang menyisihkan waktunya untuk perawatan rambut, baik di rumah maupun di salon kecantikan. Perawatan rambut di salon terasa lebih nyaman dan puas, mengingat banyaknya daftar perawatan rambut sesuai masalah dan kebutuhan. 

Hal yang perlu dilakukan agar rambut terlihat berkilau dan terasa sehat, kamu perlu rutin merawat rambut. Entah itu setiap minggu, setiap bulan, atau setiap kapanpun kamu membutuhkannya. Lantas, apa saja pilihan perawatan rambut yang diperlukan? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah

Pilihan Perawatan Rambut di Salon

Pilihan perawatan rambut di salon banyak macamnya, tergantung pada masalah atau hasil yang ingin didapatkan. Jika kamu tertarik untuk melakukan perawatan rambut di salon, berikut ini pilihan perawatan rambut yang bisa dipilih:

1. Perawatan Keratin

Perawatan keratin bermanfaat untuk menghaluskan rambut yang tadinya keriting menjadi lurus. Ini masalah preferensi masing-masing individu. Ada yang menyukai jenis rambut lurus, namun secara alami ia memiliki rambut keriting.

Nah, perawatan keratin adalah salah satu solusinya. Hanya saja, rambut lurus yang didapatkan hanya bertahan sampai rambut tumbuh, kemudian rambut kembali seperti asalnya dan kamu harus menjalani perawatan lagi di salon. 

2. Perawatan Kulit Kepala

Kulit kepala kering dan gatal adalah salah satu masalah rambut. Masalah kulit kepala ini bisa diatasi dengan merawatnya di salon, yaitu memperbaiki minyak kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan produk yang cocok. 

Kulit kepala yang sehat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat juga. Facial kulit kepala adalah perawatan yang sangat digemari karena menghasilkan kulit kepala yang lebih baik. Perawatan ini ideal untuk semua orang. Scrub dan serum kulit kepala adalah perawatan keseluruhan yang menghasilkan rambut lebih sehat, indah, dan lembut.

Baca juga: 4 Tips Merawat Rambut yang Diwarnai

3. Moisture Treatment

Masalah rambut kering sering dihadapi bagi kamu yang pernah mewarnai rambut. Rambut yang kering perlu menjalani perawatan yang bersifat melembapkan. Moisture treatment bisa memperbaiki masalah rambut umum seperti rambut kusam atau rambut tidak berkilau dan rambut bercabang. 

4. Detox Treatment

Perawatan rambut detoks atau detox treatment mampu menghilangkan penumpukan pada batang rambut akibat terlalu banyak menggunakan produk atau bahan kimia seperti klorin. Dengan memperkuat batang rambut, perawatan detoks meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala serta menstimulasi pertumbuhan rambut. 

Perawatan detoks akan membersihkan rambut dari kotoran yang membuatnya terlihat layu dan tidak mengembang. Jika kamu menggunakan banyak produk perawatan rambut atau sering melewatkan keramas dalam beberapa kali seminggu, maka perawatan detoks diperlukan. 

5. Perawatan Relaksasi

Tidak hanya otot tubuh kamu saja yang butuh relaksasi, tapi kulit kepala dan rambut juga. Perawatan relaksasi bisa mengembalikan kekuatan rambut. Perawatan relaksasi cocok digunakan pada rambut bertekstur, baik bergelombang maupun keriting.

Meski perawatan ini bisa berlangsung berbulan-bulan, namun pengaplikasian ulang harus dilakukan dengan hati-hati. Jika perawatan relaksasi terlalu sering dilakukan, maka berdampak pada rambut kering dan lepek. 

Baca juga: 5 Dampak Sering Mencatok Rambut

6. Hair Spa

Risih karena rambut kusam, kering, keriting, dan berminyak? Bagi kamu yang mengalami masalah rambut tersebut, makanya jangan lupa melakukan perawatan rambut secara rutin. Apalagi bila sering terpapar sinar matahari atau menggunakan alat catok, rambut menjadi mudah rusak.

Nah, hair spa bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah rambut di atas. Hair spa bisa memberikan nutrisi pada akar rambut, merevitalisasi kulit kepala, dan memperkuat folikel rambut. Dengan begitu, kesehatan rambut juga tetap terjaga.

Bagaimana, tertarik mencoba perawatan rambut di atas? Jika kamu memiliki masalah rambut dan bingung bagaimana cara mengatasinya, diskusikan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
The Right Hairstyles. Diakses pada 2021. Ultimate Guide to Salon Hair Treatments
Times of India. Diakses pada Desember 2021. Why is hair spa good for you