30 May 2018

Beragam Tips Mudik Aman Saat Hamil

Beragam Tips Mudik Aman Saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Mudik atau pulang ke kampung halaman ialah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Momen berkumpul dengan orangtua, keluarga, dan kerabat adalah saat yang menyenangkan dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Perjalanan berpuluh-puluh kilometer yang melelahkan akan rela ditempuh untuk momen spesial ini. Namun untuk kamu yang sedang hamil, hal ini akan menjadi sebuah tantangan. Pasalnya, wanita hamil cenderung lebih mudah lelah dan tidak lincah lagi dalam melakukan aktivitas, sehingga melakukan mudik aman saat hamil adalah sesuatu yang sangat penting.

(Baca juga: 5 Olahraga yang Paling Disarankan untuk Ibu Hamil)

Apabila ibu hamil berencana untuk melakukan mudik menjelang hari raya, ibu harus teliti mempersiapkan segala sesuatunya agar kondisi tubuh selama di perjalanan tetap sehat dan terasa nyaman. Nah, berikut ini tips mudik aman saat hamil:

  1. Konsultasikan kepada Dokter

Sebelum memutuskan untuk pergi mudik, ada baiknya ibu hamil untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan. Tanyakan seputar kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Ibu juga dapat menanyakan apakah aman untuk melakukan perjalanan jauh, jenis transportasi yang digunakan, dan perlengkapan yang wajib dibawa. Nah, apabila dokter kandungan tidak memberikan izin terkait kesehatan ibu dan janin dalam kandungan, ibu hamil dan suami harus merelakan untuk tidak pergi demi kesehatan ibu dan janin.

  1. Tentukan Jenis Transportasi yang Digunakan

Tentukan jalur transportasi yang ingin kamu gunakan ketika pergi mudik. Selain itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk memilih jenis kendaraan yang sesuai kondisi fisik. Sebab, apabila ibu mengalami kelelahan, hal ini akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Apabila jarak tempuh jalur darat memakan waktu hingga satu hari lebih untuk sampai ke tempat tujuan, Sebaiknya ibu hamil merogoh kocek lebih dalam untuk memesan tiket pesawat. Namun, apabila budget tidak mencukupi, ibu harus mempersiapkan lebih ekstra perlengkapan yang diperlukan selama perjalanan darat.

  1. Berpakaian Nyaman

Pakaian yang nyaman sangat dibutuhkan demi kelancaran perjalanan kamu. Kamu dapat memilih pakaian yang longgar, mudah menyerap keringat, dan tidak memiliki banyak detail seperti kancing, tali, atau semacamnya yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat karena akan membuatmu merasa sesak. Pilih juga alas kaki yang empuk dan tidak memiliki hak.

  1. Bawa Kantung Muntah dan Pereda Mual

Saat masa awal kehamilan, biasanya ibu hamil lebih sering muntah. Untuk itu, disarankan untuk membawa kantung muntah dan pereda mual. Bawalah kantung muntah secukupnya dan pereda rasa mual seperti permen jahe, minyak esensial, minyak angin, dan semacamnya.

  1. Pilih Posisi yang Nyaman

Ibu hamil sering kali merasa tidak nyaman dengan posisi tertentu dalam waktu yang lama. apabila terlalu banyak duduk, pinggul akan merasa pegal, sementara jika terlalu banyak berdiri juga tidak baik karena kaki akan mudah bengkak. Kuncinya ialah dengan membawa bantal kecil yang empuk untuk ditempatkan di belakang punggung. Kamu juga dapat menarik kursi ke belakang hingga membentuk sudut 110 derajat agar lebih nyaman.

(Baca juga: 5 Kondisi Yang Membahayakan Janin)

Kalau ibu hamil ingin tahu lebih banyak mengenai tips mudik aman saat hamil dan hal-hal yang perlu dihindari selama perjalanan, Ibu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.