• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Banyak Ras Anjing yang Ada di Dunia?

Berapa Banyak Ras Anjing yang Ada di Dunia?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Memelihara hewan kesayangan bisa menjadi pilihan untuk meramaikan suasana rumah. Hewan yang cukup banyak dijadikan peliharaan adalah anjing. Bukan hanya memiliki ukuran anjing yang ingin kamu pelihara di rumah. Tentunya, kamu juga perlu memastikan jenis ras yang cocok untuk kamu pelihara.

Baca juga: Ketahui 7 Ras Anjing yang Paling Pintar di Dunia

Anjing sendiri memiliki beragam ras yang sangat berbeda. Selain ukurannya, berbeda jenis ras tentunya berbeda pula penanganannya. Untuk itu, sangat penting untuk memilih dan memastikan jenis ras anjing yang akan menjadi hewan peliharaan. Untuk itu, yuk cari tahu mengenai ras anjing yang ada di dunia agar kamu dapat memilih ras anjing yang tepat!

Ketahui Jumlah Ras Anjing di Dunia

Tentunya bukanlah hal yang mudah untuk memastikan jumlah ras anjing yang ada di dunia. Namun, nyatanya menentukan jumlah ras anjing tidak semudah itu. Jumlah ras anjing di dunia selalu berubah. Hal ini juga bisa disebabkan oleh organisasi yang melakukan penghitungan.

Federation Cynologique Internationale (FCI) menyebutkan bahwa hingga saat ini, ada sekitar 399 ras anjing di dunia. Sedangkan American Kennel Club, mengatakan ada sekitar 195 ras anjing dengan 79 ras anjing tambahan. Hal ini diungkapkan oleh Gina Dinardo, Sekretaris Eksekutif dari American Kennel Club.

Baca juga: Ingin Adopsi Anjing? Ketahui 6 Jenis Anjing Ras yang Terkenal

Tentunya, ras anjing sebanyak itu akan dibagi lagi menjadi beberapa grup yang ditentukan dari ukuran maupun kepribadian anjing. Melansir dari Readers Digest, ada beberapa grup anjing yang dikenal oleh masyarakat, seperti:

1.Sporting

Biasanya, anjing jenis ini dipersiapkan untuk menemani para pemburu.

2.Hound

Anjing yang masuk ke dalam grup ini biasanya dilatih sebagai pemburu. Mereka juga mampu menangkap binatang, seperti kelinci, rusa, bebek, hingga burung.

3.Working

Anjing jenis ini biasanya dikembangbiakkan untuk membantu manusia melakukan kegiatan tertentu. Misalnya, menarik kereta dorong, gerobak, menjaga hewan ternak, hingga menjaga keamanan lingkungan.

4.Herding

Kelompok ini biasanya digunakan untuk memindahkan ternak. Mulai dari domba, sapi, bahkan rusa.

5.Terrier

Kelompok anjing ini biasanya memiliki kaki yang pendek. Biasanya, jenis ini memiliki energi yang cukup tinggi.

6.Toy

Anjing kelompok ini biasanya berukuran kecil dan cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Mereka juga bisa dipelihara pada ruangan yang berukuran kecil dan tidak terlalu luas.

7.Non-sporting

Biasanya, anjing yang masuk ke dalam kelompok ini, memang dikembangbiakkan untuk berada di tengah-tengah orang dalam kapasitas tertentu.

Perhatikan Perawatan dalam Memelihara Anjing Ras

Saat memutuskan untuk memelihara anjing ras, perhatikan perawatan dan pemeliharaan yang kamu lakukan di rumah. Hal ini dilakukan agar kesehatan fisik maupun mental anjing kesayangan dapat terjaga dengan baik. 

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat merawat anjing ras, seperti jumlah dan asupan makanan yang perlu diterima oleh anjing. Pastikan mereka mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk perkembangan maupun kesehatan tubuhnya. 

Hindari memberikan terlalu banyak makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan mineral dan vitamin. Pastikan anjing kesayangan mendapatkan makanan dan air yang bersih setiap harinya agar kesehatan tetap terjaga. 

Baca juga: Suka Tidur, Inilah 4 Ras Anjing Pemalas

Hal yang tidak kalah penting adalah mengajak anjing untuk melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Kegiatan ini dapat membantu anjing terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang rentan dialami oleh anjing ras. Namun, sesuaikan aktivitas fisik dengan jenis anjing yang kamu pelihara, ya.

Selain itu, pastikan anjing mendapatkan tempat dan lokasi yang nyaman untuk tinggal. Jangan lupa, untuk selalu memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anjing agar mereka merasa nyaman. Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung dengan dokter hewan ketika menemukan adanya gangguan kesehatan pada anjing. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
ASPCA. Diakses pada 2020. General Dog Care.
Psychology Today. Diakses pada 2020. How Many Breeds of Dogs Are There in The World?
Reader’s Digest. Diakses pada 2020. How Many Breeds of Dogs Are There in The World?