• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Kadar Normal Kolesterol Saat Puasa?

Berapa Kadar Normal Kolesterol Saat Puasa?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Bagi Muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa, memperhatikan kadar normal kolesterol saat puasa penting untuk dilakukan. Karena jika sembarangan mengonsumsi makanan saat sahur dan berbuka, bisa saja membuat kadar kolesterol naik dan meningkatkan risiko penyakit berbahaya.

Beberapa penyakit yang bisa timbul saat terlalu banyak makan makanan tinggi kolesterol adalah gangguan sirkulasi darah, stroke, bahkan penyakit jantung. Salah satu upaya untuk mencegahnya adalah dengan mengetahui dan mengontrol kadar normal kolesterol dalam tubuh.

Baca juga: Ini Batas Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Wanita

Kadar Normal Kolesterol

Kadar kolesterol yang sehat tidak banyak berbeda untuk orang dewasa pada umumnya. Variasi tingkat yang direkomendasikan cenderung berubah karena kondisi dan pertimbangan kesehatan lain.

Berikut batas kadar kolesterol normal untuk orang dewasa:

  • Kadar kolesterol total kurang dari 200 miligram per desiliter (mg / dL) dianggap disarankan untuk orang dewasa. Kadar antara 200 dan 239 mg / dL dianggap sebagai batas tinggi dan pembacaan 240 mg / dL ke atas dianggap tinggi.
  • Kadar Low Density Lipoprotein (HDL) harus kurang dari 100 mg / dL. Kadar 100 hingga 129 mg / dL dapat diterima untuk orang yang tidak memiliki masalah kesehatan, tetapi mungkin lebih menjadi perhatian bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau faktor risiko penyakit jantung. Pembacaan 130 hingga 159 mg / dL adalah batas tinggi dan 160 hingga 189 mg / dL tinggi. Pembacaan 190 mg / dL atau lebih tinggi dianggap sangat tinggi.
  • Tingkat High Density Lipoprotein (HDL) harus dijaga lebih tinggi. Pembacaan kurang dari 40 mg / dL dianggap sebagai faktor risiko utama penyakit jantung. Pembacaan dari 41 mg / dL menjadi 59 mg / dL dianggap sebagai batas rendah. Pembacaan optimal untuk kadar HDL adalah 60 mg / dL atau lebih tinggi.
  • Kadar trigliserida normalnya adalah kurang dari 150 mg/dl, dan termasuk dalam kategori tinggi jika kadarnya mencapai 200 mg/dl atau lebih.

Baca juga: Ini Batas Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Pria

Pentingnya Melakukan Cek Kolesterol

Penting bagi seseorang untuk memeriksakan kadar kolesterol baik dan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke. Normalnya, kadar kolesterol dalam darah setidaknya diukur sekali setiap lima tahun sekali pada orang yang berusia di atas 20 tahun.

Sebenarnya tidak ada tanda maupun gejala khusus yang ditimbulkan jika seseorang memiliki kadar kolesterol di atas normal. Melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam tubuh merupakan satu-satunya cara untuk mengetahui apakah seseorang mempunyai kadar kolesterol tinggi atau masih dalam batas normal. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan profil lipid secara rutin guna mencegah perkembangan penyakit kronis yang bisa disebabkan oleh adanya kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Kini kamu pun bisa melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah di rumah sakit lewat Halodoc. Kamu bisa dengan mudah memilih waktu pemeriksaan dan lokasinya. Dengan begini, kamu bisa menyesuaikan dengan jadwalmu.

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Memahami Beda Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat

Kolesterol dalam bentuk lipoprotein akan bergerak melalui aliran darah. Bagian luar lipoprotein terbuat dari protein, sedangkan pada bagian dalamnya terbuat dari lemak. Kolesterol baik dan kolesterol jahat merupakan dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh. Ini perbedaan keduanya:

  • Kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Kolesterol baik ini akan membawa kolesterol dari tubuh kembali ke hati. Kemudian, hati akan memecah zat ini dan menghilangkannya dari dalam tubuh.
  • Kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (HDL). Ketika kolesterol jahat menumpuk, pembuluh darah arteri yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh akan tersumbat. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit jantung atau stroke.


Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Cholesterol.
Healthline. Diakses pada 2021. The Recommended Cholesterol Levels by Age.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Should My Cholesterol Level Be at My Age?