Berapa Kadar Normal Kolesterol Saat Puasa?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kadar Normal Kolesterol Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Bagi Muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa, memperhatikan kadar normal kolesterol saat puasa penting untuk dilakukan. Karena jika sembarangan mengonsumsi makanan saat sahur dan berbuka, bisa saja membuat kadar kolesterol naik dan meningkatkan risiko penyakit berbahaya, seperti terganggunya sirkulasi darah, stroke, bahkan penyakit jantung. Salah satu upaya untuk mencegahnya adalah dengan mengetahui dan mengontrol kadar normal kolesterol dalam tubuh.

Baca juga: Ini Batas Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Wanita

Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat, Apa Bedanya?

Kolesterol dalam bentuk lipoprotein akan bergerak melalui aliran darah. Bagian luar lipoprotein terbuat dari protein, sedangkan pada bagian dalamnya terbuat dari lemak. Kolesterol baik dan kolesterol jahat merupakan dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh. Ini perbedaan keduanya.

  • Kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Kolesterol baik ini akan membawa kolesterol dari tubuh kembali ke hati. Kemudian, hati akan memecah zat ini dan menghilangkannya dari dalam tubuh.

  • Kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (HDL). Ketika kolesterol jahat menumpuk, pembuluh darah arteri yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh akan tersumbat. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit jantung atau stroke.

Kapan Harus Memeriksa Kadar Kolesterol Dalam Tubuh?

Pemeriksaan secara berkala sudah seharusnya dilakukan guna memantau kondisi kesehatan secara keseluruhan. Pemeriksaan sudah bisa dilakukan sejak usia 20 tahun jika seseorang memiliki tekanan darah tinggi, mengidap diabetes, merokok, dan jika memiliki berat badan berlebih. Jika seseorang tidak merokok dan selalu menjalani pola hidup sehat, pemeriksaan bisa dilakukan ketika berusia 35 tahun. Namun, pemeriksaan harus dilakukan lebih sering, jika seseorang mengidap penyakit diabetes, jantung dan gangguan ginjal.

Baca juga: Ini Batas Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Pria

Berapa Kadar Normal Kolesterol Saat Puasa?

Ini kadar normal kolesterol pada seseorang:

  • Kadar kolesterol baik dalam darah normalnya kurang dari 100 mg/dl. Kondisi ini baru akan membahayakan kesehatan jika kadarnya mencapai 160 mg/dl atau lebih.

  • Kadar kolesterol jahat dalam tubuh normalnya 40 mg/dl atau lebih, dan dapat dikatakan rendah bila kadarnya kurang dari 40 mg/dl.

  • Kadar kolesterol total yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl, dan termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 240 mg/dl atau lebih.

  • Kadar trigliserida normalnya adalah kurang dari 150 mg/dl, dan termasuk dalam kategori tinggi jika kadarnya mencapai 200 mg/dl atau lebih.

Penting bagi seseorang untuk memeriksakan kadar kolesterol baik dan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke. Normalnya, kadar kolesterol dalam darah setidaknya diukur sekali setiap lima tahun sekali pada orang yang berusia di atas 20 tahun.

Sebenarnya tidak ada tanda maupun gejala khusus yang ditimbulkan jika seseorang memiliki kadar kolesterol di atas normal. Melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam tubuh merupakan satu-satunya cara untuk mengetahui apakah seseorang mempunyai kadar kolesterol tinggi atau masih dalam batas normal. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan profil lipid secara rutin guna mencegah perkembangan penyakit kronis yang bisa disebabkan oleh adanya kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!